Comscore Tracker

5 Sikap yang Baiknya Dihindari Saat Tahu Masa Lalu Pasangan yang Kelam

Jangan sampai buat hubunganmu hancur

Mempunyai sebuah hubungan yang di dalamnya terdapat dua orang yang saling menyayangi perlu adanya rasa saling percaya satu sama lain. Rasa kepercayaan bisa dipupuk sejak awal hubungan terjalin dengan adanya saling keterbukaan di antara pasangan. Terkadang banyak orang yang saling menceritakan masa lalunya kepada pasangan sebagai tanda adanya rasa saling terbuka di dalam hubungan.

Entah itu masa lalu yang baik, kurang baik, atau bahkan masa lalu yang kelam menjadi suatu hal yang lumrah diceritakan pasangan demi suatu hubungan yang saling terbuka. Beberapa reaksi yang ditunjukkan pasangan pun beragam dari mulai sedih, cemburu atau terkadang ada yang merasa marah setelah mendengar masa lalu pasangan. Sebaiknya beberapa sikap ini sebaiknya kamu hindari saat tahu masa lalu pasanganmu yang kelam, adapun 5 di antaranya ialah:

1. Meninggalkan pasangan kita

5 Sikap yang Baiknya Dihindari Saat Tahu Masa Lalu Pasangan yang KelamPixabay.com/AD_Images

Ketika pasangan kita sudah ada niatan untuk menceritakan masa lalunya kepada kita, kita patut mensyukurinya walaupun masa lalu tersebut kelam. Dengan ia menceritakan masa lalunya berarti pasangan sudah berusaha terbuka kepadamu dan ia merasa sudah percaya kepadamu.

Setelah pasangan kita menceritakan semua masa lalunya yang bisa dibilang kelam, sebaiknya kita tidak lantas meningggalkannya. Walau bagaimanapun masa lalu pasangan sudah menjadi hal yang sudah berlalu, yang terpenting adalah kehidupannya sekarang denganmu yang akan lebih baik dari sebelumnya.

2. Berubah sikap kepadanya

5 Sikap yang Baiknya Dihindari Saat Tahu Masa Lalu Pasangan yang KelamPixabay.com/Tumisu

Setelah mengetahui masa lalu pasangan yang bisa dibilang kelam, sebisa mungkin jangan berubah sikap kepadanya. Selain akan membuatnya sedih, ia akan tidak percaya diri. Dukunglah supaya ia dapat berubah lebih baik lagi ketika bersamamu sekarang.

Jika hanya karena masa lalunya menjadikan sikapmu berubah terhadapnya hingga kemudian ia sedih kemudian menjadi tidak percaya diri bukan tidak mungkin hal-hal buruk akan terjadi kepadanya. Banyak yang sudah mengalaminya, ketika seseorang dengan masa lalu yang kurang baik, kemudian tidak ada dukungan dari orang sekitar bukan tidak mungkin ia akan kembali melakukan hal yang sama seperti masa lalunya.

3. Sulit untuk menerima masa lalunya

5 Sikap yang Baiknya Dihindari Saat Tahu Masa Lalu Pasangan yang KelamPixabay.com/RobsonWojcik

Ketika memutuskan untuk menjalin hubungan dengan orang yang kita sayang, sebaiknya terima juga segala kekurangan dan kelemahannya termasuk tentang masa lalunya. Hubungan yang akan terjalin dengan baik dan langgeng ketika saling mengerti dan memahami satu sama lainnya, memahami masa lalunya dan bisa menerimanya. Ketika salah seorang dari pasangan sulit untuk menerima masa lalu pasangannya bukan tidak mungkin akan muncul berbagai masalah dalam hubungan yang dapat memberikan akibat yang kurang baik bagi keduanya.

Baca Juga: 5 Cara Melewati Masa Lalu, Agar Kembali Move On untuk Masa Depan

4. Tidak lagi respek dan menghargainya

5 Sikap yang Baiknya Dihindari Saat Tahu Masa Lalu Pasangan yang KelamPixabay.com/Takmeomeo

Masa lalu pasangan yang kelam seharusnya tidak jadi masalah dalam suatu hubungan selama ia sudah berubah menjadi lebih baik. Ketika pasangan dengan terbuka menceritakan masa lalunya, hendaknya sebagai pasangan menanggapinya dengan baik.

Tidak respek dan tidak menghargai pasangan ketika kita sudah tahu akan masa lalunya yang kelam, akan berakibat buruk untuk hubungan, pasangan dan diri kita sendiri. Alangkah baiknya jika kita menerimanya bukan melihat dari masa lalunya, akan tetapi usahanya untuk memperbaiki dan berubah lebih baik.

5. Sering mengungkit-ungkit masa lalunya

5 Sikap yang Baiknya Dihindari Saat Tahu Masa Lalu Pasangan yang KelamPixabay.com/mirceaianc

Ketika kita sudah mengetahui pasangan kita mempunyai masa lalu yang kelam, sebaiknya jangan terlalu sering mengungkit-ungkit masa lalunya apa lagi dalam posisi yang kurang baik. Akan lebih baik diam dan hanya sekadar tahu masa lalu pasangan kita, tok pada kenyataannya sekarang ia sudah berubah menjadi lebih baik. Banyak akibat buruk yang akan terjadi jika seseorang sering mengungkit-ungkit masa lalu pasangan, selain akan menimbulkan rasa kesel dan marah bisa berakibat juga kepada hubungan yang kurang baik.

Itulah 5 sikap yang perlu dihindari saat tahu masa lalu pasangan yang kelam. Tetaplah fokus dengan masa depan dalam hubungan berdua, dari pada mempermasalahkan masa lalu yang mungkin juga sudah dilupakan pasangan kita.

Baca Juga: 5 Cara Memaafkan Diri Sendiri, agar Tidak Terjebak Masa Lalu 

Rinda Ratna Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya