Comscore Tracker

5 Alasan Jangan Dibawa Tegang saat Main Game Bareng Teman

Bisa timbul pertengkaran, lho!

Kebiasaan orang saat bermain game bareng teman memang beda-beda. Ada yang menganggapnya sebatas bersenang-senang, tetapi banyak pula yang terbawa suasana karena terlalu tegang. Sebenarnya momen seperti ini sebaiknya bisa kamu manfaatkan untuk mempererat persahabatan.

Kumpul bersama jadi makin asyik ketika main game, tetapi tidak perlu serius atau terbawa suasana, ya, apalagi timbul marah. Ingin tahu alasannya? Simak alasan jangan dibawa tegang saat main game bareng teman.

 

1. Bisa menimbulkan pertengkaran

5 Alasan Jangan Dibawa Tegang saat Main Game Bareng Temanilustrasi bertengkar (pexels.com/keiraburton)

Kadang saking seriusnya main game bareng teman, orang bisa saja terbawa suasana hingga bisa menimbulkan pertengkaran. Saat main game online, misalnya, kadang dari awalnya meledek bisa berujung emosi dan marah-marah yang berlebihan. Hal ini sebisa mungkin harus dikontrol karena bisa saja merusak pertemanan yang selama ini terjalin.

Banyak ruginya jika bertengkar hanya karena bermain game, lho. Persahabatan yang seharusnya bisa terjalin harmonis bisa saja hancur. Sayang jika harus kehilangan teman. Mencari teman yang asyik itu susah, lho.

2. Lupa waktu

5 Alasan Jangan Dibawa Tegang saat Main Game Bareng Temanilustrasi jam tangan (pexels.com/erikmclean)

Bermain game bersama teman juga sering kali bikin orang lupa waktu. Bahkan, kita juga suka lupa kalau kita harus istirahat atau melakukan aktivitas lainnya. Banyak juga yang pada akhirnya memilih untuk bergadang karena belum merasa puas bermain game bersama.

Jangan dianggap terlalu serius, ya. Masih ada hari esok, lho. Asyik memang ngumpul bareng teman, tetapi perhatikan juga kesehatanmu. Main game sampai lupa waktu itu tidak bijak, lho.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Persahabatan Tetap Awet, Jadilah Teman yang Baik!

3. Kadang ada yang baper

5 Alasan Jangan Dibawa Tegang saat Main Game Bareng Temanilustrasi pria (pexels.com/alexandrpodvalny)

Ketika seseorang terlalu serius main game bareng, ada pula yang pada akhirnya terbawa perasaan, apalagi kalau melibatkan hinaan atau celaan. Belum lagi kalau ada banyak masalah, emosi bisa mudah sekali tersulut.

Untuk itu, main game perlu sewajarnya, ya. Tak perlu melibatkan kata-kata kotor dan celaan.

4. Kecanduan

5 Alasan Jangan Dibawa Tegang saat Main Game Bareng Temanilustrasi bermain game (pexels.com/rodnaeproduction

Terlalu serius saat bermain game bareng juga bisa bikin kamu kecanduan. Pada akhirnya, kamu akan mengesampingkan aktivitas penting lainnya demi bermain game bareng teman. Bahkan, tak jarang pula kamu bangun kesiangan.

Kalau kamu atau temanmu adalah sosok yang sudah kecanduan game, ada baiknya buat batasan dalam diri. Kalau kamu terus menuruti kemauanmu, bukan tidak mungkin kamu akan terus kecanduan.

5. Tidak sadar sering keluar kata-kata kasar

5 Alasan Jangan Dibawa Tegang saat Main Game Bareng Temanilustrasi pertemanan (pexels.com/aftaputragunawan)

Banyak pula orang yang suka mengeluarkan kata-kata kasar saat main game bareng teman. Hal tersebut bisa terjadi karena kalah. Walau sudah sering terjadi, hal tersebut jangan dibiasakan, ya. 

Berkata kasar bukanlah suatu kebiasaan yang baik, apalagi kalau ada anak-anak kecil di sekitarmu. Bisa saja mereka akan meniru tingkah laku kamu, lho.

Sebaiknya, bermain game bareng teman cukup jadi hiburan. Jangan sampai sesuatu yang seharusnya menyenangkan justru membawa keburukan akibat pertengkaran. Hindari, ya!

Baca Juga: 5 Risiko jika Enggan Menjalin Persahabatan dengan Pasangan

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya