Comscore Tracker

Selalu Curiga pada Pasangan Setelah Diselingkuhi? Ini 6 Alasannya

Kamu pernah merasakannya juga, gak?

Banyak hubungan yang akhirnya harus kandas karena salah satu dari pasangan berkhianat dengan berselingkuh dengan orang lain. Akan tetapi banyak juga yang kemudian memilih untuk bisa memaafkan pasangan dan melanjutkan kembali hubungan yang ada. Tidak selamanya buruk, kok. Tinggal bagaimana keduanya bisa sama-sama bijak dan bisa lebih baik lagi dalam bersikap.

Tidak ada salahnya juga, seseorang menerima pasangannya kembali setelah selingkuh. Akan tetapi biasanya akan muncul beberapa sikap tertentu akibat dari rasa kecewa karena sebuah perselingkuhan, salah satunya menjadi mudah curiga. Mengapa demikian? Yuk, coba simak alasan-alasannya seperti berikut ini.

1. Sebagai perlindungan diri biar gak sakit hati lagi

Selalu Curiga pada Pasangan Setelah Diselingkuhi? Ini 6 AlasannyaIlustrasi sedih (pexels.com/valeriaushakova)

Rasa curiga yang terjadi setelah diselingkuhi pasangan memang wajar terjadi, hal ini salah satunya karena untuk perlindungan diri supaya tidak sakit hati lagi. Dengan curiga, menjadi salah satu cara baginya untuk terus bisa waspada jika suatu saat ada kemungkinan akan terulang lagi kejadian yang sama.

Dengan curiga pula, seseorang bisa saja mengetahui sejak awal jika pasangan kembali berselingkuh. Intinya, ia akan jauh lebih siap dari sebelumnya.

2. Ia tak ingin dikecewakan untuk yang kedua kali

Selalu Curiga pada Pasangan Setelah Diselingkuhi? Ini 6 Alasannyailustrasi sedih (pexels.com/inzmamkhan)

Seorang yang mudah sekali curiga karena sebelumnya pasangan berselingkuh biasanya juga karena ia tidak ingin dikecewakan untuk yang kedua kali. Rasa curiga pada dirinya sebagai caranya untuk bisa terhindar dari kejadian buruk yang berulang kembali.

Dengan curiga, ia akan lebih tahu dari awal kemungkinan buruk yang akan terjadi. Jadi, ia tahu bagaimana bersikap.

3. Rasa kepercayaan yang besar pada pasangan berkurang

Selalu Curiga pada Pasangan Setelah Diselingkuhi? Ini 6 Alasannyailustrasi bertengkar (pexels.com/keiraburon)

Alasan lain mengapa seseorang lebih curiga kepada pasangan setelah diselingkuhi adalah karena rasa kepercayaan yang hilang. Kalaupun masih ada, kadarnya sudah berkurang.

Wajar saja hal itu terjadi. Pasalnya, bagaimanapun semua orang pasti tidak mudah mengembalikan hati dan perasaannya lagi seperti semula setelah adanya suatu rasa kecewa dalam dirinya akibat perbuatan pasangan.

4. Bisa jadi karena rasa trauma dalam dirinya

Selalu Curiga pada Pasangan Setelah Diselingkuhi? Ini 6 Alasannyailustrasi melamun (pexels.com/rodnaeproduction)

Curiga berlebih pada pasangan setelah ia kedapatan selingkuh bisa juga tanda jika pasangan mengalami rasa trauma dalam dirinya. Adanya suatu bentuk ketakutan tersendiri dalam dirinya, membuatnya selalu ingin waspada hingga rasa curiga itu terus ia pelihara.

Jika kamu sebagai pasangannya, cobalah untuk tidak lelah mengembalikan rasa percayanya kepadamu. Pasalnya, suatu trauma berlebih pada seseorang akan berakibat buruk untuknya.

Baca Juga: 5 Alasan Selingkuh Dibalas Selingkuh Lagi Itu Buktikan Kamu Gak Dewasa

5. Banyak bermunculan pikiran negatif setelah rasa percayanya hancur

Selalu Curiga pada Pasangan Setelah Diselingkuhi? Ini 6 Alasannyailustrasi bertengkar (pexels.com/rodnaeproduction)

Seorang yang sudah pernah diselingkuhi pasangan, biasanya akan mudah curiga kepada pasangan setelahnya. Hal ini dikarenakan banyak bermunculan pikiran negatif setelah rasa kepercayaannya itu hancur.

Memang terkadang bisa saja ia memaafkan dan kembali bisa menjalin hubungan kembali dengan pasangan. Walaupun begitu, dengan rasa kepercayaan pada pasangan yang sudah berkurang akan banyak timbul pikiran negatif terhadap pasangan kita dan juga rasa tidak percaya diri dengan hubungan yang ada.

6. Ia merasa perlu lebih waspada lagi

Selalu Curiga pada Pasangan Setelah Diselingkuhi? Ini 6 Alasannyailustrasi bertengkar (pexels.com/rodnaeproduction)

Rasa curiga pada pasangan yang timbul setelah adanya kejadian pasangan melakukan selingkuh bisa terjadi karena ia merasa harus lebih waspada lagi. Hal ini merupakan sebagian dari caranya untuk bisa lebih memperhatikan dengan detail setiap kemungkinan.

Berjaga-jaga jika pasangan melakukan kesalahan yang sama yang akan membuat hatinya terluka kembali. Sikap waspadanya akan ia tingkatkan demi caranya melindungi diri dari rasa sakit.

Itulah enam alasan seseorang jadi mudah curiga setelah ia diselingkuhi pasangan. Ia melakukan hal yang demikian semata-mata sebagai bentuk perlindungan diri dan juga sikap waspada supaya tidak merasakan hal yang sama terulang kembali.

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya