Comscore Tracker

Jadi Maba? 5 Alasan Ini Buat Kamu Jangan Pacaran di Awal Semester

Jangan terburu-buru, semua ada waktunya!

Jadi mahasiswa adalah fase yang paling dinanti-natikan anak SMA. Banyak pengalaman yang akan didapatkan saat menjalani masa orientasi. Kamu tentu ingin melakukan banyak hal seperti berkenalan dengan teman-teman baru, tertarik mengikuti organisasi kampus atau bahkan kepikiran untuk mendapatkan pacar.

Menemukan pasangan di perguruan tinggi memang menjadi hal yang wajar mengingat kita semakin dewasa dan butuh seseorang yang bisa menjadi penyemangat dan penenang hati, namun mencari pacar di awal semester bisa jadi ide yang buruk. Mau tahu alasannya? Berikut lima alasan yang bikin kamu mikir dua kali buat pacaran di semester awal.

1. Semester awal adalah masa peralihan

Jadi Maba? 5 Alasan Ini Buat Kamu Jangan Pacaran di Awal Semesterpixabay/nastya_gepp

Di masa awal perkuliahan kamu tentu saja harus belajar menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus yang memang sangat berbeda dari sekolah formal di jenjang sebelumnya. Di masa peralihan ini kamu harus benar-benar mengetahui seluk-beluk kampus sehingga kamu punya strategi untuk menjalaninya. Jika kamu sibuk mencari pacar, kamu akan ketinggalan jauh dari teman-temanmu.

2. Jadwal kuliah dan kegiatan kampus yang padat sita waktumu bareng doi

Jadi Maba? 5 Alasan Ini Buat Kamu Jangan Pacaran di Awal Semesterpixabay/nikolayhg

Kamu akan disibukkan dengan jadwal kuliah dan kegiatan mahasiswa yang padat. Apabila punya pacar, kamu mungkin akan kesulitan membagi konsentrasi dan ini akan membuat kisah asmaramu menjadi rumit, karena bisa saja pasanganmu merasa diabaikan jika kamu tidak punya waktu yang lebih banyak bersamanya.

3. Fokus pada perkuliahan karena IPK tinggi di semester awal sangat penting

Jadi Maba? 5 Alasan Ini Buat Kamu Jangan Pacaran di Awal Semesterpixabay/geralt

Sistem belajar di kampus memang berbeda. Kamu harus fokus dan menanamkan komitmen yang kuat untuk mendapatkan nilai yang baik di awal semester. Hal ini akan berpengaruh pada nilai akhir yang akan kamu peroleh nanti setelah lulus. Jika kamu sibuk pacaran, kamu tentu tidak punya banyak waktu untuk belajar dan meningkatkan nilai.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diketahui Mahasiswa Baru di Semester Pertama

4. Harapan orangtua buat kamu gak kepikiran yang lain

Jadi Maba? 5 Alasan Ini Buat Kamu Jangan Pacaran di Awal Semesterpixabay/Mariamichelle

Biasanya orang tua menaruh harapan pada anak-anak yang dikuliahkan. Mereka akan melakukan apa saja agar anaknya bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Hal ini bisa menjadi motivasi tersendiri buat kamu untuk mempertahankan prestasi di kampus. Kamu tentu hanya fokus untuk meningkatkan nilai dan mengasah kemampuan untuk siap bersaing di dunia kerja dan membanggakan mereka.

5. Buru-buru jatuh cinta bisa buat kamu menyesal

Jadi Maba? 5 Alasan Ini Buat Kamu Jangan Pacaran di Awal SemesterPixabay/Comfreak

Apakah kamu salah satu yang percaya pada cinta pandangan pertama? Menurut saya perasaan itu mencerminkan keputusan yang tergesa-gesa. Kebanyakan kisah cinta dua orang yang baru saling mengenal akan berujung pada kegagalan.

Pada dasarnya untuk mencintai seseorang kamu butuh waktu untuk mengenalnya dan menganalisa apakah dia cocok atau tidak dan kamu harus memastikan apakah dia benar-benar bisa menerima kamu apa adanya.

Pacaran di perguruan tinggi memang wajar dan perlu tapi melakukannya di semester-semester awal perkuliahan bukanlah hal yang bijaksana. Sebab ada banyak hal yang harus kamu prioritaskan.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Program Kuliah Online dengan Benar

Risma Achmad Photo Verified Writer Risma Achmad

Freelance writer Kids lover Teacher

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya