Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini saat Hubunganmu Mengalami Banyak Masalah

Mari carikan solusi sama-sama!

Berbicara mengenai hubungan asmara, nampaknya gak ada kisah cinta yang jalannya lurus-lurus saja. Pasti dalam hubungan yang namanya masalah itu pasti ada, bertengkar dengan pasangan, salah paham, merupakan hal yang wajar terjadi. 

Nah, ketika hubungan sedang mengalami masa-masa sulit, sudah pasti kamu dan pasangan berusaha untuk mencari jalan keluarnya. Berikut lima hal yang bisa kamu lakukan saat hubunganmu sedang mengalami banyak masalah. 

1. Tetaplah tenang

Lakukan 5 Hal Ini saat Hubunganmu Mengalami Banyak Masalahilustrasi minta maaf(pexels.com/@Alex Green)

Adanya masalah dalam hubungan asmara merupakan hal yang biasa. Ketika ada masalah pasti ada jalan keluar dan solusi yang bisa kita ambil. Maka jika saat ini hubunganmu terasa melelahkan, cobaan datang silih berganti, dan ada saja masalah yang  mengancam maka tetaplah untuk tenang. 

Bersikap tenang bisa membantu kita lebih berhati-hati dalam memutuskan sesuatu. Memang gak bisa ditampik perasaan kalut itu hal yang wajar, namun akan lebih baik tenangkan diri dulu supaya emosimu mereda.  

2. Jangan lari dari masalah

Lakukan 5 Hal Ini saat Hubunganmu Mengalami Banyak Masalahseorang perempuan sedih (pexels.com/@clark cruz)

Permasalahan yang kamu alami ini mungkin sangatlah berat, hingga ingin sekali memilih untuk menyerah dan lari dari masalah. Namun hal tersebut jangan kamu lakukan, ya. Karena lari dari masalah gak akan menyelesaikan persoalan yang kamu alami yang ada semakin menambah beban. 

Hadapi bersama setiap masalah tersebut. Cari jalan keluar sama-sama dan diskusikan dengan pasangan. Jadikan persoalan tersebut untuk membuat kalian lebih hati-hati dalam menjalin hubungan. 

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Masih Ragu untuk Melanjutkan Hubungan

3. Komunikasikan dengan pasangan

Lakukan 5 Hal Ini saat Hubunganmu Mengalami Banyak Masalahilustrasi pasangan (pexels.com/@pavel danilyuk)

Satu hal paling penting dalam hubungan, yaitu adanya komunikasi. Maka ketika hubunganmu diuji masalah yang berat, jagalah komunikasimu dengan pasangan.

Luangkan waktu untuk ngobrol bersama, bicarakan dari hati ke hati untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, dan janganlah dipendam sendiri. 

Mengingat kalau kebiasaan memendam masalah sendirian, gak mau mengkomunikasikan dengan pasangan, tentu bisa membuat hubungan kalian jadi terancam. So, menjaga komunikasi itu sangat penting, ya. 

4. Jika salah jangan gengsi untuk meminta maaf

Lakukan 5 Hal Ini saat Hubunganmu Mengalami Banyak Masalahpasangan bertengkar (pexels.com/@Timur Weber)

Di dunia ini gak ada manusia yang sempurna dan setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan entah itu disengaja maupun tidak. Maka jika merasa hubunganmu sedang banyak problem karena perbuatanmu sendiri, jangan ragu mengakui kesalahan dan minta maaf pada pasangan. 

Bersyukur jika pasangan memaafkan dan memberimu kesempatan untuk memperbaiki. Namun, jika kesalahanmu terlalu besar dan terlampau menyakitinya, kamu harus siap menerima segala konsekuensi terburuk. 

5. Terbuka untuk menerima pendapat dari pasangan

Lakukan 5 Hal Ini saat Hubunganmu Mengalami Banyak Masalahilustrasi pasangan (pexels.com/@olya kabruseva)

Supaya permasalahan tersebut tidak melebar ke mana-mana, coba bersikap terbuka terhadap pendapat pasangan. Jangan menutup telinga dan abai terhadap masukan atau kritik darinya. Mengingat kalau kamu selalu mengabaikan dan meminta pasangan menuruti apa maumu terus, tentu bisa membuat pasangan merasa tidak dihargai. 

Bersikaplah terbuka karena hubungan bisa berjalan jika sama-sama ada timbal balik, bukan cuma mementingkan diri sendiri. Dengan demikian permasalahan yang kalian alami bisa cepat terselesaikan. 

 

Kita memang gak bisa menebak kapan masalah dalam hubungan akan terjadi, namun kamu bisa mengantisipasinya supaya tidak timbul persoalan baru. Semoga cara di atas bisa membantumu dalam mengatasi masalah hubungan, ya. 

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Hubungan Jarak Jauh Tetap Harmonis

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya