Comscore Tracker

5 Alasan Perbedaan dalam Hubungan Membuat Cinta Semakin Kuat

Yuk, saling menghargai satu sama lain

Dalam hubungan perbedaan pendapat, beda pikiran, dan sudut pandang adalah hal yang sangat wajar. Mengingat menyatukan dua pikiran manusia dalam satu hubungan bukan hal yang mudah. Butuh waktu dan tidak bisa kalau keduanya saling egois.

Namun di balik itu semua, ternyata perbedaan dalam hubungan bisa membuat cinta kalian semakin kuat lho, berikut lima alasannya. 

1. Kalian jadi saling melengkapi kekurangan satu sama lain

5 Alasan Perbedaan dalam Hubungan Membuat Cinta Semakin Kuatilustrasi pasangan berantem (pexels.com/@Ketut Subiyanto)

Alasan pertama kenapa perbedaan bisa membuat hubungan semakin kuat yaitu, karena kalian jadi terbiasa saling melengkapi kekurangan satu sama lain. Apa yang menjadi kekurangan pasangan bisa kamu lengkapi. Pun juga sebaliknya, ketidaksempurnaan yang ada dalam dirimu bisa dilengkapi olehnya. Hubungan timbal balik yang saling menguntungkan satu sama lain inilah yang memperkuat cinta kalian. 

2. Perbedaan bisa membuat kalian saling menghargai

5 Alasan Perbedaan dalam Hubungan Membuat Cinta Semakin Kuatpasangan berbahagia (pexels.com/@Thiều Hoàng Phước )

Alasan selanjutnya yaitu bahwa perbedaan hubungan bisa membuat kalian saling menghargai satu sama lain. Kamu menghargai apa yang pasangan miliki, pun sebaliknya. Bukan malah perbedaan menciptakan jarak di antara kalian. Ya awalnya tidak mudah ketika menemukan banyak kekurangan dalam diri pasangan. Namun semakin ke sini kamu jadi sadar, gak ada manusia yang benar-benar sempurna di dunia ini. Sehingga kalian bisa saling menghargai satu sama lain. 

Baca Juga: 5 Sisi Positifnya Kalau Kamu Punya Banyak Perbedaan dengan Pasangan

3. Kalian jadi tahu bagaimana komunikasi yang baik dalam hubungan

5 Alasan Perbedaan dalam Hubungan Membuat Cinta Semakin Kuatpasnagan sedang bahagia(pexels.com/@monstera)

Rasanya sangatlah wajar ada perbedaan dalam hubungan itu. Namun kamu tahu gak sih, dari perbedaan tersebut justru bisa mengajari kalian bagaimana komunikasi yang baik itu. Sebab salah satu kunci menyelesaikan perbedaan sudut padang, pikiran, dan sifat adalah saling mengkomunikasikan dengan pasangan. Kalau ada masalah ngomong dan kalau ada yang tidak suka ngobrol baik-baik jangan malah dipendam sendiri. 

4. Perbedaan bisa mengajarimu toleransi satu sama lain

5 Alasan Perbedaan dalam Hubungan Membuat Cinta Semakin Kuatilustrasi pasangan (pexels.com/@Andrea Piacquadio)

Poin selanjutnya kenapa perbedaan bisa membuat cinta kalian semakin kuat yaitu, karena perbedaan tersebut bisa mengajari toleransi terhadap pasangan. Kadang hubungan memang seperti itu, gak selamanya senang dan bahagia terus. Pasti ada saja masalah dan problem yang dihadapi. Dari situ kamu bisa belajar untuk mentoleransi kesalahan pasangan pun sebaliknya. Bisa dikatakan kalian gak bisa kalau sama-sama keras, harus bisa mengerti satu sama lain. 

5. Bisa mengajarimu dari sudut pandang yang berbeda

5 Alasan Perbedaan dalam Hubungan Membuat Cinta Semakin Kuatilustrasi pasangan (unsplash.com/@Matt Nelson)

Terakhir, dari perbedaan kamu bisa belajar suatu hal dari sudut pandang yang berbeda. Misalnya nih pasangan mempunyai pendapat tentang sesuatu, namun pendapat tersebut berbeda dari kamu. Perbedaan tersebut jangan dijadikan sebuah masalah besar, namun ambillah pelajaran untuk mengetahui dari sudut pandang yang berbeda. Apa yang kamu kira benar, belum tentu benar. Dengan demikian perbedaan hubungan bisa mengajarimu banyak hal. 

Perbedaan dalam hubungan hal yang wajar kok, yang terpenting jangan jadikan perbedaan menjadi sebuah masalah besar. Hingga akhirnya mengancam hubunganmu dengan pasangan. 

Baca Juga: 5 Cara Tepat Mengatasi & Menghargai Perbedaan dengan Pasangan

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya