Comscore Tracker

5 Tanda Pasangan Belum Bisa Berpikir Dewasa dalam Menjalin Hubungan

#IDNTimesLife Apakah pasanganmu termasuk? 

Setiap orang pasti ingin mempunyai pasangan yang memiliki pola pikir dewasa. Ketika ada masalah dalam hubungan dibicarakan baik-baik, dapat menerima segala perbedaan, dan saling terbuka satu sama lain.

Namun, bagaimana jadinya ketika kamu mendapat pasangan yang sebaliknya? Pasti ini sangat menguji kesabaranmu bukan. Nah, supaya lebih jelas, berikut lima tanda kalau pasanganmu belum mampu berpikir dewasa dalam menjalani hubungan. 

1. Jika ada masalah tidak mau mendiskusikan sama-sama

5 Tanda Pasangan Belum Bisa Berpikir Dewasa dalam Menjalin HubunganPasangan sedang bertengkar (pexels.com/RodnaeProduction)

Tanda pertama pasangan belum bisa berpikir dewasa dalam menjalin hubungan yaitu, ketika ada masalah tidak mau mendiskusikan sama-sama. Ia cenderung menutupi dan memendamnya sendiri, pun saat mengambil keputusan gak pernah melibatkanmu.

Padahal yang namanya hubungan komunikasi itu paling penting. Namun, jika pasangan cenderung memutuskan semua hal itu sepihak, tanpa mau melibatkanmu dalam berdiskusi tandanya ia memang belum bisa berpikir dewasa. 

2. Tidak berani mengakui kesalahan 

5 Tanda Pasangan Belum Bisa Berpikir Dewasa dalam Menjalin Hubunganpasangan sedang duduk (pexels.com/@cottonbro)

Tanda selanjutnya yaitu, ia tidak pernah berani mengakui kesalahan. Di dunia ini gak ada manusia yang sempurna, pun saat kamu menjalin hubungan dengan seseorang pasti gak pernah luput dari yang namanya kesalahan. Nah, jika pasangan adalah sosok yang dewasa, ia pasti berani mengakui kesalahan jika ia terbukti melakukannya.

Namun, jika ia cenderung berpikir pendek, ketika berbuat salah ada saja alasan untuk berkilah dan gak mau mengakuinya. Padahal kesalahan itu hal yang manusiawi, yang terpenting ia bisa mengambil pelajaran dan gak mengulanginya lagi.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sedang Bersama Pasangan yang Salah, Bikin Gak Nyaman!

3. Selalu lari dari masalah 

5 Tanda Pasangan Belum Bisa Berpikir Dewasa dalam Menjalin Hubunganpasangan sedang bertengkar (pexels.com/@Rodnae Production)

Poin ketiga tanda pasangan belum bisa bepikir dewasa yaitu, ia selalu lari dari masalah. Namanya hubungan pasti ada pasang surutnya. Terjadi masalah, pertengkaran, cek cok sana sini pasti pernah dialami. Namun jika ada masalah ia justru menghindar dan gak ingin untuk menyelesaikan tandanya ia belum bisa bersikap dewasa. 

Padahal kunci supaya masalah cepat kelar itu ya dihadapi sama-sama. Bukan malah berkilah dan cenderung lari dari keadaan. 

4. Egois dalam menjalin hubungan

5 Tanda Pasangan Belum Bisa Berpikir Dewasa dalam Menjalin Hubunganpasangan (pexels.com/@Samson Katt)

Menjalin hubungan itu gak cuma salah satu pihak saja yang berjuang. Namun, keduanya antara kamu dan pasangan harus sama-sama memperjuangkan. Tapi jika pasanganmu suka bersikap egois di mana ia selalu mementingkan dirinya sendiri dan gak mau mendengarkan pendapatmu, itu artinya ia masih belum bisa berpikir panjang. 

Sikap egois pasangan inilah yang membuat hubungan kalian jadi berantakan dan terancam berakhir begitu saja. Hem, jangan sampai hal itu terjadi pada hubunganmu, ya. 

5. Sulit menerima kritik atau pendapat dari pasangan

5 Tanda Pasangan Belum Bisa Berpikir Dewasa dalam Menjalin Hubunganpasangan (pexels.com/@cottonbro)

Tanda terakhir bahwa pasanganmu belum bisa berpikir dewasa dalam hubungan yaitu, ia sulit menerima kritik atau pendapat dari pasangannya sendiri. Padahal ketika menjalin hubungan wajar lho yang namanya perbedaan pendapat, sudut pandang, dan pemikiran itu. Harusnya jika ia mampu berpikir dewasa, ia bisa menerima kritik atau masukan dari pasangannya sendiri. 

Namun jika kamu gak pernah diberi kesempatan untuk ngomong, pendapatmu selalu ditolak, dan gak mau mendengarkan lebih baik pikirkan ulang apakah mau bertahan dalam hubungan ini atau tidak. So, pikir baik-baik ya!

Itulah tanda pasangan belum mampu berpikir dewasa dalam menjalin hubungan. Jadi bagaimana, apakah pasanganmu termasuk?

Baca Juga: 5 Ciri Awal Pasangan yang Berpotensi Selingkuh, Jangan Termakan Janji

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya