Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Teman Berkeluh Kesah Soal Kehidupan

#IDNTimesLife Jangan merasa risih atau menjauh ya

Dalam hidup memang gak ada kalau kita cuma senang-senang doang. Pasti kita merasakan yang namanya capek, sedih, ada saja masalah hidup, dan keadaan yang lain. Nah jika teman atau sahabat suka berkeluh kesah soal kehidupan padamu, jangan menghindar atau menghakimi, ya.

Karena kamu gak tahu, bagaimana usaha dia untuk menghadapi situasi tersebut. Biar lebih jelas, yuk lakukan lima hal ini saat teman sedang berkeluh kesah soal kehidupan padamu.

1. Mendengarkan keluh kesahnya

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Teman Berkeluh Kesah Soal Kehidupanilustrasi pertemanan (pexels.com/@ Elijah O'Donnell)

Dia cerita panjang lebar, berkeluh kesah soal kehidupan, hingga ngobrol apa yang ia rasakan saat ini, bukan berarti ia menuntutmu untuk mengerti namun terkadang hanya ingin didengarkan. Gak semua orang punya tempat nyaman untuk berkeluh kesah ini itu, gak semua orang punya keberanian untuk bercerita masalahnya dengan orang lain. 

Maka jika temanmu melakukan hal tersebut, dengarkan dia. Jadilah sosok pendengar yang baik, tanpa harus menghakimi permasalahan yang ia hadapi. Ia cerita, karena ia yakin kamu adalah orang yang bisa dipercaya. 

2. Jangan menghakimi

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Teman Berkeluh Kesah Soal Kehidupanwanita sedang ngobrol (pexels.com/@Alexander Suhorucov )

Kadang saat teman cerita masalah yang ia hadapi, kita jadi sok tahu dan menghakiminya seolah-olah dirimu merasa paling benar. Padahal orang berkeluh kesah hanya ingin mengutarakan uneg-uneg yang mengganjal dari hatinya saja.

Maka janganlah menghakimi, men-judge dia dengan persoalannya, hingga ngata-ngatain ini itu. Karena pada dasarnya kamu gak benar-benar tahu apa yang ia rasakan dan alami. Jadi, lebih bijaklah dalam menghadapi suatu hal.  

Baca Juga: Ini 5 Tanda Kamu Harus Meninggalkan Temanmu, Jangan Ragu!

3. Beri dia nasihat yang baik dan seperlunya saja

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Teman Berkeluh Kesah Soal KehidupanWanita sedang ngobrol (pexels.com/@Ekaterina B)

Hal yang harus kamu lakukan selanjutnya saat teman berkeluh kesah padamu, yaitu beri dia nasihat yang baik dan seperlunya saja. Selain itu, jangan sok menggurui apalagi menganggap paling benar. Jadi kalau teman minta pendapatmu, berikan saran yang tepat dan sampaikan dengan cara yang baik.

Jangan malah mengompor-ngompori dan membuat masalah semakin runyam untuk diselesaikan. Jika itu dilakukan, tandanya kamu memang bukan teman yang tulus. 

4. Jangan membanding-bandingkan masalahnya dengan masalahmu

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Teman Berkeluh Kesah Soal Kehidupansedang kecewa (pexels.com/@Liza Summer)

Apa hal yang paling menyebalkan saat curhat atau berkeluh kesah dengan teman? Ya benar sekali kebiasaan suka membanding-bandingkan masalahnya dengan masalah yang kita hadapi. Kalimat seperti "masalahmu itu gak ada apa-apanya dibandingkan aku", "masalahmu itu gak seberapa", dan kalimat gak enak yang lain. 

Hei, temanmu berkeluh kesah, karena ia percaya kamu adalah teman yang bisa mendengarkannya. Bukan malah mengajaknya adu nasih dengan hidupmu. Kalau sudah begini, awas dia jadi malas untuk berteman lagi denganmu. 

5. Tanyakan bagaimana keadaanya setelah bercerita

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Teman Berkeluh Kesah Soal Kehidupanwanita sedang sedih (pexels.com/@Pilona Zimmerman)

Terakhir, hal yang harus kamu lakukan saat teman berkeluh kesah soal kehidupannya yaitu, menanyakan bagaimana keadaannya setelah bercerita. Cara ini dilakukan supaya bisa membuatnya lebih baik.

Coba tanyakan bagaimana perasaanya setelah berkeluh kesah? Jauh lebih lega atau tambah beban? Bagaimana perkembangan masalah yang ia hadapi? Selain itu, jangan lupa untuk mengingatkan pada hal baik. 

Jika perlu kamu bisa menghiburnya sejenak dengan mengajaknya jalan-jalan sebentar, makan bareng, liburan, dsb. Intinya sesama sahabat kita harus bisa saling support dan mendukung. 

Kalau ada teman yang berkeluh kesah soal hidupnya padamu, jangan dihakimi, ya. Dengarkan, tapi kalau memang gak bisa coba berbicara secara baik-baik. 

Baca Juga: 5 Pertanyaan Berisiko yang Gak Seharusnya Kamu Tanya pada Temanmu

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya