Comscore Tracker

5 Tanda Bahwa Kamu dan Pasanganmu Tidak Siap Menjalani LDR

Meski harus LDR, harus tetap saling percaya satu sama lain!

Pada dasarnya pastinya tidak ada pasangan di dunia ini yang mau menjalani hubungan jarak jauh alias LDR. Kalau disuruh memilih memang tidak ada yang ingin LDR, namun kita tidak selalu bisa hidup dalam situasi dan kondisi yang ideal. Ketika kita harus menghadapi kenyataan bahwa harus menjalani LDR dengan pasangan, bagaimanapun juga kita harus siap menjalaninya.

Menjalani hubungan LDR memang sangat berat, karena adanya jarak tampat dan bahkan waktu yang mana itu dapat menyebabkan banyak problem komunikasi hingga kesetiaan yang diuji. Berikut adalah beberapa tanda kalau sebenarnya kalau kamu belum siap menjalani LDR. 

1. Kamu sering berpikir negatif tentang masa depan hubunganmu

5 Tanda Bahwa Kamu dan Pasanganmu Tidak Siap Menjalani LDRUnsplash.com/@itsmiki5

Meski kamu belum menjalani LDR, namun kamu seringkali berpikiran negatif tentang masa depan hubunganmu dengan pasangan. Terlalu banyak berasumsi akan hal-hal buruk yang akan menerpa hubunganmu dengannya. Kamu sama sekali tidak ada rasa optimis dan yakin dengan hubungan ini saat kalian harus terpisah jarak nanti. Bila hal ini terus-terusan kamu rasakan, ini berarti kamu sedang merasa insecure dengan hubunganmu sendiri.

2. Kamu selalu menghindar dan cenderung tidak supportive

5 Tanda Bahwa Kamu dan Pasanganmu Tidak Siap Menjalani LDRUnsplash.com/@henrihere

Setiap kali pasanganmu mengajak diskusi mengenai rencananya pindah kota untuk kuliah atau kerja, kamu selalu bersikeras untuk menghindar dan menolak untuk membicarakannya. Bahkan saat dia meminta masukan dan pertimbangan darimu mengenai hal-hal kecil tentang perpindahannya ini, kamu selalu sudah kehilangan mood terlebih dahulu. Sehingga bisa saja percakapan kalian akan berakhir dengan percekcokan yang seharusnya tidak perlu terjadi. 

Baca Juga: 5 Hal Ini Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Menjalankan Hubungan LDR

3. Kamu masih sangat menggantungkan diri kepada pasanganmu

5 Tanda Bahwa Kamu dan Pasanganmu Tidak Siap Menjalani LDRUnsplash.com/@joaosilas

Sikapmu kepadanya mendadak jdi lebih clingy dan needy. Padahal kamu sebenarnya bisa mandiri, namun kamu lebih memilih untuk menggantungkan diri pada pasanganmu. Jika hal ini terjadi pada beberapa momen saja sih wajar dan dapat dimaklumi, tapi jika ini terus-terusan terjadi hingga kamu dan pasangan jadi tidak bebas, hal ini sudah tidak sehat lagi bagi hubungan kalian berdua. 

4. Kamu tak bisa menikmati sedikitpun rasa rindu pada pasanganmu

5 Tanda Bahwa Kamu dan Pasanganmu Tidak Siap Menjalani LDRUnsplash.com/@rcjphoto

Rasa insecurity dalam sebuah hubungan itu memang sering menghantui, terlebih lagi pada pasangan yang sedang LDR. Tentunya rasa rindu akan kehadiran fisik pasanganmu akan sering kamu rasakan. Ketika kamu sudah siap dan kuat menjalani LDR, rasa rindu justru adalah sebuah hal yang sangat kamu tunggu-tunggu dan justru mempererat hubungan kalian.

Sebaliknya, jika kamu tidak siap menjalani LDR, saat kamu rindu padanya yang terjadi kamu hanya merasa parno dan berprasangka yang tidak-tidak kepadanya. Kamu sedikitpun tak bisa menikmati rasa rindu kepada orang yang kamu sayangi itu.

5. Kamu merasa stres sendiri dan tidak ikhlas membuat jarak dengan pasanganmu

5 Tanda Bahwa Kamu dan Pasanganmu Tidak Siap Menjalani LDRUnsplash.com/@bantersnaps

Mungkin terkesan klise ketika orang bilang kamu harus sabar dan ikhlas saat harus menjalani LDR dengan pasanganmu, namun itu adalah satu-satunya kunci utama dalam menjalani sebuah hubungan. Ketika kamu tidak siap dan tidak ikhlas harus membuat jarak dengan pasanganmu, kamu merasa stres hebat dan tidak bahagia menjalani hubungan spesial ini dengannya. Hal ini pastinya akan jadi beban bagimu dan juga dia.

Untuk bisa siap, kamu harus bisa ikhlas dan bersabar. Yakinkan diri sendiri bahwa ini adalah cobaan yang memang harus dihadapi bersama. Anggap saja kalau LDR adalah sebuah tahap di mana kalian sedang menguji kepercayaan dan kesetiaan masing-masing. Bila kalian sanggup dan berhasil, percayakah hubungan kalian patut untuk dipertahankan dan dirayakan!

Baca Juga: LDR dengan Sahabat? Lakukan 5 Hal Ini Biar Hubungan Tetap Rekat! 

Ruth Christian Photo Verified Writer Ruth Christian

@ruthchristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya