Comscore Tracker

Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Tak Boleh Terlalu Bergantung pada Teman Dekat

Kamu tidak tahu kapan mereka akan meninggalkanmu

Teman dekat adalah salah satu orang yang sangat berarti di hidup kita. Tak jarang kita selalu mengandalkan teman kita dalam kondisi apapun. Bahkan, terkadang kita menuntut mereka untuk selalu membantu kita.

Padahal, kamu harus sadar bahwa sekalipun teman dekat, kamu tak bisa selalu mengandalkan mereka di setiap kesulitan yang sedang kita hadapi. Berikut adalah alasan kamu tidak boleh selalu berharap lebih kepada teman dekatmu sendiri. 

1. Kalian memanglah teman dekat tapi kalian punya kepentingan masing-masing

Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Tak Boleh Terlalu Bergantung pada Teman DekatUnsplash.com/Papaioannou Kostas

Setiap orang punya kepentingan mereka masing-masing, termasuk teman terdekatmu. Mereka tidak akan bisa selalu kamu andalkan setiap kali kamu perlu bantuan. Kodratnya manusia, mereka pun akan lebih memilih mengerjakan kepentingan mereka terlebih dahulu dibandingkan hal lainnya.

2. Sifat manusia bisa berubah-ubah setiap waktunya

Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Tak Boleh Terlalu Bergantung pada Teman DekatUnsplash.com/Hudson Hintze

Dahulu mungkin kamu mengenal temanmu sebagai orang yang selalu bisa dijadikan sandaran dan selalu bisa untuk diandalkan. Namun, semakin bertambahnya umur sifat manusia bisa saja berubah. Karena semakin bertambahnya umurnya prioritas setiap orang pun akan semakin berubah. 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Konon Katanya Punya Lingkaran Pertemanan yang Kecil

3. Justru orang terdekatlah yang paling berpotensi menyakiti kamu

Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Tak Boleh Terlalu Bergantung pada Teman DekatUnsplash.com/Briana Tozour

Jangan terlalu percaya dan berharap kepada orang lain, termasuk kepada teman terdekatmu. Karena tanpa kamu sadari orang yang paling dekat denganmu adalah orang yang paling berpotensi untuk menyakitimu. 

4. Teman dekatmu bukanlah superhero

Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Tak Boleh Terlalu Bergantung pada Teman DekatUnsplash.com/Roberto Nickson

Kamu harus sadar bahwa teman dekatmu adalah seorang manusia biasa yang bisa saja sewaktu-waktu tidak bisa membantu kamu.

Namun sayangnya, karena kamu terlalu berharap padanya kamu akhirnya merasa kecewa dan berpikir yang aneh-aneh, seperti misalnya temanmu tidak mau membantu kamu karena sudah mulai lupa akan dirimu, padahal kenyataannya memang ia benar-benar tidak bisa membantu kamu saat itu dikarenakan kesibukan yang ia miliki.

5. Tak ada yang abadi di dunia ini

Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Tak Boleh Terlalu Bergantung pada Teman DekatUnsplash.com/Daiga Ellaby

Jangan terlalu mudah bersandar kepada teman terdekatmu. Karena apapun yang terjadi di dunia ini tak ada yang abadi. Kamu harus terbiasa melatih dirimu untuk menjadi orang yang mandiri. Kamu tidak tahu kapan temanmu akan pergi meninggalkan dirimu. 

Latihlah dirimu untuk selalu menjadi orang yang mandiri dan tangguh. Jangan menaruh harapan lebih terhadap teman terdekatmu karena mereka hanyalah manusia biasa. 

Baca Juga: Gak Usah Iri, 6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Teman Sukses Duluan 

Ruth Cikita Photo Community Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You