Comscore Tracker

Gak Usah Iri, 6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Teman Sukses Duluan 

Karena setiap orang akan sukses pada waktunya

Sukses adalah hal yang menjadi tujuan dan impian setiap orang. Namun tidak mungkin semua orang mencapai kesuksesan itu di waktu yang bersamaan. Kadang kala teman seperjuangan yang selama ini berjalan berbarengan dengan kita bisa merasakan buah manis perjuangannya lebih dulu dari kita yang masih berusaha menggapainya.

Perasaan iri bisa saja terlintas di pikiran, akan tetapi tidak ada gunanya memendam kebencian dan iri hati pada teman yang sudah merasakan kesuksesan duluan. Lebih baik kamu manfaatkan waktu dengan melakukan 6 hal berikut.

1. Tetap berpikir positif dan fokus pada tujuanmu

Gak Usah Iri, 6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Teman Sukses Duluan pexels.com/@nkhajotia

Melihat rekan yang sudah mencapai puncak sedangkan kamu masih menapaki jalan secara bertahap memang menyakitkan. Namun, jangan kamu biarkan hal itu mengganggu pikiran yang malah membuat fokusmu pada tujuan menjadi berantakan. Tetap berpikir positif dan jangan hiraukan apapun yang sekiranya bisa menyebabkan semangat kamu runtuh. Fokus, fokus, dan fokus!

2. Jadikan motivasi untuk terus maju

Gak Usah Iri, 6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Teman Sukses Duluan unsplash.com/@jennyhill

Daripada iri, kesuksesan teman sebaiknya kamu jadikan motivasi yang bisa mendorongmu untuk cepat sampai pada tempat yang diinginkan. Bisa jadi temanmu itu adalah orang yang ditunjuk Tuhan sebagai inspirasi untuk membuat kamu bekerja lebih keras dan pantang menyerah dalam menggapai apa yang kamu impikan.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Kalau Kamu Suka Iri Hati, Yuk Kurangi!

3. Isi waktu yang tersisa dengan menambah ilmu dan pengalaman

Gak Usah Iri, 6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Teman Sukses Duluan pexels.com/@burst

Terus membandingkan kehidupanmu dengan orang lain hanya akan membuang waktu yang sebenarnya bisa kamu isi dengan hal-hal bermanfaat yang bisa membuat kamu lebih berkembang.

Sambil menunggu kesuksesan itu datang, isilah waktu yang tersisa dengan belajar dan menambah pengalaman sehingga saat sukses nanti, jiwamu benar-benar penuh oleh ilmu yang membuat dirimu semakin berbobot dan berkualitas.

4. Jadikan kesabaran sebagai kekuatan untuk bertahan

Gak Usah Iri, 6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Teman Sukses Duluan pexels.com/@kelvin809

Salah satu sifat positif yang bisa kamu dapatkan saat melihat orang lain sukses lebih dulu adalah sabar. Jangan pernah dianggap enteng, pertahankan kesabaranmu sehingga bila suatu saat kamu berada di titik terendah sekalipun, kamu akan selalu kuat dan siap menghadapi berbagai situasi yang terjadi seiring berputarnya roda kehidupan.

5. Gak usah iri, Tuhan memberikan rezeki di jalan dan waktu yang berbeda-beda

Gak Usah Iri, 6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Teman Sukses Duluan unsplash.com/@impatrickt

Setiap orang memiliki rezeki dan jalan hidupnya masing-masing, begitu pun dengan kesuksesan. Tidak ada yang namanya sukses duluan, atau sukses secara terlambat, yang ada hanyalah Tuhan yang selalu tahu kapan harus memberikan semuanya di waktu yang benar-benar tepat.

6. Tetap bersyukur, karena bersyukur membuat diri merasa cukup

Gak Usah Iri, 6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Teman Sukses Duluan unsplash.com/@willbro

Alih-alih melihat teman yang sedang berada di puncak, cobalah tengok orang-orang yang sedang berada di bawah dan kurang beruntung daripada kamu. Tetap bersyukur dengan segala hal yang telah diberikan Tuhan, dan tetaplah yakin akan ketetapan-Nya. Pikiran itu akan membawamu pada perasaan nyaman dan ikhlas, serta lebih bisa menerima dan merasa cukup terhadap yang sudah kamu miliki saat ini.

Buanglah segala pikiran negatif yang hanya akan merugikan diri sendiri. Tidak perlu membandingkan kehidupanmu saat ini dengan kehidupan orang lain yang menurutmu lebih baik, karena kesuksesan yang sesungguhnya hanya milik mereka yang bersyukur dan selalu berpikiran positif.

Baca Juga: 5 Sikap Membuatmu Kuat Saat Punya Teman yang Pintar tapi Sombong

Siti Andini Photo Verified Writer Siti Andini

Nothing Impossible!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya