Comscore Tracker

7 Drama Korea yang Buktikan Kalau Jodoh Tak Akan ke Mana

Meski sudah berpisah, kalau berjodoh pasti bertemu lagi

Kata orang, kalau jodoh tuh takkan ke mana. Daripada sibuk mencari sampai lupa memantaskan diri, lebih baik untuk fokus pada peningkatan kualitas pribadi. Nanti juga jodoh bisa "datang sendiri". 

Tak percaya? 7 KDrama ini nih buktinya, yang sama-sama menceritakan tentang pertemuan dua orang yang sudah berjodoh. Bukan karena lama berteman atau benci jadi cinta, tapi ketujuh drama ini bercerita bahwa jodoh itu tak perlu terlalu dicari. Sebab kalau memang berjodoh, sudah berpisah pun tetap akan bertemu lagi. 

1. Emergency Couple (2014)

https://www.youtube.com/embed/SiJR1GDnCHM

Dibintangi oleh Song Ji Hyo, Choi Jin Hyuk, dan Lee Pil Mo, Emergency Couple bercerita tentang Oh Jin Hee dan Oh Chang Min yang dulu pernah menikah muda lalu bercerai setahun setelah pernikahan mereka.

Namun karena pada dasarnya memang sudah jodoh, keduanya lalu bertemu lagi saat mereka menjalani praktik di UGD rumah sakit yang sama.

2. Fated to Love You (2014)

https://www.youtube.com/embed/4JML4oAuFZ8

Merupakan adaptasi dari serial tv Taiwan, Fated to Love You menceritakan tentang Kim Mi Young, gadis biasa yang pasif dan tak bisa berkata tidak pada orang lain. Suatu hari, saat pergi ke luar kota, secara tak sengaja dia menghabiskan malam bersama dengan Lee Gun yang merupakan pewaris dari perusahaan besar.

Karena kejadian itu, Mi Young kemudian hamil dan menikah dengan Lee Gun. Meski awalnya menolak dan syok, Lee Gun lama-kelamaan bisa berubah menjadi sosok yang hangat dan perhatian pada Mi Young dan calon bayi mereka. 

Drama Fated to Love You sendiri dibintangi oleh nama-nama besar, seperti Jang Hyuk, Jang Nara, Choi Jin Hyuk, dan Wang Ji Won. 

3. Descendants of the Sun (2016)

https://www.youtube.com/embed/N09SIU1SUJI

Di dunia nyata, dua pemain utama Descendants of the Sun ternyata berjodoh dan telah menikah pada 2017 lalu. Dalam dramanya pun begitu, karakter Dokter Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) dan Kapten Yoo Shi Jin (Song Joong Ki) memang ditakdirkan berjodoh.

Buktinya, meski keduanya telah memutuskan berpisah, takdir membawa mereka untuk bertemu kembali saat Dokter Kang dan timnya dikirim sebagai tim medis ke Uruk di mana Kapten Yoo dan timnya menjadi salah satu pasukan perdamaian di sana. 

Baca Juga: Single Dad, 4 Drama Korea Ini Buktikan Ayah Adalah Seorang Pahlawan

4. Goblin (2017)

https://www.youtube.com/embed/UqwrhhEPxEc

Setelah dibunuh secara tidak adil, Jenderal Kim Shin kemudian berubah menjadi Goblin yang dianugerahi hidup abadi. Namun, Kim Shin merasa kesepian sebab meski dia mendapat hidup yang kekal, dia harus melihat orang-orang yang dikenal dan disayanginya satu per satu pergi meninggalkannya. 

Untuk menghilangkan "kutukannya" itu, Kim Shin harus menemukan pengantinnya dari golongan manusia, yang bisa melihat dan mencabut pedang di dadanya. Selama 900 tahun, Kim Shin menunggu dengan sabar sampai suatu hari dia bertemu dengan Eun Tak, gadis SMA yang bisa melihat arwah dan malaikat maut.

Eun Tak mendapat kemampuan tersebut karena sebetulnya ia ditakdirkan meninggal dalam kandungan, namun Kim Shin melawan takdir setelah menyelamatkan Eun Tak dan ibunya. 

Drama Goblin ini sukses besar di pasaran dan dibintangi oleh sederet nama-nama besar aktor dan aktris Korea, seperti Gong Yoo, Kim Go Eun, Lee Dong Wook, Yoo In Na, dan Yook Sung Jae. 

5. Lovely Horribly (2018)

https://www.youtube.com/embed/Ao3yh6HumtI

Lovely Horribly bercerita tentang dua orang yang takdirnya saling terkait. Jika satu orang mendapat keberuntungan, maka orang yang lain akan mendapat kesialan dalam waktu bersamaan.

Selama bertahun-tahun, Yoo Philip mendapatkan semua keberuntungan. Dia menjadi aktor ternama, kaya, dan sukses. Sementara Oh Eul Soon sebaliknya. Dia mengalami kesialan bertubi-tubi tapi dia tumbuh menjadi perempuan tangguh dan tak mudah menyerah.

Selain fakta mengenai keberuntungan-kesialan yang mereka miliki, keduanya juga ditakdirkan untuk bertemu setiap 8 tahun sekali. Hingga suatu hari mereka bertemu setelah 8 tahun dan terlibat dalam satu proyek drama yang sama. Namun, kejadian misterius yang melibatkan hantu mulai muncul dalam hidup mereka.  

Drama yang tayang di stasiun tv KBS2 ini dibintangi oleh Park Si Hoo, Song Ji Hyo, Lee Gi Kwang, Hahm Eun Jung, dan Choi Yeo Jin. 

6. Twelve Nights (2018)

https://www.youtube.com/embed/XbjNElHcZhk

Twelve Nights menceritakan tentang Han Yoo Kyung (Han Seung Yeon) dan Cha Hyun Oh (Shin Hyun Soo) yang selalu bertemu dan menghabiskan total 12 malam selama 8 tahun ketika mereka mengunjungi Seoul.

Keduanya pertama kali bertemu tahun 2010 saat Yoo Kyung melarikan diri setelah lamarannya untuk menjadi fotografer ditolak dan Hyun Oh melakukan perjalanan impulsif ke Seoul untuk menjadi penari setelah meninggalkan pekerjaannya di Jepang. 

Berkali-kali bertemu secara tak sengaja, Yoo Kyung dan Hyun Oh saling tertarik. Namun keduanya harus berpisah setelah 4 hari dan kembali ke negara masing-masing. Lima tahun kemudian, keduanya bertemu kembali dan masih menyisakan perasaan cinta di hati masing-masing. Begitu pula tiga tahun kemudian. Tanpa dinyana mereka tetap bertemu kembali.

7. Encounter (2018)

https://www.youtube.com/embed/C2XKq91czn0

Seperti judulnya, Encounter bercerita tentang Cha Soo Hyun dan Kim Jin Hyuk yang tak sengaja bertemu saat keduanya di Havana, Kuba.

Soo Hyun merupakan anak politikus terkenal, pemilik hotel bintang lima, dan mantan istri dari pewaris konglomerasi yang kaya raya. Sementara itu, Jin Hyuk adalah pemuda biasa yang membawa keceriaan dan kebahagiaan pada Soo Hyun yang selama ini hidup seperti "Putri Es". 

Setelah menghabiskan waktu bersama di Havana, Soo Hyun dan Jin Hyuk bertemu kembali di Seoul setelah Jin Hyuk diterima kerja di hotel milik Soo Hyun. 

Dibintangi oleh Song Hye Kyo dan Park Bo Gum, dilengkapi dengan jalinan cerita yang romantis nan manis, membuat Encounter menjadi salah satu drama dengan rating tertinggi tahun lalu dan tetap berlanjut hingga saat ini mengingat dramanya masih ongoing

Nah, itulah ketujuh drama korea yang menceritakan bahwa jodoh itu takkan ke mana. Dari daftar di atas, favoritmu yang mana nih?

Baca Juga: Jong Suk Hingga Dong Wook, 10 Drama Korea Wajib Tonton Januari 2019

S. M. Fatimah Photo Community Writer S. M. Fatimah

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You