Comscore Tracker

5 Cara Terbebas dari Trauma Toxic Relationship, Dijamin Jitu!

Bye toxic, bye trauma!

Namanya juga toxic, pasti gak baik untuk selalu diingat. Hubungan toxic kerap kali membuat beberapa orang masih merasakan trauma tersendiri. Nyatanya, kebanyakan dari kita memang masih butuh waktu dan penyesuaian untuk menghilangkan trauma tersebut.

Eits, jangan khawatir dulu guys! Setiap masalah pasti punya penyelesaian. Begitu juga dengan masalah ini. Ternyata ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar terbebas dari trauma toxic ini lho. Langsung saja yuk, simak kelima cara berikut. 

1. Bangun komunikasi yang baik dengan orang terdekat

5 Cara Terbebas dari Trauma Toxic Relationship, Dijamin Jitu!pexels.com

Saat mengalami suatu trauma, membangun komunikasi dengan orang-orang terdekat adalah suatu pilihan yang tepat. Berada di sekitar mereka bisa membangun energi positif pada diri kita.

Selain itu, support dan kasih sayang dari mereka secara gak langsung akan membuatmu perlahan melupakan kejadian masa kelam. Cepat atau lambat, kamu pun akan bangkit dengan semangat baru.

2. Ikuti kegiatan yang positif

5 Cara Terbebas dari Trauma Toxic Relationship, Dijamin Jitu!pexel.com

Mengikuti seluruh kegiatan yang positif ternyata bisa melupakan rasa trauma secara perlahan. Mengisi hari-harimu dengan hobi misalnya. Kegiatan ini bisa menyuntik energi positif yang ada pada dirimu lho. 

3. Ubah mindset dalam diri

5 Cara Terbebas dari Trauma Toxic Relationship, Dijamin Jitu!pexels.com

Meskipun kamu sering mendapatkan perilaku yang kurang mengenakkan dari pasangan terdahulu, jangan sampai kamu menyamakan dengan yang lain ya. Coba ubah mindset kamu secara perlahan. Yakinlah bahwa suatu saat nanti pasti ada seseorang terbaik yang akan datang di hidupmu. Tapi jangan lupa untuk tetap waspada ya!

Baca Juga: 6 Sikap Bijak untuk Menolong Teman dari Toxic Relationship

4. Jangan terlalu lama menyendiri!

5 Cara Terbebas dari Trauma Toxic Relationship, Dijamin Jitu!pexel.com

Kebanyakan dari kita, pasti memilih untuk terlalu lama menyendiri ketika mengalami trauma. Tanpa disadari, inilah yang akan membuatmu sulit terlepas dari trauma dan permasalahan tersebut. 

Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah bangun relasi dan berkumpul dengan orang-orang yang kiranya membawa hawa positif. Di sinilah kamu akan bertukar pikiran yang bisa membuatmu lebih mantap dalam menjalani hidup.

5. Rilekskan pikiran ketika mulai worry

5 Cara Terbebas dari Trauma Toxic Relationship, Dijamin Jitu!pexels.com

Sangatlah wajar bila kamu masih suka merasa worry dan bingung sendiri. Terlebih masa lalu suram yang kerap kali menghantui. Nah, kalau kamu mengalami situasi seperti ini, lakukan meditasi diri untuk membantumu merilekskan pikiran dan hati. 

Lakukan di tempat yang sepi lalu atur pernapasanmu dengan baik. Dengan begini, pikiran rumit dan worry yang ada di otakmu akan perlahan menghilang. 

Dengan menerapkan langkah-langkah jitu tersebut, perlahan kamu pasti bisa melewati masa traumamu. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Mempertahankan Hubungan yang Toxic Justru Menyedihkan

Seprila Mayang Photo Writer Seprila Mayang

Learning with the countless time

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya