Comscore Tracker

7 Cara Membangun dan Mempertahankan Kepercayaan dalam Suatu Hubungan

Mempertahankan kepercayaan itu tidak mudah lho

Kepercayaan adalah salah satu elemen terpenting dalam suatu hubungan, untuk mendapatkan sebuah kepercayaan kita perlu untuk berkata dan berperilaku sejujur-jujurnya kepada siapapun yang ingin kita dapatkan kepercayaannya. Apalagi dalam menjalin sebuah hubungan, jika kamu bersikap tulus dan jujur kepada pasangan maka kamu pasti akan mendapatkan kepercayaan dari pasanganmu.

Begitu pula sebaliknya, dalam mempertahankan sebuah hubungan diperuntukan untuk saling percaya dan yakin satu sama lain. Wajar terkadang masalah datan silih berganti menerpa hubunganmu, namun jika kalian dapat percaya dan yakin satu sama lain, semua akan terlampaui sebesar apapun badai yang datang. Nah, berikut in beberapa tips untuk membangun dan mempertahankan kepercayaan dalam suatu hubungan. Yuk disimak...

1. Percaya pada diri sendiri

7 Cara Membangun dan Mempertahankan Kepercayaan dalam Suatu HubunganUnsplash.com/priscilladupreez

Hal pertama yang penting kamu lakukan untuk mempertahankan kepercayaan dalam hubunganmu adalah percaya dengan diri sendiri, percaya dengan diri sendiri disini maksudnya adalah kamu harus percaya dengan kelebihan yang kamu punya sebagai pasangan, kamu harus memantapkan diri sebagai seorang yang cocok untuk pasanganmu agar terhindar dari yang namanya sifat merasa kurang dan tidak bisa menjadi yang terbaik. Bagaimana hubunganmu bisa dipertahankan kalau kamupun tidak percaya kepada diri sendiri.

2. Percayalah pada cinta dari pasanganmu

7 Cara Membangun dan Mempertahankan Kepercayaan dalam Suatu HubunganUnsplash.com/priscilladupreez

Kamu harus percaya kepada pasanganmu, percaya dengan ketulusannya mau bersanding denganmu, percaya pada setiap perhatian dan pengertian yang ia berikan kepadamu. Begitu pula dengan dirimu, berilah cinta yang layak untuk pasanganmu agar kalian sama-sama bisa merasakan ketulusan satu sama lain.

3. Bersikap jujur dan terbuka

7 Cara Membangun dan Mempertahankan Kepercayaan dalam Suatu HubunganUnsplash.com/shelbymary_

Bersikap jujur dan terbuka yang dimaksud adalah, kamu dan pasangan perlu berkomunikasi secara jujur dan tidak ada yang disembunyikan apalagi yang berkaitan dengan hubungan kalian. Misalnya salah satu diantara kamu dan pasangan sedang menghadapi masalah diluar hubungan kalian, maka bercerita kepada pasangan bukanlah hal yang buruk untuk ditempuh, karena dengan ini kamu suah mendapatkan point plus ketika kamu sudah mau jujur dengan perasaanmu dan masalah yang sedang kamu hadapi.

Baca Juga: Awas Bahaya, 5 Tindakan Ini Menandakan Kamu Tak Percaya pada Pasangan

4. Bicara tentang hal-hal yang penting

7 Cara Membangun dan Mempertahankan Kepercayaan dalam Suatu HubunganUnsplash.com/priscilladupreez

Membicarakan hal-hal penting seperti mengungkapkan apa saja yang kamu sukai dan tidak sukai selama menjalin hubungan, kalian perlu membicaraka hal-hal seperti ini untuk mengevaluasi diri bagaimana agar menjadi sosok yang lebih baik bukan hanya untuk diri sendiri tetapi juga terhadap pasanganmu.

5. Mengatasi masalah hubungan bersama

7 Cara Membangun dan Mempertahankan Kepercayaan dalam Suatu HubunganUnsplash.com/priscilladupreez

Bukan hal yang tidak mungkin bagi kalian yang sedang membina hubungan tidak disertaan dengan beberapa problem yang sulit dipecahkan, kamu perlu melaluinya bersama sebagai proses belajar memahami dan mengerti satu sama lain untuk menuju ke hubungan yang lebih baik lagi tentunya. Saling percaya satu sama lain untuk menyelesaikan masalah dalam hubungan adalah solusi yang baik.

6. Jangan pernah berbohong tidak peduli seberapa menyakitkannya kebenaran

7 Cara Membangun dan Mempertahankan Kepercayaan dalam Suatu HubunganUnsplash.com/priscilladupreez

Berbohong adalah salah satu sikap yang sangat tidak bisa ditolerin oleh beberapa orang, termasuk kamu dan pasangan tentunya. Utarakanlah segala sesuatu yang benar adanya tanpa menyembunyikan atau melakukan kebohongan sekalipun kebenaran itu pahit adanya.

7. Menjadikan pasangan sebagai sahabat

7 Cara Membangun dan Mempertahankan Kepercayaan dalam Suatu HubunganUnsplash.com/evertonvila

Kamu harus belajar memercayai pasangan bukan hanya sebagai pasangan dalam suatu hubungan, bukan hanya sebagai kekasih dalam ikatan romantis, tetapi sebagai teman yang dapat kamu jadikan teman hidup untuk bersama-sama melewati pasang surut kehidupan.

Selain komitmen dan cinta, kepercayaan adalah hal yang penting untuk dipelihara dan dipertahankan dalam suatu hubungan agar hubungan tersebut tetap berlangsung baik adanya, nah itulah beberapa tipc dan cara efektif utnuk membangun dan mempertahankan kepercayaan dalam hubungan.

Baca Juga: 5 Cara Yakinkan Diri untuk Memaafkan Kesalahan Orang & Kembali Percaya

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

Semua berawal dari tulisan kecil || Ig: Shasya Khairana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya