Comscore Tracker

8 Cara Atasi Pasangan Overprotektif, Hentikan Dia Mengatur Hidupmu!

Dia yang mengatasnamakan cinta atas sikap overprotektifnya

Dalam hubungan asmara, agar hubungan tersebut selalu harmonis dan hangat, pasanganmu akan menunjukkan rasa sayang dan cintanya kepadamu. Namun bagaimana jika semua hal tersebut dibarengi dengan sikap overprotektifnya. Misalnya dia memang perhatian kepadamu dengan mengantar jemputmu, namun nyatanya kamu tidak boleh ke mana-mana tanpa dirinya, kamu harus pergi dengannya. 

Nah, jika hal itu terjadi padamu, kamu bisa mengatasinya dengan cara yang cerdas agar pasanganmu tidak semakin menjadi-jadi dalam memperlakukanmu akibat sikap overprotektifnya tersebut. Yaitu dengan delapan cara ini. 

1. Jangan diam saat dia mengintimidasimu, beranikan diri untuk adu argumentasi

8 Cara Atasi Pasangan Overprotektif, Hentikan Dia Mengatur Hidupmu!ilustrasi adu argumentasi (pexels.com/Alex Green)

Intimidasi yang biasanya dilakukan pasangan overprotektif adalah menanyakan dengan detail mengenai apa saja yang kamu lakukan, dengan siapa kamu melakukannya, di mana kamu melakukannya hingga memintamu mengirimkan fotomu sebagai buktinya. Hal tersebut dia tanyakan saat kamu sedang tidak bersama dengannya, jadi dia mau tahu segala hal yang kamu lakukan. Yang lebih parah lagi, dia bisa mengecek keberadaanmu untuk memastikan apa yang kamu katakan itu benar atau tidak. Kamu jadi sibuk membalas pesannya dan mengangkat teleponnya hingga kamu menjadi tidak fokus akan kegiatan yang sedang kamu lakukan. 

Tentunya memiliki pasangan yang selalu mengintimidasi terasa sangat tidak menyenangkan dan bisa mengganggu kenyamananmu saat kamu ingin me time. Oleh karena itu, jangan menerima begitu saja saat dia mengintimidasimu. Beranilah dalam berargumen agar dia ke depannya berpikir ulang saat mengintimidasimu, karena kamu yang berani menghadapinya. Jika kamu diam terus saat dia melakukannya, maka dia tidak akan pernah berubah, malah semakin menjadi-jadi dalam mengintimidasimu. 

2. Jangan mengundang kecurigaannya dengan bersikap terlalu hati-hati saat bersamanya

8 Cara Atasi Pasangan Overprotektif, Hentikan Dia Mengatur Hidupmu!ilustrasi pasangan curiga (pexels.com/Budgeron Bach)

Pasangan overprotektif memiliki sensitivitas yang tinggi. Dia akan tahu perubahan sekecil apa pun yang terjadi padamu, karena dia selalu memperhatikanmu. Dia bahkan bisa membandingkan dengan detail perubahan sikapmu yang sekarang dengan yang sebelumnya. Misalnya saat bersamanya, ada telepon masuk dan kamu mengangkatnya dengan menjauhinya. Hal tersebut bisa menimbulkan kecurigaan baginya, jika sebelumnya kamu tidak pernah melakukannya. 

Mungkin kamu melakukannya karena malas pasanganmu akan banyak bertanya jika kamu mengangkat telepon saat bersama dengannya. Namun jika kamu menjauh darinya malah akan menimbulkan rasa kecurigaan yang besar darinya. Yang ada dia akan semakin kepo dan diam-diam bisa menguping pembicaraanmu dari belakang. Jadi, tetaplah bersikap seperti biasanya, kamu tidak perlu mengubah sikapmu. Tidak perlu mengundang kecurigaannya dengan bersikap terlalu hati-hati saat sedang bersama dengannya. Hadapi saja dirinya walau dengan banyak pertanyaan yang disampaikannya. 

3. Tetapkan batasan privasi sejak dini dan berikan ultimatum saat dia melewati batasnya

8 Cara Atasi Pasangan Overprotektif, Hentikan Dia Mengatur Hidupmu!ilustrasi memberi ultimatum (pexels.com/Budgeron Bach)

Jika pasanganmu suka mencari celah untuk diam-diam mengecek HP-mu, maka tetapkan batasan privasi padanya sejak awal. Katakan bahwa kamu tidak menyukai hal tersebut. Tekankan bahwa dia bisa bertanya jika ada yang membuatnya ingin mengetahui sesuatu, jangan diam-diam mengecek apa yang seharusnya menjadi privasimu. Apalagi saat dia sudah mengecek HP-mu, dia mempermasalahkan banyak hal di dalamnya karena telah memeriksa panggilan telepon dan pesan yang masuk untuk mengetahui dengan siapa kamu berkomunikasi, kapan saja hal tersebut terjadi dan berapa lama kamu melakukannya.

Berikan ultimatum kepada pasanganmu bahwa kamu juga memiliki privasi yang harus kamu jaga. Jika pasanganmu mengulanginya maka kamu bisa memberikannya hukuman, misalnya tidak membalas chat-nya, tidak mengangkat teleponnya atau tidak mau bertemu dulu dengannya selama beberapa hari agar dia bisa interopeksi diri. Jika perlu, pasanglah kunci di HP-mu agar pasanganmu tidak sembarangan mengobrak-abrik privasimu. Katakanlah dengan lembut pada pasanganmu bahwa dalam sebuah hubungan diperlukan kepercayaan di dalamnya. 

4. Walau dia pasanganmu, kamu tidak perlu mengikuti semua aturannya, apalagi yang membuatmu tidak nyaman

8 Cara Atasi Pasangan Overprotektif, Hentikan Dia Mengatur Hidupmu!ilustrasi menolak aturannya (pexels.com/RODNAE Productions)

Saat pasanganmu mengingatkanmu untuk hal-hal yang baik dan positif, maka kamu bisa mengikutinya. Karena hal tersebut memang baik untukmu dan sebagai pasangan dia memberitahumu karena peduli padamu. Namun jika dia mengomentari dan membuat aturan yang sebenarnya adalah hal yang sepele, wajar dan sesuai seleramu, maka kamu tidak perlu mengikutinya. Apalagi jika apa yang dia minta kamu lakukan membuatmu merasa tidak nyaman. 

Ingatlah walau dia pasanganmu, dia tidak berhak mengatur hidupmu sampai ke hal-hal yang terkecil. Misalnya dia berkomentar mengenai pakaianmu yang menurutnya tidak cocok denganmu baik dari model maupun warnanya atau dia berpikir kamu tidak perlu terlihat mencolok dengan menambahkan aksesori dalam penampilanmu. Intinya dia tidak mau kamu terlihat menarik di mata lawan jenis lainnya sehingga dia ingin kamu berpenampilan sesuai kehendaknya. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Berhenti untuk Overprotektif dalam Hubungan, Perhatikan!

5. Ingatkan pasanganmu untuk bisa menjaga sikapnya saat ikut bersamamu ke suatu acara

8 Cara Atasi Pasangan Overprotektif, Hentikan Dia Mengatur Hidupmu!ilustrasi bicara sama pasangan (pexels.com/Vlada Karpovich)

Pasangan overprotektif paling tidak suka saat kamu berkumpul dengan teman-teman yang berbeda lawan jenis. Dia akan bereaksi berlebihan saat kamu sedang bercanda dan asyik berbicara dengan mereka. Dia bahkan tidak dapat mengendalikan dirinya dan kecemburuannya. Maka sudah dapat dipastikan bahwa dia membuat situasi yang tidak nyaman, misalnya seperti marah atau berkata kasar kepada temanmu hingga menarikmu keluar dari percakapan dan perkumpulan tersebut. 

Jika sudah seperti itu, maka akan merusak pertemananmu atau membuat temanmu berpikir yang tidak-tidak mengenai pasanganmu. Oleh karena itu, agar hal tersebut tidak terus terulang dan terjadi lagi, kamu perlu mengingatkan pasanganmu untuk bisa menjaga sikapnya saat ikut bersamamu ke suatu acara yang bertemu dengan banyak orang, terutama lawan jenis. Jika dia tidak bisa melakukannya maka pergilah tanpa pasanganmu, biarkan dia tahu bahwa kamu bisa pergi sendiri tanpanya. Hal tersebut perlu kamu lakukan untuk mengubah sikap overprotektifnya. 

6. Jangan pernah merasa rendah diri saat pasanganmu bersikap paling benar

8 Cara Atasi Pasangan Overprotektif, Hentikan Dia Mengatur Hidupmu!ilustrasi merasa rendah diri (pexels.com/Timur Weber)

Saat pasanganmu menunjukkan sikap overprotektifnya, kamu jangan merasa rendah diri. Karena hal tersebutlah yang dia inginkan. Menurutnya bahwa dialah yang paling benar, bahkan dalam segala hal yang dia pikirkan. Sehingga dia akan membuatmu merasa inferior atau rendah diri karena berpikir kamu salah dan dia yang benar. 

Jangan pernah berpikir seperti itu, karena bagi pasangan yang overprotektif, apa pun yang kamu lakukan akan selalu salah di matanya, hanya dialah yang benar. Dia berniat menempatkanmu dalam posisi dan keadaan yang salah. Dengan membuatmu memiliki pola pikir yang dia tanamkan, maka semakin menguatkan eksistensinya yang overprotektif dalam kehidupanmu. Jadi, hentikan perasaan rendah dirimu, jangan sampai kamu menjadi seperti apa yang dia mau. 

7. Dahulukan dirimu lebih dulu, jangan menurutinya untuk menjadikannya yang utama di hidupmu

8 Cara Atasi Pasangan Overprotektif, Hentikan Dia Mengatur Hidupmu!ilustrasi adu argumentasi (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Ingatlah bahwa kamu punya tujuan, impian dan cita-cita yang perlu kamu raih di dalam hidupmu. Jika dia mencintaimu, maka seharusnya dia memberikanmu semangat dan mendukungmu untuk bisa menggapainya. Bukan malah memintamu untuk lebih memprioritaskannya sebagai yang utama di dalam hidupmu. Oleh karena itu, prioritaskan hal yang terpenting di dalam hidupmu, karena kamu tidak ada kewajiban untuk menuruti semua yang dia minta. 

Apalagi jika sikap overprotektifnya dibarengi dengan perilaku kasar. Misalnya dia meminta perhatian penuh darimu, namun karena kamu juga memiliki kesibukan sehingga kamu tidak bisa selalu memperhatikannya setiap saat. Hal tersebut membuatnya marah-marah dan tidak peduli kesibukanmu, dia ingin kamu menjadikannya yang utama di atas segalanya. Jadi, berhentilah untuk selalu mencoba mengerti dirinya, jika dia saja tidak melakukan hal yang sama kepadamu.

8. Hadapi dengan tenang dan bijak sikap cemburu dan sensitifnya yang berlebihan

8 Cara Atasi Pasangan Overprotektif, Hentikan Dia Mengatur Hidupmu!ilustrasi hadapi dengan tenang (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Cemburu kepada pasangan adalah hal yang wajar terjadi, namun jika cemburu yang dilakukan sudah sangat berlebihan dan melewati batas, maka tentunya akan meresahkan. Misalnya dia tidak suka kamu berinteraksi dengan lawan jenis lainnya, padahal orang tersebut adalah sahabatmu atau orang asing yang tidak sengaja bertanya jalan padamu. Sifat sensitifnya membuatnya berpikir bahwa kamu tidak membutuhkan lawan jenis lain selain dirinya. Atau dia terus menanyakan cintamu kepadanya, sehingga dia butuh pengakuanmu untuk selalu mengatakan betapa kamu mencintainya.

Jika kamu tidak meresponsnya, sifat sensitifnya akan menggiringnya berpikir bahwa kamu tidak mencintainya. Jangan mendiamkannya atau emosi saat menghadapi pasangan overprotektif yang sedang butuh pengakuan. Hadapilah dengan tenang dan bijak, berikanlah dia pengertian. Katakanlah bahwa kamu mencintainya dan dia harus bisa melihat cinta itu dari sikapmu kepadanya. Yakinkan dia bahwa dibutuhkan rasa percaya satu sama lain untuk dapat menciptakan hubungan yang berhasil, bukan dengan terus-menerus memberikan pengakuan. 

Memang tidak mudah mengatasi sikap overprotektif pasangan, karena jika kamu tidak pandai dalam mengatasinya, dia akan mengatur dirimu bahkan hidupmu. Jadi, jika kamu masih ingin menjaga hubungan asmaramu dengannya, kamu harus bisa mengatasi sikap overprotektifnya tersebut agar tidak semakin bertambah parah. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan delapan cara di atas. 

Baca Juga: Sikapnya Bikin Gak Nyaman, 6 Tanda Pasanganmu Overprotektif

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya