Comscore Tracker

7 Cara Hilangkan Insecure pada Pasangan, Hentikan Cemburu Berlebih!

Ciptakan kenyamanan diri sendiri tanpa bergantung pasangan

Tanda kamu memiliki rasa insecure dalam hubungan percintaan adalah selalu merasa cemas, merasa gak aman, mengalami ketakutan akan penolakan, hingga rasa cemburu yang kelewat batas terhadap pasangan. Bahkan kamu merasa memiliki keterikatan yang dalam dengan pasangan, sehingga kamu berpikir untuk selalu bersamanya demi mendapatkan kenyamanan. Kamu akan terus meminta kepastian dari pasangan dengan memintanya untuk selalu meyakinkanmu bahwa hanya kamulah cintanya.

Nah, apakah kamu mengalami hal yang sama? Jika iya, cobalah hilangkan rasa insecure tersebut karena tidak baik untuk dirimu sendiri maupun untuk hubunganmu ke depannya. Seberapa tahankah pasanganmu untuk terus menghadapi perilakumu akibat rasa insecure?

Kalau kamu tidak ingin kehilangan pasangan, lebih baik ubah sikapmu agar tidak lagi mengalami insecure di dalam hubungan asmara yang sedang dijalani. Untuk itu, cobalah lakukan beberapa tips berikut untuk menghilangkan insecure.

1. Belajarlah untuk mandiri dan menghilangkan kebiasaan terlalu bergantung pada pasangan

7 Cara Hilangkan Insecure pada Pasangan, Hentikan Cemburu Berlebih!ilustrasi mandiri (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Rasa insecure dalam hubungan percintaan membuatmu selalu bergantung kepada pasangan demi mendapatkan rasa nyaman. Kamu selalu memintanya melakukan banyak hal, dimulai dari hal-hal yang sederhana hingga kompleks. Padahal sesungguhnya kamu hanya ingin bersama dengannya.

Dengan dia melakukan semua yang kamu inginkan, justru akan membuatmu berpikir bahwa dia tidak bisa tanpamu. Faktanya, kebersamaan yang sering terjadi di antara kalian karena kebanyakan atas pemintaanmu. Pemikiran seperti itu muncul hanya untuk memenuhi kepuasan akibat rasa insecure yang kamu miliki.

Oleh karena itu, cobalah untuk mandiri dan belajar mengurangi ketergantunganmu terhadap pasangan. Kamu bisa mencoba melakukan semuanya sendiri, mulailah dari hal-hal yang terkecil. Cobalah untuk menyelesaikan semua hal sendiri di dalam hidupmu, kecuali setelah kamu mencobanya dan tetap tidak bisa, barulah kamu meminta bantuan pada pasangan.

2. Ciptakan rasa nyaman dari dalam dirimu sendiri, jangan selalu mencari kenyamanan dari pasangan

7 Cara Hilangkan Insecure pada Pasangan, Hentikan Cemburu Berlebih!ilustrasi ciptakan kenyamanan (pexels.com/Olga Lioncat)

Sebenarnya tidak masalah jika kamu menginginkan kenyamanan dari pasangan, namun yang menjadi masalah adalah saat kamu seolah berpikir bahwa kamu hanya bisa merasakan kenyamanan saat bersama dengannya. Padahal kamu bisa menciptakan kenyamanan itu sendiri, hanya saja kamu menolaknya akibat rasa insecure sehingga mengalihkannya kepada pasanganmu.

Tahukah kamu? Perasaan bergantung kepada pasangan juga tidak baik untukmu. Hal ini akan membuatmu seolah tidak bisa tanpanya. Sedangkan ini adalah hidupmu sendiri. Seharusnya kamulah yang mengatur hidupmu tanpa harus mengandalkan orang lain di dalamnya, sekalipun itu pasanganmu sendiri.

Oleh karena, cobalah gali dalam dirimu kira-kira apa yang bisa membuatmu bisa menciptakan kenyamanan untuk dirimu sendiri. Misalnya seperti melakukan kegiatan yang kamu sukai atau menentukan impian dan berusaha mengejarnya.

3. Alihkan pikiranmu ke hal yang lain agar tidak selalu berpikir untuk menghubungi pasangan

7 Cara Hilangkan Insecure pada Pasangan, Hentikan Cemburu Berlebih!ilustrasi memasak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rasa insecure dalam hubungan percintaan membuatmu merasa tidak nyaman saat berjauhan dengan pasangan. Momen ini lah yang menyebabkan kamu selalu berusaha memikirkan alasan agar bisa bertemu dengannya. Di mulai dari selalu mengirimkan chat hingga meneleponnya berkali-kali.

Rasa kesal dan marah akan menghantui saat dia lama memberikan respon sehingga akhirnya kamu malah berpikir yang tidak-tidak akibat insecure-mu tersebut. Daripada begitu, coba alihkan pikiranmu dari pasangan. Lakukan hal-hal yang bisa membuatmu sejenak melupakan pasangan.

Berikan dia waktu untuk menikmati waktunya sendiri. Dia tidak bisa selalu bersama denganmu, berikan dia napas untuk bisa me time di tengah padatnya kesibukan. Jadilah pasangan yang pengertian dengan menghargai waktunya untuk dirinya sendiri. Kemudian ciptakanlah kesibukan untuk dirimu sendiri, misalnya dengan melakukan hobimu seperti memasak. Jangan selalu mencari pasangan, karena jika dia mencintaimu, dia akan datang tanpa kamu yang selalu memintanya.

Baca Juga: 5 Penyebab Insecure dalam Hubungan Asmara yang Paling Sering Dijumpai 

4. Kurangi kontak fisik yang berlebihan dengan pasangan saat berada di depan umum

7 Cara Hilangkan Insecure pada Pasangan, Hentikan Cemburu Berlebih!ilustrasi kontak fisik (pexels.com/João Rabelo)

Untuk dapat menghilangkan rasa insecure dalam hubungan percintaan, cobalah untuk mengurangi kontak fisik yang berlebihan dengan pasangan. Bukan berarti kamu dilarang untuk melakukan kontak fisik. Hanya saja cobalah mengurangi kontak fisik yang terlalu berlebihan, terutama saat berada di depan umum.

Rasa insecure dalam hubungan percintaan membuatmu ingin menunjukkan kepada orang lain bahwa pasanganmu adalah milikmu seutuhnya, tidak ada yang boleh mendekatinya sehingga kamu selalu melakukan kontak fisik berlebihan di depan umum. Coba bayangkan saat kamu menjadi orang lain di jalan, kemudian kamu melihat pasangan yang sedang melakukan kontak fisik berlebihan di depan umum.

Bukankah hal itu justru akan menimbulkan rasa risih dan tidak nyaman? Nah, itulah yang dirasakan oleh orang lain saat melihatmu. Ada etika yang harus kamu perhatikan, terutama saat berada di tempat umum. Selain itu, jangan juga berlebihan melakukan kontak fisik di depan keluarga besarmu atau keluarga besarnya. Jangan membuat mereka hilang respek kepadamu karena tidak bisa menjaga kesopanan di depan keluarga.

5. Tingkatkan rasa percaya dirimu

7 Cara Hilangkan Insecure pada Pasangan, Hentikan Cemburu Berlebih!ilustrasi percaya diri (pexels.com/Moose Photos)

Rasa insecure muncul karena kamu tidak yakin pada dirimu sendiri, sehingga kamu selalu berusaha menyenangkan pasanganmu agar dia tidak berpaling darimu. Jadi sebenarnya pasanganmu bersama denganmu karena rasa cinta atau karena kamu yang menginginkannya? Jika kamu tidak ingin kebersamaan kalian karena kamu yang memintanya, maka tingkatkanlah rasa percaya dirimu bahwa dia juga tidak bisa tanpamu.

Galilah kelebihan-kelebihan yang kamu miliki, sehingga kamu bisa menghilangkan perasaan berlebihan karena takut akan penolakan hingga perpisahan dengan pasangan. Jika tidak ada masalah yang terjadi di dalam hubungan, tentu tidak mungkin kamu dan pasangan akan berpisah begitu saja. Hentikan pikiran bahwa kamu akan ditinggalkan oleh pasanganmu. Jika dia mencintaimu, maka tidak semudah itu pula dia akan meminta pisah darimu.

6. Hentikan perilaku yang sengaja membuat pasangan cemburu

7 Cara Hilangkan Insecure pada Pasangan, Hentikan Cemburu Berlebih!ilustrasi membuat pasangan cemburu (pexels.com/Keira Burton)

Orang yang insecure dalam percintaan akan merasa senang dan puas saat pasangannya merasa cemburu terhadap dirinya. Karena dia berpikir bahwa itu menandakan bahwa pasangannya sangat mencintainya. Padahal kamu tidak perlu melakukan hal tersebut hanya untuk menguji rasa cintanya. Apalagi sampai sengaja melakukan perilaku yang membuat pasangan merasa cemburu.

Misalnya dengan sengaja mengirimkan bunga, barang atau kue untuk dirimu sendiri seolah itu dari pengagum rahasiamu saat pasangan sedang bersamamu. Atau berbicara dengan lawan jenis lain di depan pasangan agar dia cemburu. Daripada melakukan hal tersebut, lebih baik kamu membangun hubungan emosional yang lebih kuat dengan pasanganmu.

Langkah ini justru lebih baik karena akan tercipta hubungan yang aman dan saling percaya satu sama lain. Hentikan keinginan membuatnya cemburu hanya untuk memuaskan rasa insecure yang kamu miliki.

7. Belajarlah untuk bisa menempatkan emosi dengan baik pada situasi dan kondisi yang tepat

7 Cara Hilangkan Insecure pada Pasangan, Hentikan Cemburu Berlebih!ilustrasi mengendalikan emosi (pexels.com/cottonbro)

Jika rasa insecure membuatmu tidak bisa mengontrol emosi, terutama saat berhubungan dengan pasanganmu, cobalah untuk bisa mengendalikan emosi tersebut dengan baik. Kamu harus bisa membedakan kapan emosi tersebut dapat kamu keluarkan dan kapan harus kamu kendalikan agar tidak meledak. Oleh karena itu, kamu perlu belajar menempatkan emosimu dengan baik pada situasi dan kondisi yang tepat.

Misalnya saja, ketika kamu langsung cemburu saat melihat pasanganmu asyik sendiri bahkan terlihat tertawa bahagia saat sedang memegang ponselnya. Daripada langsung marah hingga menuduhnya, lebih baik tanyakan dulu apa yang membuatnya merasa senang? Belum tentu pasanganmu sedang asyik chat dengan lawan jenis lainnya. Jadi, cobalah berpikir secara rasional agar bisa meredam emosi yang berlebih akibat rasa insecure.

Rasa insecure bisa muncul karena rasa tidak percaya diri hingga pengalaman traumatis di masa lalu. Apapun penyebabnya, rasa insecure dalam hubungan asmara jangan kamu biarkan berlarut lama. Hal tersebut dapat membuatmu menjadi sulit percaya pada pasangan. Tentunya ini tidak akan baik dan bisa memberikan dampak buruk bagi hubunganmu dengannya. Hilangkanlah rasa insecure yang kamu miliki dengan tujuh cara di atas.

Baca Juga: 5 Harapan Gak Realistis dalam Hubungan Asmara, Buang Jauh-jauh! 

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya