Comscore Tracker

5 Penyebab Pasanganmu Tak Lagi Cemburu, Bukan Berarti Sudah Tak Cinta

Coba lihat sikapnya dari sisi yang positif

Rasa curiga tentu akan kamu rasakan saat pasanganmu kini tak lagi cemburu kepadamu. Sehingga kamu berpikir apakah dia sudah tak lagi mencintaimu? Atau dia sudah memiliki tambatan hati yang lain dan saat ini sedang menunggu momen putus denganmu?

Sebaiknya jangan berpikir terlalu jauh dulu, karena pasangan tak lagi cemburu gak selalu karena rasa cintanya padamu sudah hilang. Lima penyebab di bawah ini juga bisa jadi penyebab. Apa saja? 

1. Rasa percayanya padamu semakin tinggi

5 Penyebab Pasanganmu Tak Lagi Cemburu, Bukan Berarti Sudah Tak Cintailustrasi percaya pasangan (pexels.com/Tan Danh)

Jika dulu pasanganmu mudah sekali cemburu jika melihatmu berkomunikasi dan berinteraksi dengan lawan jenis lainnya, baik itu secara langsung maupun melalui media perantara seperti chat, telepon atau media sosial. Itu karena dia masih belum bisa mempercayaimu sepenuhnya. Namun, seiring berjalannya waktu dia akan melihat, merasakan dan memperhatikan perilakumu. 

Jika kamu selama ini tidak pernah bermain mata atau mendua di belakangnya, maka rasa kepercayaannya kepadamu juga akan semakin tinggi. Apalagi jika hubungan yang terjalin sudah lama dan kamu tidak pernah ada track record pernah berselingkuh darinya selama berhubungan dengannya, maka itu merupakan bukti baginya bahwa kamu termasuk tipe setia. Sehingga perubahan sikapnya yang tak lagi cemburu karena dia percaya kamu akan menjaga hatinya dengan baik. 

2. Memberikan dampak buruk yang tak baik kepada dirinya

5 Penyebab Pasanganmu Tak Lagi Cemburu, Bukan Berarti Sudah Tak Cintailustrasi mood menjadi buruk (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Tahukah kamu? Bahwa rasa cemburu dapat menguras tenaga, waktu dan pikiran secara berlebihan sehingga mudah membuat seseorang merasa lelah. Belum lagi akan mempengaruhi mood orang yang bersangkutan sehingga dia bisa gak fokus dan hilang konsentrasi saat sedang menjalankan aktivitasnya. Nah hal tersebut kemungkinan dirasakan oleh pasanganmu saat ini. 

Dia merasa bahwa rasa cemburu hanya akan memberikan dampak buruk yang tak baik kepada dirinya. Apalagi jika aktivitas yang dilakukannya merupakan kewajiban yang seharusnya dia lakukan dengan baik, namun pada akhirnya malah menjadi kacau dan berantakan. Sehingga dia memutuskan untuk berusaha agar tak lagi cemburu kepadamu demi kebaikan dirinya sendiri. 

Baca Juga: 5 Tips Mengubah Rasa Cemburu menjadi Motivasi Untukmu

3. Ingin menciptakan hubungan asmara yang lebih harmonis

5 Penyebab Pasanganmu Tak Lagi Cemburu, Bukan Berarti Sudah Tak Cintailustrasi pasangan harmonis (pexels.com/Anna Shvets)

Pasangan yang tak lagi cemburu juga dapat terjadi karena dia ingin menciptakan hubungan asmara yang lebih harmonis denganmu. Dia ingin hubungan yang ada jauh dari pertengkaran sehingga bisa selalu memberikan rasa bahagia saat menjalaninya. Mungkin dia merasa bahwa kamu dan dia mulai berjarak dan tak lagi mesra seperti saat awal menjalin hubungan. 

Hal tersebut dapat terjadi karena pasanganmu menyadari bahwa rasa cemburunya selama ini selalu menjadi akar masalah yang mendasar di dalam hubungan kalian. Karena pertengkaran yang terjadi selalu karena masalah yang sama, yaitu dia yang mudah cemburu kepadamu. Sehingga untuk bisa mencabut akar masalah yang ada, maka solusi yang tepat adalah merubah kebiasaan dan sikapnya yang mudah cemburu kepadamu tersebut. 

4. Rasa cintanya kepadamu semakin besar sehingga dia tak mau kehilanganmu

5 Penyebab Pasanganmu Tak Lagi Cemburu, Bukan Berarti Sudah Tak Cintailustrasi rasa cinta semakin besar (pexels.com/Ajay Donga)

Rasa pengertian pasangan akan semakin besar saat dia takut kehilanganmu, maka dia berusaha membuatmu merasa nyaman bersama dengannya agar kamu tak berpaling darinya. Maka itu pertanda bahwa rasa cintanya padamu semakin besar, sehingga dia berusaha memperbaiki kebiasaan buruknya yang mudah cemburu kepadamu. Dia berharap rasa cintamu kepadanya juga akan semakin besar ketika dia merubah kebiasaan buruknya tersebut. 

Maka perubahan sikap pasangan yang tak lagi cemburu padamu merupakan bentuk usahanya agar kamu tidak merasa capek menjalani hubungan asmara dengannya. Mungkin selama ini kamu selalu mengatakan kepadanya bahwa rasa cemburunya merupakan kebiasaan buruk yang tak baik dan membuatmu merasa lelah saat harus menghadapi sikapnya yang seperti itu. Nah, dari situlah dia belajar dan tahu hal-hal apa saja yang perlu dia rubah dan perbaiki. 

5. Ingin kamu mengambil tindakan yang sama seperti apa yang dilakukannya

5 Penyebab Pasanganmu Tak Lagi Cemburu, Bukan Berarti Sudah Tak Cintailustrasi pasangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Penyebab terakhir pasangan tak lagi cemburu karena dia ingin kamu melakukan apa yang seperti dia lakukan saat ini. Pasanganmu sepertinya merasa tak nyaman dengan sikap cemburu yang kamu lakukan. Dia merasa seolah kamu tidak percaya padanya dan terlalu berlebihan memberikan reaksi saat dia sedang bersama dengan lawan jenis lainnya. 

Padahal dia hanya sedang berkomunikasi dan berinteraksi dengaan temannya, tidak lebih dari itu. Sehingga akhirnya dia berkaca diri bahwa bisa saja sikap cemburumu yang berlebihan terjadi karena dia yang terlebih dulu bersikap seperti itu padamu. Maka dia ingin memperbaiki keadaan yang ada dengan merubah sikapnya tersebut, di mana dia berharap kamu juga akan mengambil tindakan yang sama sepertinya, yaitu tidak lagi cemburu berlebihan terhadapnya. 

Memiliki pasangan yang tak lagi cemburu sedangkan sebelumnya dia memiliki sikap gampang cemburu tentunya akan menjadi tanda tanya untukmu. Apalagi jika perubahamnya tersebut membuatmu merasa tak nyaman hingga akhirnya berpikir negatif bahwa pasanganmu mungkin saja sudah tak cinta padamu. Tapi sebenarnya lima penyebab di atas juga bisa menjadi alasan pasangamu tak lagi cemburu. Stop negative thinking ya!

Baca Juga: 5 Cara Mengurangi Rasa Cemburu Berlebihan, Jangan Terbawa Emosi!

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya