Comscore Tracker

5 Tips Mengubah Rasa Cemburu menjadi Motivasi Untukmu

Kamu pasti bisa sukses juga dengan caramu sendiri

Pernahkah merasa cemburu atas kesuksesan orang lain? Kecemburuan seseorang ada dua hal. Pertama, sifatnya positif dan kedua negatif. Cemburu juga perasaan yang wajar, asalkan kamu bisa mengupayakannya menjadi baik, maka itu tak akan merugikan.

Untukmu yang sedang dalam perasaan cemburu atas suksesnya orang lain. Cobalah terapkan beberapa tips berikut ini untuk mengubah rasa cemburu menjadi motivasi bagimu.

1. Ingat kembali bahwa dirimu punya kelebihan

5 Tips Mengubah Rasa Cemburu menjadi Motivasi Untukmuilustrasi laki-laki yang memiliki kesadaran atas kelebihan dan kekurangannya (pexels.com/fauxels)

Mengingat kelebihan diri tidaklah dilarang, ini merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Seseorang yang percaya diri, saat cemburu masuk di hati, dia tidak akan menjadi negatif.

Ingatlah lagi apa yang menjadi kelebihanmu. Yakinlah dengan hal tersebut, kamu mampu menggunakannya untuk mencapai tujuan di masa depan.

2. Tidak terus-menerus membandingkan diri dengan orang

5 Tips Mengubah Rasa Cemburu menjadi Motivasi Untukmuilustrasi membandingkan diri dengan orang lain (pexels.com/Royal Anwar)

Perasaan cemburu muncul karena ada penyebabnya yaitu, kebiasaanmu yang terus-menerus membandingkan diri dengan orang lain. Terlebih lagi perihal kesuksesan.

Setiap orang punya waktu yang berbeda, fokuslah saja pada sesuatu yang bisa kamu kerjakan, supaya hasilnya lebih optimal. Membanding-bandingkan hanya akan mengarahkan rasa cemburu ke perasaan yang lebih buruk.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Belum Mampu Mengelola Rasa Iri pada Orang Lain

3. Milikilah sudut pandang positif

5 Tips Mengubah Rasa Cemburu menjadi Motivasi Untukmuilustrasi orang memiliki sudut pandang positif (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Ketika cemburu menguasai hati, tetaplah bersudut pandang yang positif. Ini merupakan cara untuk menjaga perasaan, agar tidak semakin terpuruk, hingga membuatmu putus asa.

Berpandangan positif atas sesuatu yang kamu ketahui, perihal keberhasilan orang, maka akan membuatmu semakin bersemangat. Sehingga, perasaan cemburu tidak akan mengganggu produktivitasmu.

4. Temukan hal yang bisa kamu pelajari

5 Tips Mengubah Rasa Cemburu menjadi Motivasi Untukmuilustrasi orang merenung (pexels.com/cottonbro)

Daripada kamu cemburu atas keberhasilan orang lain yang lebih dulu. Lebih baik, temukan sesuatu yang bisa dijadikan ilmu untuk kamu pelajari. Dengan begitu, ini menjadi tambahan semangat untukmu.

Kamu bisa bertanya langsung padanya, atau mengamati kebiasaannya. Pasti ada hal-hal yang positif untukmu. Buatlah rasa cemburumu sebagai perasaan penasaran atas cara meraih kesuksesan.

5. Ikutlah berbahagia atas suksesnya

5 Tips Mengubah Rasa Cemburu menjadi Motivasi Untukmuilustrasi orang berjabat tangan (pexels.com/fauxels)

Bahagia melihat orang lain berhasil merupakan sikap yang dewasa dan bijaksana. Ketika kamu juga merasakan senangnya, maka cemburumu hanya akan berlangsung sesaat.

Setelahnya, akan muncul motivasi untuk juga bisa mendapatkan kesuksesan dengan caramu sendiri. Perasaan bahagia menjadi jembatan menuju kesuksesan, maka ikutlah senang saat orang berhasil menggapai cita-cita impiannya.

Rasa cemburu tidak selalu berdampak buruk, jika kamu mampu mengubahnya menjadi hal positif. Cobalah praktikkan beberapa tips tadi, saat kamu mulai dikuasai kecemburuan atas kesuksesan seseorang.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Rasa Iri dalam Pertemanan, Jangan Jadi Toksik!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya