Comscore Tracker

7 Cara Ampuh Atasi Grogi Saat Pertama Kali Bertemu Calon Mertua 

Ternyata tidak semenakutkan bayanganmu, lho!

Bertemu calon mertua ternyata masih menjadi momok bagi sebagian wanita. Perasaan takut akan tidak disukai calon mertua langsung membayang-bayangi pikiran mereka saat si pasangan mengajak bertemu orang tuanya. 

Padahal momen bertemu calon mertua tidak semenakutkan itu lho, guys. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah hanya bersikap tenang dan tidak grogi.

Namun, jika kedua hal tersebut masih terasa sulit untuk dilakukan, 7 cara berikut ini mungkin bisa membantumu.

1. Mencari tahu kesukaan calon mertuamu

7 Cara Ampuh Atasi Grogi Saat Pertama Kali Bertemu Calon Mertua pexels.com/rawpixel.com

Kamu tidak memiliki banyak waktu untuk merasa grogi saat pasangan mengajak bertemu kedua orang tuanya, karena pada saat itu jugalah kamu harus bergegas melakukan riset untuk mencari tahu kesukaan calon mertua. Kamu bisa menanyakan hal tersebut pada pasanganmu. Cari tahulah sedetail mungkin, mulai dari makanan kesukaan hingga hobi. 

Setelah semua informasi telah kamu dapatkan, sekarang saatnya menyusun strategi lain yang harus kamu lakukan saat berhadapan langsung dengan calon mertua. Jika di tahap pertama saja persiapanmu tidak maksimal, jangan kaget kalau perasaan grogimu nanti berpotensi merusak pertemuan pertamamu dengan calon mertua.

2. Membawa oleh-oleh kesukaan calon mertua saat berkunjung

7 Cara Ampuh Atasi Grogi Saat Pertama Kali Bertemu Calon Mertua classpass.com

Jangan sampai kamu bertemu calon mertua dengan tangan kosong. Gunakanlah informasi yang telah kamu peroleh dari pasangan dengan baik. Bawa saja oleh-oleh berupa makanan kesukaan calon mertua. Akan lebih baik lagi jika kamu membuatnya sendiri karena hal tersebut akan memberikan nilai lebih di mata calon mertua. 

Bahkan saat bertemu nanti pun hasil masakanmu bisa menjadi topik obrolan yang akan membuat suasana terasa lebih hangat dan secara perlahan akan mengurangi rasa grogimu.

3. Jangan menjadi pendiam

7 Cara Ampuh Atasi Grogi Saat Pertama Kali Bertemu Calon Mertua womansday.com

Rasa grogimu akan semakin bertambah besar saat kamu lebih memilih menjadi sosok yang pendiam di depan calon mertua. Kemampuan berbasa-basimu memang diuji saat ini.

Untuk mencairkan suasana, cobalah untuk membicarakan hal-hal yang cenderung santai, seperti masa kecil pasanganmu, sifat-sifat lucu pasangan yang belum kamu ketahui dan lain-lain.

Baca Juga: 6 Kegalauan yang Sering Dirasakan Cewek Saat Tinggal dengan Mertua

4. Menghargai pemberian calon mertua

7 Cara Ampuh Atasi Grogi Saat Pertama Kali Bertemu Calon Mertua chicagotribune.com

Jangan malu-malu untuk menyantap hidangan yang telah disediakan oleh calon mertuamu. Kamu tidak diperbolehkan untuk menolak pemberiannya, karena penolakan yang kamu lakukan justru akan semakin memperparah rasa grogi dan canggungmu. Yang terpenting jangan lupa untuk memberikan pujian terhadap hasil masakannya, ya.

5. Menghindari pembahasan tentang gosip dalam keluarga

7 Cara Ampuh Atasi Grogi Saat Pertama Kali Bertemu Calon Mertua jooinn.com

Saat kamu sudah mulai merasa nyaman dan membaur dengan keluarga dari pasanganmu, ada satu hal yang harus selalu kamu ingat, yaitu jangan sampai kamu ikut-ikutan membahas gosip keluarga bersama mereka.

Kamu belum secara resmi menjadi bagian dari mereka dan rasanya sangat tidak pantas jika kamu ikut membahas tentang gosip dalam keluarga pasanganmu. Bukannya mendapatkan respect, kamu justru akan dianggap sebagai prinadi yang selalu ingin tahu urusan orang lain.

6. Jangan sibuk sendiri

7 Cara Ampuh Atasi Grogi Saat Pertama Kali Bertemu Calon Mertua thespruce.com

Jangan berpikir bahwa dengan sibuk memainkan ponsel akan mengurangi rasa grogimu. Mungkin benar rasa grogi akan hilang, namun kamu akan langsung mendapatkan nilai merah dari calon mertua karena perilaku tersebut menunjukkan bahwa kamu tidak menghormati mereka.

Demi masa depan hubunganmu, sebaiknya jangan sibuk sendiri dan segera matikan dulu atau silent ponselmu saat bertemu calon mertua pertama kali, ya. 

7. Bersikap sopan santun

7 Cara Ampuh Atasi Grogi Saat Pertama Kali Bertemu Calon Mertua m.huffpost.com

Dari semua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa grogimu, bersikap sopan dan santun di depan calon mertua adalah hal yang paling penting. Tidak hanya perilaku, pakaian yang kamu kenakan juga harus sopan dan rapi. Hal tersebut akan menjadi kesan pertama yang menyenangkan bagi calon mertuamu.

Apabila kamu memiliki attitude yang baik, mereka tidak akan berpikir dua kali untuk mengizinkan anaknya menikah denganmu. 

Itulah 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa grogi saat bertemu dengan calon mertua. Bagaimana, ternyata tidak sulit, bukan? Yang terpenting kamu harus bisa membuat dirimu sendiri merasa nyaman. Semoga berhasil!

Baca Juga: 5 Alasan Mengontrak Rumah Lebih Baik Daripada Tinggal sama Mertua

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya