Comscore Tracker

7 Strategi Meluluhkan Hati Orangtua yang Tidak Merestui Hubunganmu

Berat di awal, tapi hasilnya manis banget

Meskipun bukan merupakan sebuah hal yang baru, namun hubungan asmara yang tidak mendapatkan restu dari orangtua pasti akan menimbukan kesedihan yang mendalam bagi siapa saja yang mengalaminya. Jika kamu adalah salah satu dari mereka, hanya ada dua pilihan yang kamu miliki, yaitu hubungan berakhir dan kehilangan seseorang yang sangat dicintai atau hubungan tetap berlanjut tanpa restu dari orangtua. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa keberadaan restu orangtua itu sangat penting dalam sebuah hubungan. 

Banyak jalan menuju Roma. Jangan terburu-buru bersedih saat hubungan asmaramu dengan dia belum juga mendapatkan restu dari orangtua, karena justru di saat seperti ini lah cinta kalian sedang diuji. Kamu harus bisa meluluhkan dan meyakinkan orangtua dengan 7 strategi berikut ini untuk menunjukkan bahwa kekasihmu adalah orang yang tepat dan layak menjadi pendamping di hidupmu.

1. Jangan melawan

7 Strategi Meluluhkan Hati Orangtua yang Tidak Merestui Hubunganmuunslash/Jack Sharp

Tidak dibenarkan jika kamu langsung marah-marah dan merasa tidak terima dengan keputusan orangtua yang tidak memberikan restu pada hubungan asmaramu. Tindakan seperti ini hanya akan semakin memperparah keadaan. Bukan tidak mungkin orangtua akan semakin keras hati untuk menolak hubunganmu karena merasa perilaku membangkang yang kamu tunjukkan adalah akibat dari sifat kekasihmu yang tidak baik.

Cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu alasan yang membuat orangtua tidak memberikan restunya. Setelah itu kamu harus membicarakan hal tersebut pada kekasihmu lalu bersama-sama mencari solusi dan jalan keluar terbaik supaya tidak saling menyakiti satu sama lain.

2. Memberikan bukti pada orangtua

7 Strategi Meluluhkan Hati Orangtua yang Tidak Merestui Hubunganmudignitymemorial.com

Alasan paling umum yang membuat orangtua tidak memberikan restu pada hubungan asmara anaknya biasanya selalu berkaitan dengan finansial, pekerjaan, perilaku dan latar belakang keluarga. Apabila kekhawatiran orangtua salah, kamu dan kekasihmu harus bekerja sama untuk membuktikannya. Lalu biarkan orangtua melihat sendiri keseriusan dari usaha dan perjuangan kalian berdua.

3. Memperbanyak intensitas pertemuan kekasihmu dengan orangtua

7 Strategi Meluluhkan Hati Orangtua yang Tidak Merestui Hubunganmurollinggreenvillage.com

Usahamu tidak akan cukup hanya dengan berhenti pada memberikan bukti semata. Supaya orangtua semakin yakin bahwa kekasihmu itu sangat serius dengan anaknya, sering-seringlah ajak kekasihmu tersebut untuk bersilaturrahmi dan menemui kedua orangtuamu. Diharapkan dari pertemuan tersebut hati kedua orangtuamu akan luluh dan menyadari bahwa penolakan dan kekhawatiran terhadap hubungan asmara anaknya sama sekali tidak beralasan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Diri Sendiri untuk Melatihmu Menjadi Orangtua Muda

4. Sering-seringlah menyelipkan nama kekasihmu saat mengobrol dengan orangtua

7 Strategi Meluluhkan Hati Orangtua yang Tidak Merestui Hubunganmudrugfreekidscanada.org

Saat kamu sedang mengbrol bersama kedua orangtua terutama ibu, jangan lupa untuk menyelipkan nama kekasihmu di dalam pembicaraan yang sedang kamu dan orangtua lakukan. Tapi, yang harus kamu ingat adalah jangan sampai apa yang kamu utarakan tersebut terkesan memaksa, ya. Tetap bawalah suasana pembicaraan yang santai dan hangat. Cara ini dilakukan supaya kedua orangtuamu bisa melihat betapa kamu dan sang kekasih sangat bahagia dengan hubungan yang sedang kalian jalani.

5. Menceritakan rencana masa depan kalian

7 Strategi Meluluhkan Hati Orangtua yang Tidak Merestui Hubunganmulivewellmagazine.org

Dengan menceritakan daftar rencana masa depan dan tujuan hidup kalian berdua diharapkan dapat membuat orangtuamu mulai berpikir bahwa cinta kalian memang serius dan tidak main-main. Yakinkan orangtuamu bahwa apa yang kamu utarakan bukanlah sekadar angan belaka. Kamu akan berusaha dengan sungguh-sungguh bahwa cita-cita tersebut bisa kamu wujudkan bersama kekasihmu saat ini.

6. Meminta bantuan saudara

7 Strategi Meluluhkan Hati Orangtua yang Tidak Merestui Hubunganmuthebodyisnotanapology.com

Jika semua cara di atas sudah kamu lakukan tapi orangtua tak kunjung memberikan restu, tidak ada salahnya lho kamu meminta bantuan dari saudara dekat. Tapi bukan berarti usahamu juga sudah selesai, ya. Kamu dan pasangan tetap harus berusaha sendiri untuk bisa memperoleh restu karena peran saudara hanya menjembatani saja. Kamu juga boleh kok, mengulang kembali cara-cara di atas. 

7. Bersabar dan optimis

7 Strategi Meluluhkan Hati Orangtua yang Tidak Merestui Hubunganmupixabay.com/CHENA

Jalan yang kalian tempuh memang terasa sangat sulit. Namun kalian tidak memiliki pilihan selain tetap bersabar dan optimis bahwa restu orangtua tak lama lagi akan segera kalian dapatkan. Kesabaran selalu berbuah manis kok, guys. Perjalanan kalian sudah sejauh ini, maka dari itu buang jauh-jauh keinginan untuk menyerah. Ini adalah masa depan kalian yang harus diperjuangkan.

Nah, itulah 7 strategi yang harus kamu dan pasangan lakukan supaya bisa meluluhkan hati orangtua yang tidak mau memberikan restunya. Meminta restu saat hubungan ditentang itu memang bukan perkara yang mudah. Oleh karena itu selain usaha, kalian juga jangan lupa untuk selalu berdoa, ya. Good luck!

Baca Juga: 5 Cara Paling Efektif Agar Anak Mau Mendengarkan Perkataan Orangtua

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya