Comscore Tracker

Ini 5 Alasan Kamu Harus Tetap Berteman Baik dengan Mantan

Lagipula bermusuhan juga tidak ada gunanya 

Atas dasar alasan apapun perpisahan selalu berhasil menggoreskan luka. Sudah tidak terhitung lagi banyaknya orang yang dulunya saling mencintai berubah menjadi saling membenci satu sama lain setelah hubungan percintaan mereka berakhir. Semua rasa sayang dan cinta mereka seolah menguap begitu saja. Diganti dengan rasa marah dan dendam. 

Sebenarnya hal tersebut tidak perlu terjadi ketika setiap orang bersikap dewasa dalam menghadapi perpisahan. Kamu dan dia memulai hubungan dengan cara baik-baik, seharusnya perpisahan kalian juga dilakukan dengan cara yang baik-baik pula. Hubungan asmara memang berakhir, tetapi sebaiknya hubungan pertemanan dengan mantan harus tetap terjaga. 

Mungkin kamu bingung mengapa harus repot-repot berteman baik dengan mantan karena anggapan kamu yang menyatakan bahwa masa lalu biar lah berlalu. Nah, berikut lima alasannya yang harus kamu ketahui. 

1. Kamu bisa curhat tentang kehidupan cinta dengan pacar baru

Ini 5 Alasan Kamu Harus Tetap Berteman Baik dengan Mantanpexels.com/Burst

Selain sahabat, seseorang yang memungkinkan mengetahui semua hal tentang dirimu adalah mantan kekasihmu sendiri. Apalagi jika hubungan asmara kalian sudah berjalan cukup lama. 

Di sini lah keuntungannya jika kamu tetap menjalin hubungan pertemanan yang baik dengan mantan. Ketika kamu sedang memiliki gebetan atau bahkan sudah memiliki kekasih yang baru, kamu bisa curhat mengenai banyak hal yang berkaitan dengan percintaan bersama mantanmu.

2. Mantan bisa berpendapat jujur mengenai baik buruknya kamu

Ini 5 Alasan Kamu Harus Tetap Berteman Baik dengan Mantanpexels.com/Kaboompics.com

Mantanmu pasti sangat mengenal dirimu. Dengan begitu dia pasti bisa memberikan penilaian yang objektif tentang kamu. Mungkin ada beberapa hal dulu sulit dia katakan saat kalian masih berpacaran.

Tetapi, ketika sudah menjadi mantan, perkataan apapun yang ingin diucapkan terasa lebih mudah. Jangan buru-buru marah karena bisa jadi penilaian dari mantan justru bermanfaat untuk membuatmu bisa menjadi pribadi yang lebih dewasa lagi. 

3. Kamu masih bisa berteman dengan kelompok yang sama seperti saat masih berpacaran

Ini 5 Alasan Kamu Harus Tetap Berteman Baik dengan Mantanpexels.com/Helena.Lopes

Tidak sedikit pasangan yang ketika hubungannya berakhir menjadi sulit bertemu dengan kelompok pertemanan yang dulu mereka pernah gabung di dalamnya. Alasan yang paling umum adalah karena keduanya ingin menghindari pertemuan satu sama lain. Padahal bisa jadi kelompok pertemanan tersebut sangat penting bagi keduanya.

Berbeda cerita jika kamu masih tetap berteman baik dengan mantan. Jadi, kamu tidak perlu menjauhi beberapa kelompok pertemanan tertentu hanya untuk menghindarinya. 

Baca Juga: 5 Alasan Tak Boleh Marah jika Sahabat Menjalin Hubungan dengan Mantan

4. Kamu bisa bebas bertukar informasi mengenai hobi dan pekerjaan dengannya

Ini 5 Alasan Kamu Harus Tetap Berteman Baik dengan Mantanpexels.com/Startup Stock Photos

Bayangkan jika mantan kekasih adalah rekan kerjamu di kantor. Ketika kamu menganggapnya sebagai musuh, kehidupanmu di tempat kerja pasti akan terasa sangat sulit.

Tidak ada salahnya untuk berdamai dengan mantan. Karena nantinya dia bisa kamu mintai tolong mengenai urusan pekerjaan ataupun bertukar informasi mengenai hal apapun.

5. Memiliki kemungkinan untuk balikan

Ini 5 Alasan Kamu Harus Tetap Berteman Baik dengan Mantanpexels.com/Sanpwire

Bisa jadi ini adalah alasan yang paling diinginkan oleh banyak orang yang tetap menjalin hubungan pertemanan dengan mantan meskipun sudah putus. Apalagi kalau bukan balikan. 

Berteman dengan mantan bisa membuatmu mengenali dia dari sudut pandang yang berbeda. Tetapi, perlu diingat bahwa kamu jangan terlalu memaksakan diri untuk segera mengganti status dari mantan menjadi kekasih kembali seperti dulu karena akan membuatnya merasa tidak nyaman.

Nah, itu lah lima alasan kamu seharusnya tetap berteman baik dengan mantan meskipun sudah putus. Bagaimana guys? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? 

Baca Juga: Kamu Perlu Memikirkan 5 Hal Ini Sebelum Datang ke Pernikahan Mantan

Sinta Listiyana Photo Community Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You