Comscore Tracker

9 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Hubungan yang Sehat

Hubunganmu seperti ini gak?

Dalam menjalin hubungan dengan pasangan, kamu tentu kerap bertanya-tanya, seperti apa sih hubungan yang sehat itu? Tak ketinggalan, kamu pasti juga mengira-ngira apakah hubunganmu dengannya sudah sehat, atau justru termasuk 'beracun' ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tak rumit memperolehnya. Di bawah ini, 9 kebiasaan yang dapat kamu jadikan pertanda, bahwa hubungan kalian adalah healthy relationship atau tidak. Buat ceklis dan temukan seberapa banyak tanda yang telah kamu dan pasangan miliki!

1. Kalian sama-sama paham bahwa 'personal space' itu perlu

9 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Hubungan yang Sehatunsplash/giancescon

Sama berharganya seperti waktu untuk bersama, kalian berdua juga memahami bahwa masing-masing membutuhkan ruang untuk sendirian. Seberapapun kalian saling menyayangi, bukan berarti kalau harus bersama setiap saat 'kan?

Saling memberi private space memang sangat penting. Bagaimanapun juga, kamu berdua butuh waktu mendengarkan diri , dan melakukan hal-hal yang ingin kalian lakukan sendirian.

2. Kalian dapat membicarakan apapun, tanpa ada perasaan tersinggung

9 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Hubungan yang Sehatunsplash/pablomerchanm

Pernahkah kamu ingin mengatakan suatu hal, tetapi takut jika hal tersebut menyinggung pasangan dan akan digunakan untuk menyerangmu di kemudian hari? Jika kamu sering menjumpai situasi ini, artinya hubungan kalian belum sehat sempurna. Karena dalam hubungan yang baik, kita seharusnya merasa bebas mengekspresikan diri tanpa merasa takut.

3. Kalian saling mendukung satu sama lain

9 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Hubungan yang Sehatunsplash/candice_picard

Kamu mungkin tak selalu mengerti, mengapa suatu hal dapat menjadi sangat berarti bagi pasanganmu. Namun ketika hal tersebut benar-benar berharga baginya, kamu pun turut merasa hal tersebut berharga pula.

Ketika masing-masing memiliki suatu target, kamu berdua selalu memilih untuk saling mendukung dibanding mengecil-kecilkan kemungkinan, yang justru membuat motivasi pasangan menurun.

4. Tak menyembunyikan masa lalu

9 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Hubungan yang Sehatunsplash/andriklangfield

Kamu saling menceritakan nama semua mantan pasangan, serta penyebab hubungan kalian berakhir. Tak ada hal yang ditutup-tutupi. Segala sisi buruk kalian juga tak satupun luput untuk diungkapkan. Kamu dengan pasangan tak menolak siapapun kalian di masa lalu. Karena dari sana, tumbuhlah pribadi kalian seperti saat ini.

Baca Juga: 5 Hal Ini Harus Membuatmu Pertahankan Hubunganmu yang Sekarang, Oke?

5. Kalian tak mengakhiri percakapan dengan perasaan marah

9 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Hubungan yang Sehatunsplash/sarahgracesharp

Entah ketika kalian berbicara melalui telepon, atau setelah kalian bertemu dan berbincang satu sama lain, memperdebatkan berbagai hal dan saling beradu argumen, tak akan membuat kalian mengakhiri percakapan dengan rasa kesal.

Kamu dengan pasangan tahu, bahwa perbincangan yang dimulai dengan baik, harus diakhiri dengan baik pula. Jadi, seberapapun banyak kamu dengannya berdebat, kalian akan selalu bisa saling memaafkan.

6. Kalian saling mengucapkan terima kasih dan bersungguh-sungguh

9 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Hubungan yang Sehatunsplash/freestocks

Itu adalah hubungan yang sehat ketika kamu dan pasangan selalu dapat menghargai satu sama lain, sesepele apapun itu. Dan yang terpenting, ucapan terima kasih yang diucapkan bukanlah sekedar respon, melainkan ungkapan yang tulus dari dalam hati.

7. Kalian tak saling membatasi pergaulan

9 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Hubungan yang Sehatunsplash/wildlittlethingsphoto

Tanda selanjutnya bahwa kamu dan pasangan termasuk dalam healthy relationship, adalah kalian tak pernah merasa dibatasi dalam menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga.

Sekalipun pasanganmu mungkin tak rukun dengan teman-temanmu, tetapi ia justru tetap mendukungmu. Hubungan yang baik tak akan membuatmu merasa bersalah karena menghabiskan waktu bersama orang lain.

8. Hubungan kalian tak menuntut adanya 'perubahan'

9 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Hubungan yang Sehatunsplash/priscilladupreez

Kamu merasa pernah berandai-andai, jika saja pasanganmu lebih begini atau begitu, mungkin ia akan lebih sempurna. Itu artinya hubungan kalian tidak sehat. Mencintai pasanganmu apa adanya bukanlah omong kosong. Dalam menjalin hubungan yang baik, kalian tak perlu merasa saling 'memperbaiki' apa-apa dari pasangan.

Kamu dengannya juga tak memerlukan alasan mengapa bisa saling jatuh cinta. Karena jika kamu menyayanginya karena sebuah alasan, seperti karena ia adalah pribadi yang baik, maka alasan tersebut bisa saja 'diambil' darinya. Just love them for no reason.

9. Kalian sering tersenyum ketika bersama

9 Tanda Kamu dan Pasangan Memiliki Hubungan yang Sehatunsplash/jmason

Senyum adalah tanda yang sangat kentara jika hubungan kalian memang baik untuk satu sama lain. Alih-alih merasa terlalu tertekan karena sering bertengkar dan berselisih paham, hubunganmu dengan pasangan justru lebih banyak memberi kebahagiaan. Atau jika tidak, minimal itu adalah hubungan yang seimbang antara rasa sedih dan bahagia.

Untuk membuat seseorang yang kamu sayangi tersenyum bukanlah hal sulit. Dengan perlakuan sederhana, semisal menyemangatinya sebelum memulai aktifitas, pasti manjur membuatnya tersenyum bahagia.

Nah, dari kesembilan tanda di atas, kesimpulan hubungan kamu dengan dia sehat nggak nih?

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Jadi Pikiran Cowok dalam Hubungan. Kamu, Bro?

Sinta Photo Community Writer Sinta

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You