Comscore Tracker

Ayo Introspeksi! Ini 5 Penyebab Kamu Gak Bisa Punya Sahabat

Siapa tahu kamu begini, lho…

Kamu merasa gak punya sahabat? Bisa jadi, itu bukan karena orang lain, tapi sebabnya ada pada dirimu sendiri. Karena manusia adalah makhluk sosial yang butuh bersosialisasi, hal ini bisa jadi sangat merugikan untukmu, entah itu dari segi psikis maupun fisik.

Lebih baik, kamu introspeksi dengan menyimak semua penyebabnya di bawah ini. Coba deh, kamu tanya pada diri sendiri, apakah kamu memilikinya?

1. Kamu berharap terlalu banyak pada teman

Ayo Introspeksi! Ini 5 Penyebab Kamu Gak Bisa Punya Sahabatweheartit.com

Jangan menganggap teman adalah tameng yang bisa selalu melindungi dan ada untukmu. Gak semua orang bisa selalu ada untukmu, termasuk teman dan kamu harus sadar itu. Terlalu memaksakan kehendak hanya akan membuatmu kehilangan semuanya.

2. Kamu doyan mengomel dan bossy

Ayo Introspeksi! Ini 5 Penyebab Kamu Gak Bisa Punya Sahabatsoompi.com

Teman bukan karyawanmu yang bisa kamu perintah ini dan itu. Dia adalah orang yang ada di sampingmu dan menemanimu dalam suka dan duka. Kalau kamu terlalu bossy, apalagi suka mengomel, mereka gak akan bertahan lama di sampingmu dan malah akan membuat mereka kabur dengan sendirinya.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Bersikap Terbuka di Tempat Kerja

3. Kamu suka membuat drama

Ayo Introspeksi! Ini 5 Penyebab Kamu Gak Bisa Punya Sahabatweheartit.com

Paling malas berhubungan dengan orang yang hobi membuat drama. Coba deh, kamu tanyakan pada diri sendiri. Apa selama ini kamu selalu melebih-lebihkan hal kecil? Apakah kamu suka marah untuk hal sepele? Atau kamu suka bereaksi berlebihan untuk hal yang bisa diselesaikan secara baik-baik?

4. Kamu terlalu perhitungan

Ayo Introspeksi! Ini 5 Penyebab Kamu Gak Bisa Punya Sahabatdramabeans.com

Gak ada yang mau berteman dengan orang pelit. Bukan berarti kamu harus memberikan semuanya pada teman, tapi kamu juga harus tahu diri saat berteman. Kalau kamu sangat perhitungan dengan hal ini, sama saja kamu membuat orang lain malas dekat-dekat denganmu.

5. Kamu sering banget bergosip

Ayo Introspeksi! Ini 5 Penyebab Kamu Gak Bisa Punya Sahabataminoapps.com

Sebelum orang melihat tindakanmu, perkataan adalah pintu awal dari perkenalan itu sendiri. Kalau mulutmu saja sudah gak bisa dipercaya, bagaimana orang akan percaya tindakanmu juga? Gosip ini adalah hal yang sangat bahaya dan toksik. Itu karena kebencian bisa menular. Orang pasti lebih memilih menjauh dari mulut yang suka gosip.

Pada dasarnya, bersahabat adalah hal yang susah susah gampang. Kamu hanya harus menekan egomu dan tahu apa dan bagaimana cara berkomunikasi yang tepat.

Masalahnya, kalau kamu terus mempertahankan semua sikap di atas, orang lain bukan hanya gak mau bersahabat denganmu, tapi juga pasti malas dekat. Ayo introspeksi, apakah selama ini kamu terlalu keras kepala?

Baca Juga: Bukan Suka Kamu, Ini 5 Tanda Cowok Cuma Mau Berteman Saja

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya