Comscore Tracker

5 Hal Ini Bisa Kamu Cegah kalau Mau Mengalah dalam Debat

Jangan sampai bikin hubungan jadi renggang #IDNTimesLife

Perbedaan pendapat jadi hal yang sering terjadi baik itu di lingkungan keluarga, pekerjaan, pertemanan dan lain sebagainya. Namun setiap orang berbeda dalam menghadapi sebuah perbedaan pendapat, ada yang tetap mempertahankan pendiriannya dan ada yang memilih untuk mengalah. 

Mengalah ketika terjadi perbedaan pendapat juga bukanlah hal yang buruk, lho! Ada beberapa hal bisa kamu cegah terjadi ketika kamu mau untuk mengalah, penasaran apa saja? Yuk, simak! 

1. Emosi yang tidak terkendali

5 Hal Ini Bisa Kamu Cegah kalau Mau Mengalah dalam Debatilustrasi emosi tidak terkendali (unsplash.com/Usmanyousaf)

Pendapat yang berbeda sering kali menimbulkan perdebatan, terlebih lagi jika setiap orang yakin dengan pendiriannya dan tidak mau mendengarkan orang lain. Ketika ini terjadi bukanlah solusi yang bisa dijumpai, melainkan emosi yang tidak bisa dikendalikan.

Tidak bisa mengendalikan emosi juga bisa mengakibatkan kamu mengeluarkan kata-kata menyakitkan, secara tidak sadar sehingga keadaan menjadi tambah kacau. 

2. Masalah yang berlarut-larut

5 Hal Ini Bisa Kamu Cegah kalau Mau Mengalah dalam Debatilustrasi sedang sedih (unsplash.com/Tjump)

Ketika emosi sudah tidak terkendali dalam sebuah perdebatan, terlebih lagi tidak ada yang mau mengalah maka ini akan membuat masalah tambah berlarut-larut. Karena sudah tidak terkendali, secara tidak sadar kamu atau lawan bicara bisa mengungkit masalah lain saat itu. 

Kamu bisa mencegah suasana menjadi lebih buruk dengan tetap tenang. Daripada ikut memperburuk keadaan kamu bisa bersikap lebih tenang sehingga, kamu bisa lebih bijak dalam mencari solusinya.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Tak Boleh Kalian Ajak Debat, Pasti Kalah

3. Hilangnya kepercayaan 

5 Hal Ini Bisa Kamu Cegah kalau Mau Mengalah dalam Debatilustrasi menyesal (unsplash.com/Stefanspassov)

Meninggikan ego dan tidak mau mengalah bukan hanya mengakibatkan masalah jadi tambah rumit, tapi juga memperbesar hilangnya kepercayaan. Kepercayaan yang orang lain taruh padamu bisa hilang, ketika nada bicaramu tinggi. Bukan hanya mereka, kamu juga bisa merasa sebaliknya. 

Namun ketika kamu berusaha mengalah dan bersabar, kamu bisa mencegah itu. Kamu bisa menghormati pendapat orang lain, sekaligus memperbaiki suasana dengan menurunkan ego sejenak. 

4. Munculnya dendam 

5 Hal Ini Bisa Kamu Cegah kalau Mau Mengalah dalam Debatilustrasi sedang kesal (unsplash.com/Pminhai)

Gak bisa dimungkiri, sama-sama tidak mau mengalah dalam perdebatan akan memunculkan dendam. Hal ini sangat tidak baik untuk diri sendiri, sebab hal negatif akan muncul dalam pikiran. Jika kamu mau mengalah hal seperti itu bisa untuk kamu cegah, nih! Bukankah lebih baik mengakhiri perbedaan pendapat dengan kepala yang dingin? 

5. Hubungan yang renggang 

5 Hal Ini Bisa Kamu Cegah kalau Mau Mengalah dalam Debatilustrasi sendiri (unsplash.com/Dorukyemenici)

Jangan sampai hubungan yang sudah kamu bangun, renggang karena ego yang tinggi. Tingkat kesabaran setiap orang berbeda, tapi semua masalah juga tidak akan selesai dengan emosi yang tidak bisa dikendalikan. Mungkin tidak semua orang bisa mengalah dengan mudah tapi tidak ada salahnya untuk di coba, bukan?

Mengalah juga bukan berarti kamu kalah, ada banyak hal buruk yang bisa dicegah saat bersedia untuk mengalah. Menurut kamu bagaimana, nih?  

Baca Juga: 5 Cara Bijak Menyadarkan Kesalahan Seseorang, Jangan Debat!

Suandewi Oka Photo Verified Writer Suandewi Oka

Kunjungi dan jangan lupa baca artikelnya !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya