Comscore Tracker

Jangan Tergesa, 5 Hal Penting Ini Harus Dipikirkan sebelum Menikah

Karena pernikahan bukan perlombaan guys!

Pernikahan merupakan salah satu langkah dalam kehidupan yang dipilih oleh sebagian besar orang. Terutama oleh mereka yang ingin menjalani hidupnya dengan pasangan yang sudah lama diidam-idamkan.

Karena pernikahan mengambil bagian begitu besar dalam kehidupan, tentu saja persiapan haruslah matang. Sebab, apalah guna menikah jika hidup yang dijalani nantinya tidak membuat bahagia.

Lantas, hal penting apa yang harus kamu persiapkan sebelum masuk dalam jenjang hidup tersebut?

1. Mental yang dewasa

Jangan Tergesa, 5 Hal Penting Ini Harus Dipikirkan sebelum Menikahpexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Mental merupakan hal utama yang harus dipersiapkan sebelum kamu mengatakan "ya" atas lamaran dari kekasih. Sebab, mental yang belum matang dan dewasa, menyumbang peranan besar dari tidak berhasilnya sebuah pernikahan. Bahkan, kamu harus menanyakan pada dirimu sendiri terlebih dahulu apakah kamu memang benar-benar ingin berada dalam lembaga pernikahan atau tidak.

Jika jawabanmu adalah ya, maka beranjaklah pada pertanyaan berikutnya yaitu sosok pasangan seperti apa yang kamu inginkan sebagai partner dalam pernikahan? Apakah kamu siap menerima pasangan sepaket dengan kekurangan yang ada? Apakah kamu bisa menerima keluarga pasangan dengan keunikannya?

Sederetan pertanyaan ini jika kamu pikirkan dengan saksama, maka akan menuntunmu dalam proses pendewasaan mental jelang pernikahan.

2. Finansial yang stabil

Jangan Tergesa, 5 Hal Penting Ini Harus Dipikirkan sebelum Menikahpexels.com/Startup Stock Photos

Tidak dapat dimungkiri bahwa finansial memainkan peranan penting untuk menunjang kehidupan pernikahan. Tentu kamu dan pasangan akan lebih mudah untuk berpikir jika perut sudah kenyang, bukan?

Kondisi finansial ini pun mencakup bagaimana pengaturan pembiayaan antara kamu dan suami, aset apa yang ingin dimiliki bersama dan bagaimana pembagiannya, jenis investasi yang dipilih, hingga mempersiapkan dana pendidikan untuk buah hati nantinya.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Kalau Dia Belum Siap Menikah

3. Cara mendidik anak

Jangan Tergesa, 5 Hal Penting Ini Harus Dipikirkan sebelum Menikahpexels.com/J carter

Jika kamu dan suami termasuk pasangan yang ingin memiliki keturunan baik secara alami maupun adopsi, tentu kalian berdua harus memikirkan pola pengasuhan apa yang ingin diterapkan. Jangan sampai kamu dan suami tidak sejalan dalam hal ini yang akan menimbulkan kebingungan pada anak nantinya.

4. Style dalam berkeluarga

Jangan Tergesa, 5 Hal Penting Ini Harus Dipikirkan sebelum Menikahpexels.com/Katie E

Setiap keluarga memiliki style atau gaya sendiri. Ada keluarga yang ke mana-mana harus bersama, ada pula yang jarang berkumpul namun selalu ada saat dibutuhkan.

Nah, tentu saja kamu harus sevisi dan semisi dengan suami dalam hal ini. Tak perlu sama dengan keluarga yang lain, sebab yang terpenting adalah kenyamanan yang dirasakan.

5. Impian yang ingin diraih dalam pernikahan

Jangan Tergesa, 5 Hal Penting Ini Harus Dipikirkan sebelum Menikahpexels.com/Emma Bauso

Selain mimpi individu, kamu dan pasangan juga perlu menerapkan impian yang ingin dicapai saat menikah. Tak perlu terlalu muluk, impian mewujudkan keluarga yang suportif, bahagia, dan sehat sudah cukup.

Lalu, bagaimana cara meraihnya? Tentu saja diperlukan kerja sama yang kompak antara kamu, suami, dan buah hati nantinya.

Pernikahan merupakan awal dari terbentuknya sebuah keluarga alias tatanan kecil dalam kehidupan bermasyarakat. Jika kamu sudah memiliki bekal yang matang untuk menjalani pernikahan, maka keluarga yang bahagia bisa terwujud dan nantinya akan turut membangun lingkungan masyarakat yang sehat pula.

Baca Juga: 5 Topik yang Harus Dibahas dengan Orangtua Sebelum Berencana Menikah 

Bu Nanik Photo Verified Writer Bu Nanik

Pisang goreng hangat diangkat langsung dari penggorengan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya