Comscore Tracker

5 Cara Sembuhkan Luka Hati karena Pahitnya Diselingkuhi

Karena kamu berhak bahagia setelah mengalami drama itu

Perselingkuhan menjadi salah satu warna dalam hubungan yang tidak diinginkan untuk terjadi. Sebab, tentu akan terasa sangat menyakitkan saat orang yang kamu cintai dan kamu percaya dengan sepenuh hati ternyata berkhianat di belakangmu. Tak jarang karena perselingkuhan, muncul trauma yang membuat sebagian orang enggan memulai sebuah hubungan.

Perasaan sedih karena perselingkuhan amat sangat wajar terjadi. Perasaan berkabung karena harus merelakan perginya kekasih hati juga merupakan hal yang normal. Setelah fase ini kamu lalui, maka kamu harus menyembuhkan luka yang ada karena hidup harus terus berjalan. Bagaimana caranya?

1. Ingatlah, perselingkuhan ini bukan salahmu

5 Cara Sembuhkan Luka Hati karena Pahitnya Diselingkuhipexels.com/Juan Pablo Serrano Arenas

Hal pertama yang harus kamu ketahui setelah diselingkuhi adalah perselingkuhan ini terjadi bukan karena salahmu. Sehingga jangan salahkan dirimu. Bukan salahmu pula bila kamu sudah maksimal dalam menjaga hubungan kalian dan apa yang pasanganmu lakukan juga sudah di luar kendalimu.

Dengan memiliki pemikiran di atas, maka kamu lebih legawa untuk menerima semua yang telah terjadi. Kamu tidak bisa mengubah masa lalu. Jika kamu ingin sembuh dari rasa sakit hati ini, hargailah diri sendiri dengan tidak terus-menerus meratapi nasib.

2. Jangan memanjakan rasa sedih

5 Cara Sembuhkan Luka Hati karena Pahitnya Diselingkuhipixabay.com/free-photos

Rasa sedih dan sakit hati yang muncul karena perselingkuhan memang wajar terjadi. Namun, jangan berlebih ya. Sebab jika kamu terus memanjakan kesedihan, kamu akan makin susah untuk move on.

Setiap orang berhak untuk menjalani hidup yang bahagia, begitu pula dengan kamu. Dan tindakan terus-menerus merana bukanlah sesuatu yang bijaksana untuk dilakukan jika kamu ingin move on.

Baca Juga: 5 Alasan Seseorang Tetap Selingkuh Meski Pernikahannya Bahagia

3. Berbicaralah dengan orang yang kamu percaya

5 Cara Sembuhkan Luka Hati karena Pahitnya Diselingkuhipexels.com/Christina Morillo

Salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan diri pascadiselingkuhi adalah bercerita pada orang yang kamu percaya bisa memberikanmu saran bijaksana.

Selain itu dengan berbicara pada orang lain, kamu jadi bisa melihat masalahmu dari sudut pandang lain. Hal ini bisa membantumu untuk menganalisa peristiwa yang telah terjadi.

4. Percaya bahwa ada pelajaran yang bisa dipetik

5 Cara Sembuhkan Luka Hati karena Pahitnya Diselingkuhiunsplash.com/@wflwong

Setelah perasaanmu membaik dan kamu bisa memahami kenapa perselingkuhan ini harus terjadi, kamu bisa memetik pelajaran penting. Tak hanya untuk kebaikan dirimu sendiri, pelajaran ini nantinya juga pasti berguna dalam menjalin hubungan baru di masa depan.

Selalu percaya bahwa sesuatu terjadi karena ada tujuan penting di baliknya.

5. Lakukan apa yang membuatmu bahagia

5 Cara Sembuhkan Luka Hati karena Pahitnya Diselingkuhipexels.com/Just Name

Kamu harus paham bahwa tak ada orang yang berhak merenggut kebahagiaan dari dalam dirimu, begitu pula dengan mantanmu yang berselingkuh. Untuk itu kamu pun wajib membuat dirimu bahagia. Lakukan apa pun yang bisa memunculkan senyum di wajahmu. Jangan lupa pula untuk bersyukur dengan terjadinya perselingkuhan ini.

Tentu tak ada orang yang mau hubungannya hancur karena perselingkuhan. Namun bila memang itu harus terjadi, maka terimalah sebagai cara kehidupan membuatmu lebih kuat dan lebih mencintai diri sendiri.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Cewek Ogah Balikan dengan Mantan Pasca Diselingkuhi

Bu Nanik Photo Verified Writer Bu Nanik

Pisang goreng hangat diangkat langsung dari penggorengan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya