Comscore Tracker

5 Hal yang Pantang Dilakukan agar Hubungan Persahabatanmu Bisa Awet

Jangan sampai dilakukan ya!

Manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Dengan adanya hal tersebut, setiap orang pasti memiliki sahabat dalam hidupnya yang senantiasa menemani di kala senang maupun susah. Namun banyak juga kasus persahabatan yang berakhir karena hal sepele.

Jika memiliki seorang sahabat, alangkah lebih baik kamu senantiasa menjaga dan jangan pernah melepaskannya. Ada beberapa hal yang pantang dilakukan agar hubungan persahabatanmu tak berakhir sia-sia. Untuk penjelasan mengenai hal itu, coba simak pembahasan berikut ini.

1. Senantiasa membicarakan kejelekannya di belakang

5 Hal yang Pantang Dilakukan agar Hubungan Persahabatanmu Bisa Awetunsplash.com/ben white

Membicarakan orang lain di belakang merupakan sesuatu yang cukup nikmat namun sangat buruk. Apalagi membicarakan sahabat sendiri, hal tersebut wajib dihindari agar tidak ada kesalahpahaman di antara kalian berdua.

Jika kamu tak suka dengan kelakuannya, alangkah lebih baik langsung bilang di depannya. Dia pasti akan berpikir dan berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi karena hal itu sangat berdampak bagi kehidupannya kelak. Jangan takut dimarahi jika melakukan hal itu karena dia sudah seratus persen percaya kepadamu.

2. Jika sedang bercanda, jangan mudah baper

5 Hal yang Pantang Dilakukan agar Hubungan Persahabatanmu Bisa Awetunsplash.com/luke porter

Persahabatan tanpa guyonan merupakan sesuatu yang cukup membosankan. Terkadang bercandanya seorang sahabat itu terlalu frontal karena mereka sudah menganggap kamu sebagai belahan jiwa. Maka dari itu ketika dia sedang bercanda, jangan sesekali baper.

Alangkah lebih baik jika kamu merespon semua candaan tersebut dengan hal frontal yang mungkin dapat mencairkan suasana. Dengan adanya hal itu, persahabatanmu dan dia akan semakin erat karena tidak adanya sekat perihal berbagi cerita.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dipahami Bersama Agar Persahabatan Tak Merenggang

3. Menghindari untuk menolongnya jika dia sangat membutuhkan bantuanmu

5 Hal yang Pantang Dilakukan agar Hubungan Persahabatanmu Bisa Awetunsplash.com/eliott reyna

Sebelumnya telah disebutkan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Maka dari itu sahabatmu juga pasti butuh bantuan di kala sedang susah. Usahakan untuk senantiasa ada jika dia meminta tolong meskipun itu merupakan sesuatu yang cukup sulit.

Jika umpama kamu tak bisa membantunya secara langsung, cobalah untuk berikan dukungan moral agar dia bisa tenang menghadapi cobaan. Percayalah bahwa dengan adanya hal tersebut, hubungan persahabatanmu pasti akan awet sampai tua nanti.

4. Jika kamu sedang bahagia, jangan sesekali melupakannya

5 Hal yang Pantang Dilakukan agar Hubungan Persahabatanmu Bisa Awetunsplash/alexis brown

Salah satu hal yang sangat penting dan pantang dilakukan agar persahabatanmu bisa awet adalah jangan sesekali melupakannya jika kamu sedang berada di atas. Ingatlah bahwa roda kehidupan akan terus berputar seiring berjalannya waktu.

Selagi di atas, ajaklah sahabatmu untuk berbahagia karena dialah yang tak pernah pergi ketika kamu sedang terpuruk. Maka dari itu cobalah untuk tidak melupakan sahabat meskipun kamu telah mendapatkan tujuan hidupmu.

5. Tidak pernah mau menjadi pendengar yang baik

5 Hal yang Pantang Dilakukan agar Hubungan Persahabatanmu Bisa Awetunsplash.com/luca laconelli

Semua orang yang ada di dunia ini pasti pernah memiliki permasalahan hidup. Dengan adanya hal tersebut, seseorang pasti butuh tempat berkeluh kesah agar semua perasaan buruknya bisa hilang. Ketika sahabatmu sedang terpuruk, usahakan untuk senantiasa berada di dekatnya dan posisikan dirimu sebagai pendengar yang baik.

Jangan sampai kamu malah pergi meninggalkannya karena tidak mau ikut campur urusan dia. Ingatlah bahwa dia adalah satu-satunya orang yang senantiasa tetap berada di sampingmu meskipun ribuan orang meninggalkanmu. Maka dari itu janganlah kamu menghindari ketika dia membutuhkan tempat untuk bercerita.

Itulah kelima hal yang pantang dilakukan agar hubungan persahabatanmu bisa awet. Coba share artikel ini ke sahabatmu ya!

Baca Juga: 5 Resep Persahabatan Ala Skuat Dokter di KDrama 'Hospital Playlist'

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya