Comscore Tracker

Ingat 5 Hal Ini Jika Rasa Insecure Muncul saat Menjalani Hubungan 

Apakah kamu sering merasa insecure?

Apakah kamu tidak asing dengan istilah insecure? Hal tersebut memiliki artian bahwa kamu merasa lebih rendah dari orang lain namun pada kenyataannya tidak seburuk. Secara tata bahasa, insecure juga memiliki arti yaitu merasa diri sendiri sedang tidak aman.

Sebenarnya hal tersebut telah menjadi momok yang cukup menakutkan di kehidupan sehari-hari, apapagi dalam hubungan asmara. Kamu pasti akan merasa segalanya begitu berlebihan untukmu yang kamu anggap sebagai manusia rendahan. Sejatinya kamu harus menghilangkan kebiasaan buruk itu jika ingin mendapatkan kebahagiaan. Untuk penjelasan lebih lanjut, yuk simak pembahasan berikut ini.

1. Percayalah bahwa perasaan pasanganmu itu sangat tulus kepadamu 

Ingat 5 Hal Ini Jika Rasa Insecure Muncul saat Menjalani Hubungan pexels.com/josh willink

Ketika kamu dan dia telah memutuskan untuk menjalin sebuah hubungan, maka peecayalah bahwa dia telah memberikan segala cintanya kepadamu. Tidak ada rasa was-was ataupun canggung dari dalam dirinya karena menjalin asmara dengan dirimu. Semua hal buruk itu hanya berasal dari pikiranmu saja.

Kamu tak boleh secara terus menerus melakukan hal tersebut karena bisa saja malah membahayakan hubunganmu. Bersikaplah seperti biasanya dan percayalah segala hal yang berhubungan cinta kepadanya. Jangan terlalu dipikir dengan serius jika tak ingin pusing.

2. Kamu adalah orang terpilih yang dapat merebut hatinya sepenuhnya 

Ingat 5 Hal Ini Jika Rasa Insecure Muncul saat Menjalani Hubungan pexels.com/flora westbrook

Perasaan insecure biasanya membunuh kepercayaan diri seseorang. Padahal dalam kenyataannya, orang tersebut adalah seribu kali lebih baik dibandingkan yang lainnya. Jika kamu adalah satu dari orang tersebut, cobalah untuk intropeksi diri sekali lagi.

Tidak ada untungnya kamu merasa insecure secara terus menerus karena memang tak ada manfaatnya. Mengapa kamu tak mencoba mengalihkan pikiran kepada hal lain yang tentunya cukup membahagiakan? Pikirkanlah dengan bijak! 

3. Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing 

Ingat 5 Hal Ini Jika Rasa Insecure Muncul saat Menjalani Hubungan pexels.com/andrea piacquadio

Semua orang pasti setuju bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing tanpa terkecuali. Jika kamu telah menyadari apa itu kekurangan ataupun kelebihanmu, lantas mengapa masih merasa minder?

Di luar sana masih banyak orang yang mungkin hidupnya lebih baik dari dirimu. Lagipula, pasanganmu pasti akan menerimamu seutuhnya jika dia memang benar-benar tulus dalam mencintaimu. Jangan pernah khawatir mengenai hal tersebut karena hanya akan memberatkan pikiran saja.

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu dan Pacar Sama-sama Insecure dalam Hubungan

4. Bisa saja perasaan insecure itu menjadi bumerang untuk dirimu kelak 

Ingat 5 Hal Ini Jika Rasa Insecure Muncul saat Menjalani Hubungan pexels.com/pixabay

Ketika kamu terus-terusan konsisten terhadap perasaan insecure tersebut, maka bersiaplah untuk menerima konsekuensi buruknya suatu saat nanti. Ingatlah bahwa segala sesuatu di dunia ini pasti ada timbal baliknya. Jika kamu melakukan hal tersebut, lambat laun pasanganmu pasti akan merasa tidak nyaman.

Hal tersebut pasti akan berbahaya bagi keberlangsungan hubunganmu. Cobalah untuk mengurangi kebiasaan buruk tersebut jika kamu menginginkan kebahagiaan. Percayalah bahwa tak ada yang perlu ditakutkan selagi kamu menjalani kehidupan dengan baik-baik.

5. Ingatlah bahwa gak semua pikiran burukmu itu terbukti kebenarannya 

Ingat 5 Hal Ini Jika Rasa Insecure Muncul saat Menjalani Hubungan pexels.com/cottonbro

Jika kamu telah terbiasa merasa insecure, apakah semua perasaan buruk tersebut terbukti kebenarannya? Tentu tidak, bukan? Sebenarnya segala hal buruk di depan itu hanya berasal dari angan-anganmu yang tak optimis. Kamu merasa bahwa dunia itu tak bisa menerima keadaanmu seperti ini.

Namun ingatlah bahwa semuanya itu tergantung persepsi masing-masing. Semua keburukan yang kamu pikirkan tersebut belum tentu dianggap tak baik pula di mata orang lain. Mungkin saja pasanganmu itu bisa dengan senang hati menerima segala kekuranganmu.

Itulah kelima hal yang perlu diingat jika rasa insecure muncul saat menjalani hubungan asmara. Cobalah untuk lebih percaya diri dalam menjalani hubungan agar kebahagiaan senantiasa menyertaimu.

Baca Juga: 6 Tips Mengatasi Insecure saat Tak Kunjung Dikaruniai Momongan

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya