Comscore Tracker

Hindari, 5 Alasan Logis Jangan Suka Memotong Pembicaraan Orang Lain

Kamu juga gak suka, kan kalau omonganmu dipotong?

Manusia adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Dalam berhubungan dengan orang lain, dibutuhkan sebuah komunikasi antar sesama agar bisa terjalin ikatan yang dinamakan pertemanan. Namun banyak orang yang belum mengetahui bahwa dalam komunikasi itu ada etikanya.

Salah satu yang paling sering disepelekan adalah memotong pembicaraan orang lain. Hal itu sebenarnya cukup menjengkelkan jika kamu pernah mengalaminya. Pastinya rasa respect dari orang lain akan berkurang. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak pembahasan ini.

1. Pastinya dia akan tersinggung

Hindari, 5 Alasan Logis Jangan Suka Memotong Pembicaraan Orang Lainunsplash.com/priscilla du preez

Salah satu hal yang pasti terjadi ketika sering memotong pembicaraan orang lain adalah dia akan tersinggung. Hal itu terjadi karena mereka pasti akan merasa tidak dihargai. Jangan sampai kamu terjebak dalam hal buruk tersebut.

Jika saat ini kamu telah jatuh di dalamnya, cobalah untuk memperbaiki diri agar tak ada kesalahpahaman yang tercipta antara kamu dan lawan bicara. Percayalah bahwa pertengkaran pasti akan semakin minim dan hubungan sosialmu akan selalu baik.

2. Bisa saja kamu akan tidak dihargai balik

Hindari, 5 Alasan Logis Jangan Suka Memotong Pembicaraan Orang Lainunsplash.com/christian fregnan

Sebelumnya telah disebutkan bahwa dampak dari memotong omongan orang lain adalah mereka pasti akan merasa tidak dihargai. Ingatlah bahwa di dunia ini ada hukum timbal balik yang efeknya sangatlah nyata dan berdampak bagi kehidupan.

Jika kamu memperlakukan orang lain dengan buruk, maka tidak menutup kemungkinan pula keburukan akan kamu dapatkan. Intinya adalah jika kamu ingin dihargai oleh orang lain, maka lakukanlah hal tersebut terlebih dahulu kepada mereka.

Baca Juga: 7 Trik Obrolan Kecil Ini Bisa Membuatmu Makin Luwes Bercakap-cakap

3. Dia mungkin akan menjauhimu

Hindari, 5 Alasan Logis Jangan Suka Memotong Pembicaraan Orang Lainpexels.com/vera arsic

Kamu tidak bisa menjalani hidup tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu, kamu dituntut untuk bisa menjaga hubungan baik antar sesama meskipun itu secara terpaksa. Hal tersebut sangat berguna bagi keberlangsungan hidup sehari-hari.

Namun orang lain tidak akan segan-segan untuk menjauhimu jika kamu tak menghargainya. Salah satu aspek tak menghargai yang dimaksud adalah sering memotong pembicaraannya. Intinya adalah jauhi sikap buruk tersebut karena tidak ada manfaatnya.

4. Dia pasti menganggap bahwa kamu adalah orang yang gak asyik jika diajak berbicara

Hindari, 5 Alasan Logis Jangan Suka Memotong Pembicaraan Orang Lainpexels.com/pixabay

Tidak semua orang pasti merasa cocok jika berkomunikasi dengan seseorang yang berbeda pemikiran. Satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah kamu wajib pandai menyesuaikan etika pembicaraan pada lingkungan sosialmu saat ini.

Memotong pembicaraan akan dianggap tidak asyik bagi segelintir orang. Hal tersebut sangatlah tidak keren karena tak adanya etika yang dijunjung. Buang jauh-jauh kebiasaan buruk tersebut jika kamu ingin mendapatkan banyak relasi di luar sana.

5. Kamu pasti tidak akan mendapatkan informasi lebih lanjut

Hindari, 5 Alasan Logis Jangan Suka Memotong Pembicaraan Orang Lainpexels.com/mentatdgt

Salah satu tujuan utama dalam berkomunikasi adalah untuk mendapatkan sebuah informasi. Ketika kamu sedang berbicara dengan orang yang penting dalam pekerjaanmu, jangan sampai sesekali memotong pembicaraannya. Jika hal tersebut kamu lakukan, maka dia pasti akan malas melanjutkan topik.

Coba bayangkan yang dibicarakannya adalah sebuah topik mengenai proyek yang sangat menyangkut kariermu, bukankah hal itu sangat merugi? Maka dari itu, dengarkan baik-baik apa yang lawan bicaramu katakan. Tunggu dia sampai selesai mendistribusikan informasi melalui perkataannya.

Itulah kelima alasan mengapa kamu tak boleh sekali-sekali memotong pembicaraan orang lain. Jangan lupakan etika dalam berkomunikasi, ya!

Baca Juga: 5 Masalah dalam Hubungan yang Bisa Kamu Selesaikan dengan Bicara

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya