Comscore Tracker

7 Trik Obrolan Kecil Ini Bisa Membuatmu Makin Luwes Bercakap-cakap

Yuk, jangan lupa diterapkan!

Percakapan kecil (small talk) terkadang bisa berasa aneh, gak nyaman, dan bikin frustasi. Terlepas dari kepribadian ekstrovert atau introvert, kamu masih bisa mengubah obrolan kecil menjadi lebih bermakna dan gak jayus. Yang pastinya, juga bisa menarik perhatian orang lain untuk nimbrung.

Nah, ada 7 trik small talk yang bisa kamu terapkan lho. Meskipun butuh beberapa kali latihan agar berhasil, tapi gak ada salahnya untuk dicoba. Cek daftarnya berikut ini.

1. Berbagi informasi diri yang berhubungan dengan orang lain

7 Trik Obrolan Kecil Ini Bisa Membuatmu Makin Luwes Bercakap-cakapPexels/Rawpixel

Cara terbaik mengikutsertakan diri dalam percakapan adalah berbagi informasi tentang dirimu yang relatable/berhubungan dengan orang lain. Hal-hal yang paling kamu sukai, seperti hobi, pengalaman jadi relawan, atau soal karier.

2. Tanyakan pertanyaan terbuka yang gak bisa dijawab 'ya' atau 'tidak' saja

7 Trik Obrolan Kecil Ini Bisa Membuatmu Makin Luwes Bercakap-cakapPexels/Tirachard Kumtanom

Hindari pertanyaan singkat yang hanya bisa dijawab 'ya' atau 'tidak'. Tanyakan sesuatu yang bisa menjurus ke percakapan dalam (talk in-depth) tentang pemikiran, mimpi, atau opini mereka. Kamu bisa memulainya dengan kata tanya 'bagaimana menurutmu' dan 'mengapa'.

3. Terlibat dalam minat mereka

7 Trik Obrolan Kecil Ini Bisa Membuatmu Makin Luwes Bercakap-cakapPexels/ELEVATE

Masing-masing orang punya kepribadian yang berbeda. Jadi, strategi percakapan satu mungkin saja gak mempan untuk percakapan lain. Usahakan kamu melibatkan diri dalam minat mereka, jika gak tahu tanyakan saja. Hal ini menunjukkan kalau kamu tulus dan tertarik mempelajari lawan bicaramu sekaligus minatnya.

4. Memperhatikan bahasa tubuh mereka

7 Trik Obrolan Kecil Ini Bisa Membuatmu Makin Luwes Bercakap-cakapPexels/Rawpixel

Baca Juga: Ternyata Ini Lho 5 Trik Menjaga Mood Bagus Seharian

Jika kamu tidak terlalu kenal dengan lawan bicaramu, kamu bisa mempelajari bahasa tubuhnya saat berbicara. Hal ini untuk mengetahui topik tertentu apa yang membuat mereka nyaman atau bersemangat dalam percakapan.

5. Mendengarkan mereka dengan seksama

7 Trik Obrolan Kecil Ini Bisa Membuatmu Makin Luwes Bercakap-cakapPexels/Rawpixel

Daripada pusing menyusun pertanyaan dalam pikiran, alangkah baiknya kamu mendengarkan dengan seksama obrolan mereka. Seiring percakapan, pasti pertanyaanmu akan mengalir keluar begitu saja kok.

6. Ajukan pertanyaan yang mengikutsertakan semua orang

7 Trik Obrolan Kecil Ini Bisa Membuatmu Makin Luwes Bercakap-cakapPexels/ELEVATE

Usahakan topik yang kamu angkat gak hanya sebagian orang saja yang tahu. Jika itu terjadi, segera ubah percakapan dengan sederet pertanyaan yang mengikutsertakan semua orang.

7. Up-to-date dengan hal-hal baru

7 Trik Obrolan Kecil Ini Bisa Membuatmu Makin Luwes Bercakap-cakapPexels/Rawpixel

Selalu up-to-date dengan hal-hal terbaru atau sekiranya menarik adalah salah satu kunci dalam percakapan yang luwes. Kamu bisa memulainya dengan topik dari kejadian yang baru-baru ini terjadi, buku keren yang baru kamu baca, atau mungkin film keren baru tayang di bioskop.

Nah, itu dia 7 trik yang bisa kamu terapkan agar mahir mengubah small talk menjadi obrolan seru dan dalam. Jangan lupa diterapkan, ya.

Baca Juga: Menurut Penelitian, Ini 8 Trik Agar Kamu Terlihat Seperti Orang Pintar

Anna Mei Photo Verified Writer Anna Mei

Introvert who has a lot of things in her suitcase.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya