Comscore Tracker

5 Penyebab Kamu Tidak Bisa Berkomitmen dalam Asmara, Segera Perbaiki!

Komitmenmu menentukan kebahagian hubungan

Dalam sebuah hubungan asmara, berkomitmen merupakan suatu hal yang wajib dilakukan. Hal ini bakal berpengaruh besar terhadap kebahagiaan dalam keberlangsungan hubunganmu ke depannya.

Meskipun begitu, tidak semua orang bisa dan mau untuk berkomitmen. Mungkin saja salah satu penyebab kamu tak bisa berkomitmen ada di bawah ini.

1. Kamu masih punya rasa terhadap masa lalu

5 Penyebab Kamu Tidak Bisa Berkomitmen dalam Asmara, Segera Perbaiki!ilustrasi merenung (pexels.com/Hakob Kotolkian)

Seseorang yang belum bisa berkomitmen cenderung masih punya rasa terhadap masa lalu. Hal semacam ini wajar membuatmu menjadi enggan memulai yang baru, apalagi berkomitmen. Jika hal itu terjadi padamu, jangan membangun hubungan terlebih dahulu.

Cobalah untuk menyelesaikan permasalahan hati yang membuat orang lain bakal merasa sakit hati. Jika sudah siap untuk memulainya, kamu boleh mencoba membangun komitmen dengan orang baru.

2. Kamu masih belum bersikap dewasa

5 Penyebab Kamu Tidak Bisa Berkomitmen dalam Asmara, Segera Perbaiki!ilustrasi kaget (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bisa dikatakan seseorang yang belum bisa berkomitmen cenderung belum memiliki sikap dewasa. Hal seperti ini terjadi sebab kamu belum berpikir secara rasional dan penuh empati. Yang ada di dalam pikiranmu hanya tentang dirimu.

Lagi pula, orang dewasa itu senantiasa berpikir mengenai orang lain. Mereka bakal cenderung menjaga perasaan orang lain sebab itu merupakan sebuah kewajiban. Apalagi dalam hal asmara, kamu pasti akan menjaga komitmen sebaik mungkin jika sudah dewasa secara mental.

Baca Juga: 5 Solusi untuk Kamu yang Takut Komitmen, Kenali Tandanya

3. Kamu cenderung kurang bisa menghargai perasaan orang lain

5 Penyebab Kamu Tidak Bisa Berkomitmen dalam Asmara, Segera Perbaiki!ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Timur Weber)

Sebelumnya telah disinggung, bahwa seseorang yang tidak mampu berkomitmen itu cenderung kurang bisa menghargai perasaan orang lain. Padahal, menghargai perasaan merupakan salah satu bentuk kehidupan sosial.

Coba lihat ke dalam dirimu saat ini perihal sikap tersebut. Jika masih ada, bisa dikatakan bahwa itulah penyebab utama kamu masih belum mampu berkomitmen. Teruslah memperbaiki diri, terutama dalam hal bersosial.

4. Kamu memang belum berniat membangun hubungan

5 Penyebab Kamu Tidak Bisa Berkomitmen dalam Asmara, Segera Perbaiki!ilustrasi pasangan bertengkar (unsplash.com/Afif Kusuma)

Penyebab dari rasa enggan untuk berkomitmen itu bisa saja datang dari diri sendiri. Salah satunya adalah tidak ada niat untuk membangun sebuah hubungan di dalam hatimu. Kamu hanya ingin bermain-main saja tanpa kejelasan.

Percayalah, bahwa hal semacam itu bakal terus membayang-bayangimu dalam membangun sebuah hubungan yang serius. Lepaskan pola pikir semacam itu jika kamu bertemu dengan seseorang yang mau menerima cintamu.

5. Kamu belum mau melangkah ke jenjang yang serius

5 Penyebab Kamu Tidak Bisa Berkomitmen dalam Asmara, Segera Perbaiki!ilustrasi pasangan (pexels.com/Leah Kelley)

Pada akhirnya, setiap orang yang menjalin hubungan asmara pasti memiliki tujuan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius. Tetapi, hal tersebut memerlukan mental yang tidak sepele sebab akan ada banyak cobaan setelahnya.

Dengan begitu, tak sedikit orang yang coba berpikir-pikir sebelum melangkah ke sana. Hasilnya, orang tersebut enggan melangsungkan komitmen sehingga malah menyakiti hati orang lain.

Apakah salah satu dari kelima penyebab di atas ada di dalam dirimu? Cobalah untuk menjadi sosok yang lebih baik. Sebab, setiap manusia memang diharuskan untuk berkembang.

Baca Juga: 5 Ciri Hubungan Asmara yang Sulit Bertahan Lama, Gampang Ditebak! 

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya