Comscore Tracker

Jika Kamu Tidak Pilih-pilih dalam Pertemanan, 5 Hal Ini Akan Didapat

Gak selamanya kamu harus pilih-pilih kok!

Banyak orang berpendapat bahwa pilih-pilih dalam mencari teman itu perlu dilakukan. Sebenarnya hal tersebut tidak bisa disalahkan karena terkadang nasib orang pun berbeda-beda, khususnya dalam menjalin relasi. Namun kamu harus selalu ingat bahwa hakikat dari manusia itu sebagai makhluk sosial.

Tidak pilih-pilih dalam mencari teman akan mendatangkan banyak dampak positif maupun sebaliknya. Hal tersebut harus kamu hadapi sebagai konsekuensi karena gak mau pilih-pilih dalam berteman. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal apa saja yang dimaksud, simak pembahasan ini.

1. Kamu akan memiliki teman yang berasal dari berbagai latar belakang

Jika Kamu Tidak Pilih-pilih dalam Pertemanan, 5 Hal Ini Akan Didapatpexels.com/buro millennial

Salah satu hal yang akan didapat jika tidak pilih-pilih dalam bersosialisasi adalah temanmu pasti berasal dari berbagai macam latar belakang. Hal tersebut akan sangat membantumu dalam meningkatkan kualitas diri, khususnya dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu pasti akan memiliki banyak teman diskusi sehingga pemikiranmu akan menjadi luas. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk membuka realsi dengan tidak memilih teman yang hanya satu frekuensi saja. Tetapi jangan pernah lupa perihal batasan ya!

2. Semakin banyak teman maka kamu akan dimudahkan ketika sedang susah

Jika Kamu Tidak Pilih-pilih dalam Pertemanan, 5 Hal Ini Akan Didapatpexels.com/ketut subiyanto

Meskipun tidak bisa digeneralisasi, terkadang memiliki teman yang banyak akan sangat membantu ketika kamu sedang mengalami kesusahan. Memang tidak semua orang akan membantumu, namun ingatlah bahwa temanmu itu gak hanya itu-itu saja.

Ketika salah satu dari mereka tidak bisa menolong, kamu dapat meminta bantuan ke kawan lain yang sangat memungkinkan memberi dukungan. TIdak perlu berkecil hati jika ada yang gak mau membantu di kala susah. Terkadang kamu gak bisa memaksa orang lain untuk sepakat dengan jalan pikiranmu.

Baca Juga: 5 Nasihat Pertemanan Ini Sering Tidak Dipahami dengan Baik

3. Kamu akan rentan menemukan definisi teman palsu

Jika Kamu Tidak Pilih-pilih dalam Pertemanan, 5 Hal Ini Akan Didapatpexels.com/min an

Selain hal positif, tidak memilih dalam mencari relasi dapat membuatmu rentan menemukan definisi teman palsu. Hal itu memang tidak dapat dihindarkan karena kamu tidak bisa membuat orang lain suka denganmu meskipun itu berkedok sebagai teman.

Pasti akan ada saja orang yang ingin menjatuhkanmu dengan cara bermuka dua. Hal itu sebenarnya tergantung bagaimana kamu menyikapi jika dihadapkan pada situasi seperti itu. Cobalah untuk bersosialisasi dengan bijak agar niat baikmu untuk memiliki banyak teman tidak malah menjadi bumerang.

4. Kamu akan menjadi seseorang yang bersikap "approval junkie"

Jika Kamu Tidak Pilih-pilih dalam Pertemanan, 5 Hal Ini Akan Didapatpexels.com/victoria borodinova

Approval junkie adalah sebuah keadaan di mana kamu senantiasa menunjukkan yang terbaik di hadapan orang lain dengan tujuan mendapat pengakuan tanpa memerhatikan keadaan diri sendiri. Hal itu tentunya akan sangat merugikan bagimu karena kamu hanya sebatas ingin membuat orang lain memandangmu.

Melakukan hal tersebut akan membuatmu menjadi seseorang yang tidak menghargai diri sendiri. Demi mendapat perhatian banyak orang, kamu akan melakukan apapun demi mereka. Maka dari itu terkadang tidak pilih-pilih dalam pertemanan hanya akan membuatmu menjadi orang yang hipokrit.

5. Percaya dirimu pasti akan bertambah

Jika Kamu Tidak Pilih-pilih dalam Pertemanan, 5 Hal Ini Akan Didapatpexels.com/helena lopes

Hal terakhir yang akan didapatkan adalah kepercayaan dirimu pasti akan bertambah. Memiliki banyak teman yang cukup banyak menjadikanmu terbiasa untuk bersosialisasi dengan orang lain. Alhasil tidak akan ada rasa malu yang menjadi momok besar bagimu karena kamu sudah biasa melatihnya.

Rasa minder ketika bersosialisasi dengan orang baru pasti akan hilang karena kamu sudah bisa menghadapi situasi semacam itu. Dengan adanya hal tersebut, keberlangsungan hidupmu dalam keseharian pasti akan lebih dimudahkan.

Menjadi orang yang pilih-pilih atau tidak itu hak masing-masing individu. Yang harus kamu ketahui adalah setiap hal itu pasti memiliki kelebihan maupun kekurangannya tersendiri.

Baca Juga: 5 Ciri Kamu Telah Berada di Lingkungan Pertemanan yang Sehat, Cek!

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya