Comscore Tracker

5 Macam Tuduhan yang Bisa Membuat Hubungan Asmaramu Hancur Berantakan

Jangan asal tuduh, ya! #IDNTimesLife

Dalam menjalani hubungan, kepercayaan terhadap sesama merupakan sebuah hal yang paling krusial. Hal tersebut dapat memicu keberhasilan hubungan yang nantinya akan berlanjut ke jenjang selanjutnya. Namun, banyak orang yang masih sering menuduh pasangannya melakukan hal-hal buruk di belakang.

Hal itu biasanya didasari oleh ego dan sikap posesif yang cenderung tinggi sehingga malah akan membahayakan hubungan. Ada beberapa macam tuduhan yang harus kamu hindari agar hubunganmu bisa berjalan sesuai rencana. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya!

1. Menuduh bahwa dia telah berselingkuh

5 Macam Tuduhan yang Bisa Membuat Hubungan Asmaramu Hancur BerantakanIlustrasi menuduh (pexels.com/keira burton)

Jika kamu menuduh pasangan berselingkuh secara membabi buta, dapat dikatakan bahwa hubunganmu berada dalam bahaya. Hal itu biasanya kamu lakukan ketika dia banyak berinteraksi dengan teman-temannya.

Sebenarnya hal tersebut adalah wajar karena sejatinya manusia harus saling berinteraksi. Jangan tuduh pasanganmu secara sepihak karena dia akan merasa tidak nyaman.

2. Menuduh bahwa dia sudah tidak cinta lagi kepadamu

5 Macam Tuduhan yang Bisa Membuat Hubungan Asmaramu Hancur BerantakanIlustrasi menuduh (pexels.com/Alex Green)

Menuduh dia sudah tidak cinta lagi denganmu juga merupakan hal yang harus dihindari. Hal itu karena bisa saja dia sebenarnya sudah mengorbankan banyak sesuatu namun kamu masih belum merasakannya. Cobalah untuk introspeksi diri terlebih dahulu sebelum mengatakan hal seperti itu.

Dia pasti akan sangat sakit hati jika dituduh rasa cintanya sudah hilang kepadamu. Sebelum menuduh seperti itu, coba tanyakan kepada dirimu bahwa apakah kamu sudah mencintainya secara utuh?

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Introspeksi Diri Saat Bertengkar dengan Pasanganmu

3. Menuduh dia menjadi semua sumber permasalahan dalam hubungan

5 Macam Tuduhan yang Bisa Membuat Hubungan Asmaramu Hancur BerantakanIlustrasi menuduh (pexels.com/Budgeron Bach)

Pertengkaran merupakan sebuah hal yang wajar terjadi dalam sebuah hubungan. Permasalahan dalam sebuah hubungan cenderung kompleks sehingga kamu dan dia harus berusaha bertahan. Namun, hal tersebut sering tidak dilakukan oleh banyak orang karena termakan ego.

Kamu cenderung mencari siapa pihak yang salah sehingga solusi tidak ditemukan. Selain itu, kamu juga menuduh bahwa dialah sumber dari segala permasalahan dalam hubungan. Jangan sekali-sekali berkata seperti itu jika tidak ingin hubunganmu menjadi berantakan.

4. Menuduh dia tidak berjuang sama sekali dalam hubunganmu

5 Macam Tuduhan yang Bisa Membuat Hubungan Asmaramu Hancur BerantakanIlustrasi menuduh (pexels.com/Polina Zimmerman)

Agar hubungan bisa berakhir bahagia, sebuah pasangan dituntut untuk mau berjuang bersama. Namun, hal tersebut biasanya menjadi sangat rumit ketika salah satu pihak menuduh pasangannya tidak berjuang. Hal itu biasanya muncul ketika komunikasi dalam hubungan sangatlah minim. Semua pihak sama-sama ingin dimengerti namun tidak bisa menjaga komunikasi.

5. Menuduh dia tidak bisa menjaga perasaan saat sedang LDR

5 Macam Tuduhan yang Bisa Membuat Hubungan Asmaramu Hancur BerantakanIlustrasi menuduh (pexels.com/Alex Green)

LDR merupakan sebuah hal yang sangat memberatkan bagi setiap pasangan. Namun hal tersebut wajib dihadapi jika kedua belah pihak sama-sama memiliki keinginan untuk hidup bersama nantinya. Ada banyak cobaan yang harus dihadapi ketika sedang LDR.

Kamu pasti sering berpikir bahwa dia pasti akan mudah tergoda dengan orang lain. Anggapan semacam itu sebenarnya gak boleh dipelihara sebab akan merusak hubungan. Apalagi jika kamu menuduh dia tidak bisa menjaga perasaan tanpa ada bukti nyata. Cobalah untuk bisa bersikap bijaksana dengan cara saling percaya.

Dari kelima hal di atas, apakah kamu pernah melakukan salah satunya? Dalam menjalankan sebuah hubungan, diperlukan adanya kedewasaan agar anganmu indahmu dengan dia bisa terealisasi. Stopmenuduh pasangan terkait hal yang buruk sebab dampaknya akan sangat negatif bagi hubunganmu. Just let it flow, Guys!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Menunjukkan Perasaan dengan Detail ke Pasangan

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya