Comscore Tracker

5 Alasan Jangan Mengharapkan Hubungan yang Sempurna dengan Pasangan

Karena kesempurnaan sangat sulit dicapai

Semua pasangan berharap dapat menjalin hubungan yang sempurna dengan sedikit masalah. Namun konsep relationship goal ini sayangnya sangat sulit bisa terjadi. Sama seperti pasangan, menjalin hubungan yang sempurna sangatlah mustahil. Selalu saja ada kekurangan yang terjadi antar kedua pasangan.

Pertengkaran, perbedaan dan kadang-kadang benci merupakan hal yang wajar dalam sebuah hubungan. Sejauh sudah mengenal satu sama lain dan tidak mengedepankan ego segala masalah bisa terselesaikan kok. Karena itu kamu tidak perlu memaksa untuk sempurna dalam menjalin hubungan dengan pasanganmu. Berikut ini terdapat 5 alasan bahwa tidak ada hubungan yang sempurna.

1. Setiap hubungan pasti akan diuji, jauh dari kata sempurna 

5 Alasan Jangan Mengharapkan Hubungan yang Sempurna dengan PasanganPexels/Andrea Piacquadio

Jangan menyalahkan siapapun karena setiap hubungan pasti akan diuji. Mengharap semua berjalan baik-baik saja adalah hal yang sia-sia. Kekecewaan, pertengkaran, perselisihan merupakan masalah yang biasa terjadi. Banyaknya masalah yang dialami merupakan ujian yang harus dilalui kedua pasangan. Tidak ada hubungan yang kuat tanpa pernah diuji.

Jika sampai sekarang hubunganmu tanpa masalah, bersyukurlah. Namun bukan berarti masalah tidak akan datang. Hubungan yang sempurna bukanlah hubungan yang tanpa masalah, justru semakin sering kedua pasangan menyelesaikan masalah bersama, rasa cinta akan terjaga dan saling kompak satu sama lain.

2. Perlu perjuangan agar kedua pasangan tetap saling mencintai 

5 Alasan Jangan Mengharapkan Hubungan yang Sempurna dengan PasanganPexels/Sandro Crepulja

Tetap mencintai dan bersama membutuhkan perjuangan. Kamu akan mudah memandang sebelah mata usaha pasanganmu jika terus mengharapkan kesempurnaan. Hubungan yang baik adalah hubungan yang berjuang bersama. Bukan salah satu pasangan berkorban untuk pasangannya. 

Jika selama ini kamu terus menerima tanpa memberi kamu perlu memperbaiki hubunganmu dengan balas memberi. Jika kamu terus memberi tanpa menerima kamu perlu membatasi bahwa tidak selalu kamu harus berkorban untuknya. Perjuangan kedua pasangan untuk tetap menjaga hubungan tidaklah mudah. Kedua pasangan harus menjaga untuk tetap saling mencintai, apapun kondisi yang terjadi.

3. Membuatmu sulit menerima kekurangan pasanganmu

5 Alasan Jangan Mengharapkan Hubungan yang Sempurna dengan PasanganPexels/Andrea Piacquadio

Kekurangan adalah hal yang wajar dimiliki siapapun. Termasuk dirimu dan pasanganmu. Kekurangan tersebut bisa memicu hubunganmu tidak berjalan baik. Namun tidak masalah, seiring berjalannya waktu kekurangan akan tertutupi dengan kelebihan yang dimiliki satu sama lain.

Bukankah tujuan membentuk sebuah hubungan untuk melengkapi satu sama lain. Karena itu wajar kedua pasangan pernah melakukan kesalahan meski tidak disadari. Kamu akan sulit memahami dan menerima kekurangan orang lain jika terus mengharapkan hubungan yang sempurna. Jadi gak perlu memaksa untuk menjadi sempurna ya.

Baca Juga: 5 Nasihat Ini Cocok Untukmu yang Baru Saja Menjalani Hubungan Pacaran

4. Gak apa-apa, adanya perbedaan bukan berarti kedua pasangan tidak cocok  

5 Alasan Jangan Mengharapkan Hubungan yang Sempurna dengan PasanganPexels/Connery Davoodian

Berbeda bukan berarti tidak cocok. Jangan sensi dengan perbedaan. Kedua pasangan dibesarkan dan memiliki otak yang berbeda. Sehingga perbedaan sudut pandang adalah hal yang wajar. Ada kalanya perbedaan pendapat tentang suatu masalah terjadi. Saling diam dan membenci satu sama lain juga pasti akan terjadi. Namun hal tersebut bukan menghalangi agar kalian tetap bersama.

Adanya perbedaan bukan mengartikan tidak pantas bersama. Hubungan yang tulus bisa bertahan dengan apapun perbedaan yang dimiliki. Jadi tidak perlu menutu-nutupi kepada pasangan jika kamu memiliki pandangan atau perbedaan akan suatu hal ya.

5. Membuat sering membanding-bandingkan hubungan dengan pasangan lain 

5 Alasan Jangan Mengharapkan Hubungan yang Sempurna dengan PasanganPexels/Smoke Weddings

Sering kali kita membanding-bandingkan hubungan dengan orang lain untuk menunjukkan siapa yang lebih sempurna. Sering tidak kamu sadari melihat keromantisan yang dilakukan pasangan lain membuatmu menginginkan relationship goal yang sama. Kamu merasa bahwa hubungan yang sempurna adalah hubungan yang ditunjukkan pasangan tersebut. Sering membanding-bandingkan akan membuat pasanganmu tidak nyaman menjalaninya.

Berharap sempurna membuatmu sering membanding-bandingkan hubunganmu dengan orang lain. Padahal tidak seharusnya kamu memakai standar yang dipakai orang lain. Jadikan konsep relationship goalmu sendiri yang paling orisinil. Sehingga kedua pasangan bisa menjadi dirinya sendiri dan tidak terkesan mencoba mengikuti orang lain.

Jangan pernah berharap hubunganmu bisa berjalan sempurna. Karena selalu saja ada kekurangan yang terjadi tanpa kamu perkirakan. Akan ada banyak kekecewaan dan kesedihan namun bukan berarti kamu harus berhenti mencintai. Kamu bisa memperbaiki perselisihan dan bukan berarti adanya perbedaan mengartikan kalian tidaklah cocok.

Baca Juga: 5 Sebab Kamu Harus Pergi Saat Hubungan Hanya Menghasilkan "Makan Hati"

thariq bintoro Photo Verified Writer thariq bintoro

hallo selamat membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya