Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Pasangan Kerap Menyalahkanmu bila Bertengkar

Jangan sampai diam saja bila diperlakukan tidak baik

Pertengkaran dalam suatu hubungan adalah hal yang sangat wajar terjadi. Bahkan, dapat dikatakan bahwa pertengkaran merupakan bumbu alami untuk membuat hubungan semakin erat dan dipenuhi dengan cerita.

Sayangnya, hal ini tak berlaku apabila pertengkaran berlangsung dengan frekuensi sering dan justru menyebabkan rasa sakit hati tersendiri. Hal tersebut semakin terasa buruk jika pasangan gemar menyalahkanmu dalam berbagai situasi. Biasanya, pasangan yang bertindak seperti itu justru disebabkan oleh beberapa alasan yang berikut ini.

1. Berusaha menutupi kesalahannya

5 Alasan Mengapa Pasangan Kerap Menyalahkanmu bila Bertengkarilustrasi sedih (pexels.com/@Andrew-Neel)

Alasan yang pertama adalah bisa saja karena pasangan sedang menutupi kesalahannya. Tidak ada orang yang selalu sempurna, begitu pun pasanganmu dalam setiap konflik yang dipermasalahkannya.

Bisa saja memang ia sedang berusaha untuk menutupi kesalahannya secara hati-hati. Hal tersebut dilakukan dengan melampiaskan emosinya kepadamu sehingga dengan menyalahkanmu, ia terlihat lebih aman.

2. Merasa jauh lebih superior dibanding dirimu

5 Alasan Mengapa Pasangan Kerap Menyalahkanmu bila Bertengkarilustrasi KDRT (pexels.com/@Alex-Green)

Hal selanjutnya yang menjadi fokus utama adalah kelirunya seseorang dalam menempatkan diri sendiri. Antara pria dan perempuan semestinya memiliki peran serta posisi yang tidak berbeda dalam hubungan sehingga harus saling mencintai dan menghormati. 

Justru berbeda halnya bila pasanganmu merasa jauh lebih superior dibanding dirimu. Bukan tak mungkin bahwa ia akan mudah menyalahkanmu begitu saja tanpa pertimbangan.

Baca Juga: 5 Tips agar Gak Menyalahkan Mantan atas Berakhirnya Hubungan

3. Tidak merasa percaya diri

5 Alasan Mengapa Pasangan Kerap Menyalahkanmu bila Bertengkarilustrasi pria sedang sedih (unsplash.com/@tjump)

Memang rasanya sangat sulit bila sebuah hubungan dilandasi oleh ketidakpercayaan diri dari salah satunya. Hal ini akan membuat hubungan akan semkain terasa sulit serta tak mampu berjalan dengan baik.

Bila pasangan merasa tidak percaya diri, ia akan mampu menutupi kekurangannya dengan cara menyalahkan pasangan. Dalam konteks ini, pasanganlah yang akan terlihat kekurangannya.

4. Ekspektasi tinggi terhadap hubungan

5 Alasan Mengapa Pasangan Kerap Menyalahkanmu bila Bertengkarilustrasi pasangan berbicara (pexels.com/@Keira_Burton)

Memiliki ekspektasi tinggi dalam sebuah hubungan adalah hal yang lumrah, namun jangan dijadikan beban. Banyak pasangan yang menjadikan ekspektasi sebagai suatu beban sehingga benar-benar mengejarkan.

Bila pasangan melakukan kesalahan, ia sangat mudah menyalahkan begitu saja. Hal tersebut dsiebabkan pasangan dianggap sebagai pengacau dari ekspektasi tinggi dalam hubungan.

5. Sedang di situasi yang stres

5 Alasan Mengapa Pasangan Kerap Menyalahkanmu bila Bertengkarilustrasi merasa sedih (unsplash.com/@christnerfurt)

Pasangan yang gemar menyalahkanmu dalam hubungan mungkin sedang memiliki permasalahan mental. Bisa jadi ia berada dalam situasi yang stres atau pun merasa tertekan dengan sesuatunya.

Kamu juga tak mesti selalu mengalah bila diperlakukan demikian serta tidak pula memakluminya. Kamu perlu secara tegas mempertingatkan pasangan sehingga tidak mudah menjadikanmu sebagai pelampiasan emosinya.

 

Terkadang memang tak mudah berada dalam hubungan yang toksik seperti ini. Bertahan dengan pasangan yang gemar menyalahkan juga tentu tidak membuat nyaman. Ketahui batasanmu untuk tetap bertahan, ya!

Baca Juga: 5 Hal Positif jika Kamu Gak Gampang Menyalahkan Orang Lain

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya