Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Keluarga Pasangan yang Masih Enggan Merestui, Sulit!

Tidak mudah untuk menjalani hubungan yang belum direstui

Setiap pasangan yang menjalani hubungan tentu saja memiliki harapan untuk dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih serius lagi. Nyatanya dalam melanjutkan hubungan ke jenjang serius, terkadang hal ini tidak selalu berjalan mudah sebab ada saja persoalan yang harus siap dihadapi, salah satunya adalah restu dari keluarga pasangan.

Tidak semua pasangan dapat secara beruntung memperoleh restu dari keluarga pasangan. Beberapa diantaranya masih harus rela menerima penolakan atas hubungan yang dijalani. Kamu dapat menghadapi situasi yang seperti itu dengan melakukan beberapa hal yang berikut ini.

1. Tidak terkesan memaksa

5 Tips Menghadapi Keluarga Pasangan yang Masih Enggan Merestui, Sulit!ilustrasi pria sedang sedih (unsplash.com/@tjump)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan tidak memaksa pihak mana pun. Kamu mungkin sangat berharap untuk mengantongi restu dari keluarga pasangan, namun nyatanya hal tersebut tak selalu berjalan dengan baik.

Jika kamu justru terkesan memaksa pada keluarga pasangan, maka mereka justru akan semakin tidak menyukaimu. Hal inilah yang semestinya membuatmu harus mampu mengontrol diri dengan sebaik mungkin.

2. Berikan jarak terlebih dahulu demi kenyamanan semua pihak

5 Tips Menghadapi Keluarga Pasangan yang Masih Enggan Merestui, Sulit!ilustrasi merawat mertua (pexels.com/@Matthias_Zomer)

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan menerapkan jarak yang tepat terhadap keluarga pasangan. Kadang kala memang kamu dan keluarga pasangan harus sama-sama saling menjaga jarak dalam situasi yang seperti ini.

Berada dekat atau justru memaksakan diri untuk selalu terlibat dalam keluarga pasangan hanya akan membuat mereka semakin tak menyukaimu. Itulah mengapa menjaga jarak lebih baik sebagai upaya agar semuanya tetap merasa nyaman.

Baca Juga: 5 Alasan Doi Belum Mengenalkanmu pada Keluarganya, Terhalang Restu

3. Berdiskusi dengan pasangan

5 Tips Menghadapi Keluarga Pasangan yang Masih Enggan Merestui, Sulit!ilustrasi mengobrol (pexels.com/@EKATERINA-BOLOVTSOVA)

Menjalin hubungan percintaan yang seperti ini tentunya bukan hanya dilalui oleh satu pihak saja. Pasanganmu juga perlu turut ambil andil dalam urusan yang seperti ini, salah satunya dengan melalui proses diskusi yang panjang.

Kamu dan pasangan dapat saling berdiskusi mengenai hal-hal yang perlu dilakukan dalam menghadap situasi sulit seperti itu. Dengan demikian, nantinya akan ada solusi yang bisa diambil secara cermat.

4. Melakukan refleksi terhadap diri sendiri

5 Tips Menghadapi Keluarga Pasangan yang Masih Enggan Merestui, Sulit!ilustrasi berpikir (unsplash.com/@anthonytran)

Keluarga pasangan yang enggan memberikan restunya pasti memiliki alasan tersendiri di balik hal tersebut. Alasan inilah yang kemudian bisa dijadikan refleksi terhadap diri sendiri bila memang kamu merasa bahwa dirimu salah.

Refleksi ini dilakukan dengan mencoba mengintrospeksi diri sendiri dari setiap hal yang mungkin sudah dilakukan. Dengan demikian, kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik setelahnya.

5. Berusaha melakukan komunikasi secara intens dengan keluarga pasangan

5 Tips Menghadapi Keluarga Pasangan yang Masih Enggan Merestui, Sulit!ilustrasi bersama mertua (pexels.com/@Andrea_Piacquadio)

Jika kamu dan pasangan masih sama-sama ingin memperjuangkan hubungan, maka lakukanlah secara kompak. Salah satunya adalah dengan mencoba berkomunikasi secara intens dengan keluarga pasangan.

Proses komunikasi ini dapat dilakukan dengan memilih waktu dan suasana yang tepat. Melalui komunikasi ini, nantinya akan ada jalan keluar dan solusi yang bisa diambil.

Ternyata memang tidak bisa sembarangan dalam menghadapi keluarga pasangan yang masih enggan memberikan restu. Selain itu, perlu cara-cara yang tepat agar hubungan yang terjalin tetap berjalan baik. Terpenting tidak saling memaksa, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Kamu & Pasangan Lakukan Ini Buat Orangtua jadi Gak Merestui

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya