Comscore Tracker

5 Tips Cepat Move On Setelah Ditinggal Mantan Menikah, Jangan Sedih!

#IDNTimesLife Kamu harus bisa menjadi versi terbaik

Patah hati mungkin pernah dialami oleh hampir sebagian besar orang. Tentunya tak ada yang ingin mengalami hal tersebut meskipun sudah berusaha untuk dicegah sekalipun. Salah satu patah hati yang umum dirasakan adalah ketika mantan kekasih memutuskan untuk menikah.

Untuk sebagian orang yang belum move on, tentu saja hal tersebut sedikit sulit untuk diterima. Alih-alih terlalu sibuk dan larut dalam hal tersebut, sebaiknya kamu dapat melakukan beberapa hal ini untuk mensiasatinya.

1. Luapkan kesedihan tanpa mencoba menahannya

5 Tips Cepat Move On Setelah Ditinggal Mantan Menikah, Jangan Sedih!Ilustrasi wanita sedang marah (Pexels/Engin Akyurt)

Tak ada salahnya jika kamu ingin bersedih, menangis, atau meluapkan segala keluh kesahmu. Jangan pernah mencoba untuk menahan hal tersebut karena justru bisa menyiksa.

Berusahalah untuk meluapnya, namun jangan sampai berlebihan hingga menyakiti diri dan orang lain. Lewat cara tersebut, kamu akan merasa lebih baik dan tidak menjadi beban.

2. Putuskan segala komunikasi tentang dia bila diperlukan

5 Tips Cepat Move On Setelah Ditinggal Mantan Menikah, Jangan Sedih!Ilustrasi wanita bermain ponsel (Pexels/Karolina Grabowska)

Jika memang kamu merasa sulit untuk menerima mantan sebagai teman, maka tak ada salahnya jika ingin memutuskan segala bentuk komunikasi tentang dia. Cara tersebut diharapkan dapat membuat perasaan sakit hatimu menjadi pulih secara perlahan.

Kamu dapat mencoba mengurangi segala bentuk komunikasi jika memang dirasa hal tersebut membuatmu untuk melupakannya. Jangan memaksakan diri jika memang tak siap.

3. Temukan orang yang tepat untuk curhat

5 Tips Cepat Move On Setelah Ditinggal Mantan Menikah, Jangan Sedih!ilustrasi teman mengobrol (Pexels/George Milton)

Kamu juga tak selalu harus bersikap kuat dalam menghadapi permasalahan. Tak masalah untuk sesekali bercerita kepada orang yang dapat kamu percaya.

Temukan orang yang tepat untuk bercerita jika memang kamu membutuhkan tempat untuk curhat. Cara tersebut akan membantumu untuk merasa lebih baik lagi.

Baca Juga: Gak Pakai Lama, 5 Alasan Mengapa Pria Cenderung Lebih Mudah Move On

4. Berhenti menyalahkan diri

5 Tips Cepat Move On Setelah Ditinggal Mantan Menikah, Jangan Sedih!ilustrasi wanita marah (Unsplash/Malicki M Beser)

Segala hal yang sudah berlalu, biarkanlah tetap berlalu. Jangan mencoba untuk mengulangnya atau bahkan menyalahkan dirimu sendiri atas apa yang terjadi.

Tindakan menyalahkan diri faktanya tak akan memberikan solusi apa-apa. Bukan tak mungkin jika kamu hanya akan merasa semakin rendah diri dan sulit untuk bangkit.

5. Berusaha untuk membuat kehidupan yang lebih baik setelah patah hati

5 Tips Cepat Move On Setelah Ditinggal Mantan Menikah, Jangan Sedih!ilustrasi orang tersenyum (Pexels/Elina Sazonova)

Pesan moral yang sangat penting dalam suatu kegagalan percintaan adalah tentang bagaimana kamu dapat menerima segala hal, meski hal tersebut pahit. Kamu juga bisa bersyukur atas patah hati yang dialami.

Kamu harus mampu menciptakan suasana yang baik untuk dirimu sendiri agar dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. Langkah tersebut adalah cara terbaik untuk move on.

 

Tentunya menerima patah hati kadang kala tak semudah seperti yang dipikirkan. Tetap berpikir sehat dan bersyukur atas apa yang telah kamu lalui. Move on dan bangkit, ya!

Baca Juga: 6 Cara Melihat Gebetan Sudah Move On dari Masa Lalunya atau Belum

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya