Comscore Tracker

5 Keuntungan yang Kamu Rasakan Kalau Punya Pasangan yang Lebih Tua 

Konon, lebih bijak dan percaya diri

Saat menjalin hubungan asmara dengan seseorang, kamu juga bisa mempelajari seperti apa karakter yang ia miliki. Ada sosok pasangan yang dewasa dan pengertian, sampai yang seru dan penuh humor.

Dalam artikel ini, secara khusus IDN Times akan membahas seperti apa saja sih keuntungan yang kamu rasakan saat pacaran dengan orang yang lebih tua. Kalau penasaran, simak terus artikelnya ya!

1. Dia mengenal dirinya dengan baik dan itu membuat ia jadi sosok yang bijaksana

5 Keuntungan yang Kamu Rasakan Kalau Punya Pasangan yang Lebih Tua pexels.com/@cottonbro

Kebanyakan dari mereka cenderung telah melewati masa pencarian jati dirinya. Mereka jadi lebih tegas akan kemauannya karena telah mengenal siapa dirinya sesungguhnya.

Bagi Syifa (23) seorang jurnalis travel, hal itu menjadi salah satu daya tarik dari mantan pasangannya. "Kelihatannya emang lebih percaya diri dan matang. Selain itu, aku merasa dia punya pandangan yang menarik dan keren aja," ujarnya.

Setelah setahun menjalin hubungan, Tiara (23), seorang pegawai swasta, juga mengalami hal yang serupa. Ia bilang, "Menurutku pribadi, dia emang jauh lebih dewasa dan bijak. Terutama dalam pengambilan keputusan."

Berdasarkan cerita yang dibagikan keduanya, dapat disimpulkan bahwa pasangan dengan usia yang lebih tua terkesan lebih dewasa dan bijaksana. Selain itu, rasa kepercayaan diri juga menjadi daya pikat tersendiri.

2. Karena pengalaman hidupnya, biasanya mereka lebih bisa kasih saran yang bijaksana dan sudah mandiri secara finansial

5 Keuntungan yang Kamu Rasakan Kalau Punya Pasangan yang Lebih Tua pexels.com/@cottonbro

Bagi Syifa, usia gak selalu mampu mendefinisikan taraf kedewasaan seseorang. Dirinya mengaku gak ingin terlalu bergantung dengan pacarnya. "Emang sih dia bisa kasih saran yang lebih dewasa, tapi kadang aku lebih inisiatif dan care dari dia," ujarnya.

Pengalaman serupa terjadi pada hubungan yang dijalani oleh Kiki. Ketika sedang curhat atau bertanya pendapat akan sesuatu, dia merasa masukan dari pasangannya terdengar lebih realistis.

"Sarannya gak basa-basi dan realistis. Walau kadang menyakitkan, tapi itu keadaan yang sebenarnya," tuturnya.

Selain punya pola pikir yang realistis, kebanyakan dari mereka biasanya sudah mandiri, baik dalam artian secara finansial atau pun kepribadian. Hal ini disebabkan oleh pengalaman bekerja mereka yang dimulai lebih dahulu.

Seperti yang dituturkan Rizki (23), HR pada perusahaan swasta, bahwa kemandirian finansial menjadi salah satu prioritas utamanya dalam hubungan asmara. Ia mengatakan, "Dengan aku lihat perjuangan dan kerja kerasnya, aku bisa yakin kalau ketika kita menikah, dia bukan tipe orang yang leha-leha."

Bagi Rizki, kemandirian finansial gak hanya merujuk pada pundi-pundi kekayaan yang dimiliki pasangan. Tetapi, lebih dalam lagi membahas mengenai sifat dan karakter pasangannya. "Mandiri secara finansial itu penting karena dia tahu jalan hidupnya. Dia juga lebih menghargai uang dan kerja keras seseorang," tambahnya.

Baca Juga: [QUIZ] Cari Tahu Seperti Apa Relationship Goals ala Zodiakmu!

3. Mereka senang mengobrol tentang topik yang dalam dan menyentuh hati

5 Keuntungan yang Kamu Rasakan Kalau Punya Pasangan yang Lebih Tua pexels.com/@olly

Kebanyakan pasangan yang lebih tua itu senang mengobrol, lho! Selain itu, obrolan yang mereka sukai itu cenderung sifatnya dalam dan personal. Misalnya, mereka akan menanyakan tentang kariermu ke depannya atau petualangan yang ingin dicapai di masa depan.

Syifa pun mengakui percakapan yang pernah ia alami, cenderung lebih dalam dan visioner, termasuk juga bahas soal jenjang hubungan yang lebih serius. Ia menjelaskan, "Obrolannya tuh lebih dalam dan visioner, jadi banyak banget bahas soal masa depan."

Walau preferensi budaya populer kalian berbeda, kalian masih bisa bahas hal lain yang gak kalah seru. Mereka juga biasanya adalah sosok yang supel dan membuat kamu merasa lebih nyaman serta merasa bisa mengandalkan mereka.

Seperti yang dirasakan oleh Tiara dengan pasangan yang berbeda usia 6 tahun darinya. "Pembahasan soal masa depan itu sering banget! Mungkin karena usia dia lebih tua dan pengalaman hidupnya pun lebih banyak," katanya.

4. Mereka bisa memberikan rekomendasi tentang sesuatu yang sebelumnya gak pernah kamu ketahui

5 Keuntungan yang Kamu Rasakan Kalau Punya Pasangan yang Lebih Tua pexels.com/@fernanda-pereira-2010085

Karena mereka punya pengalaman hidup yang lebih kaya, mereka biasanya akan punya banyak wawasan yang lebih dalam tentang sesuatu. Kamu bisa menanyakan rekomendasi sesuatu kepada mereka.

Karakter ini akan menarik perhatianmu yang punya jiwa petualang. Salah satunya terjadi pada Syifa yang merasa tertarik karena perbedaan selera musik dengan mantan pacarnya. "Dulu, jadi suka dengerin jenis musik yang gak pernah aku tahu sebelumnya," katanya.

Selain referensi musik dan tayangan hiburan, Rizki mengaku mendapat banyak insight positif dari pasangan. Pegawai di salah satu kedai kopi terkemuka ini menuturkan, "Wawasannya dia luas banget, begitu juga pergaulannya. Nah, dari situ kita bisa saling sharing dan menambah kedalaman pola pikirku juga."

5. Mereka tahu bagaimana cara bersikap di hadapan keluarga

5 Keuntungan yang Kamu Rasakan Kalau Punya Pasangan yang Lebih Tua pexels.com/@cottonbro

Momen memperkenalkan pasangan kepada keluarga itu adalah momen krusial. Sebab, dari sana impresi pertama tercipta.

Umumnya, pasangan yang lebih tua lebih percaya diri dan tahu harus berbuat apa dalam pertemuan keluarga. Mereka tahu bagaimana menempatkan diri secara bijak. Seperti kapan harus menjawab pertanyaan dengan serius atau dengan guyonan tanpa membuat suasana menjadi tegang.

Sambil tertawa perlahan, Rizki pun membagikan pengalamannya tentang hal ini. "Dia bahkan lebih tahu karakter nyokap kayak gimana. Dia juga kasih nasihat yang baik dan gak sungkan negur kalau aku masih bersikap kaya anak kecil," tuturnya.

Salah satu pelajaran yang Rizki dapatkan dari pasangannya yang berbeda usia dua tahun dengannya adalah lebih menghargai orangtua. "Dia bilang ke aku, salah satu ciri orang belum dewasa itu adalah ketika kita masih confront saat dimarahi orang tua," ujarnya. Dari sana, ia merasa lebih bisa mengembangkan karakternya dengan bersikap lebih tenang dan gak emosional.

Begitu pula yang dialami oleh Tiara. Setelah sama-sama memperkenalkan pasangan kepada orangtua masing-masing, ia merasa lega karena pertemuan keluarga tersebut selalu berjalan dengan lancar.

"Dia lebih bisa ambil hati orangtua. Senang melihat mereka nyambung ketika ngobrol," pungkasnya. Walau sempat cemas, ia mengaku tak ada rasa canggung yang dirasakan dalam momentum berharga tersebut.

Itu dia 5 keuntungan yang bisa kamu rasakan ketika berkencan dengan seseorang yang lebih tua. Gimana? Setuju gak? Kalau kamu pernah mengalaminya, bagikan dong di kolom komentar!

Baca Juga: Penting, Ini 5 Hal yang Bikin Profil Dating Apps Kamu Makin Menarik! 

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya