Comscore Tracker

6 Petuah Cinta & Pernikahan dari Film "Marriage Story", Nancep di Hati

Masuk nominasi & jadi pemenang di penghargaan film dunia

Film berdurasi 2 jam 17 menit ini dianugerahi banyak nominasi dan kemenangan pada ajang penghargaan dunia. Akting Scarlett Johansson (Nicole) dan Adam Driver (Charlie) dalam menghadapi proses perceraian mereka mematahkan hati banyak penontonnya. Kalau kamu perhatikan lebih dalam, sebenarnya ada banyak banget lho pelajaran tentang cinta dan pernikahan yang kamu bisa dapatkan dari filmnya. Penasaran apa aja?

1. Harus selalu ada ruang untuk jadi diri sendiri dalam pernikahan

6 Petuah Cinta & Pernikahan dari Film Marriage Story, Nancep di Hatiimdb.com

Dalam salah satu sesi konsultasi dengan pengacaranya, Nicole curhat bagaimana dia merasa hampa. Gak ada lagi personal goal yang exciting atau sekadar kegiatan yang ingin dia jalankan untuk dirinya sendiri. Dia merasa hidup dalam bayang-bayang Charlie dan jadi melupakan value yang dia miliki. 

Dari sini kita bisa belajar bahwa pernikahan itu melibatkan dua orang yang mungkin punya visi dan misi berbeda. Karena itu dibutuhkan kompromi dari kedua belah pihak untuk mendukung pilihan hidup masing-masing.

2. Ada banyak urusan administratif yang harus dipersiapkan untuk perceraian

6 Petuah Cinta & Pernikahan dari Film Marriage Story, Nancep di Hatiimdb.com

Di dalam film kita bertemu dengan 3 contoh pengacara perceraian yang bisa kita temukan di lapangan. Selama proses itu ketiga orang ini bergantian mendampingi urusan legal perceraian Nicole dan Charlie.

Selama proses itu kita bisa mengamati bahwa ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk urusan administrasi perceraian. The process is not pretty nor easy. Salah satunya yang menjadi konflik dalam film ini adalah perebutan hak asuh anak.

3. Jaga komunikasi yang baik dengan pasanganmu

6 Petuah Cinta & Pernikahan dari Film Marriage Story, Nancep di Hatiimdb.com

Ada banyak film di luar sana yang konfllik masalahnya berakar dari kurangnya komunikasi bersama pasangan. Hal ini juga tergambar dalam film "Marriage Story".

Di awal film kita bisa menyaksikan ketika Nicole menolak untuk membacakan daftar hal yang ia sukai dari diri Charlie. Gak hanya itu aja, dalam beberapa scene kita juga bisa sadar bahwa komunikasi yang gak lancar itu justru berbalik jadi bom waktu yang menyerang mereka berdua.

Padahal ya, penting banget lho buat bersikap terbuka dan percaya pada pasangan. Gak papa kok kalau memperlihatkan kelemahanmu di depan pasangan. Yakin deh, pasanganmu juga pasti punya ketakutan dan insecurity juga, dan itu manusiawi.

Baca Juga: Film-film Animasi dari Ghibli Akhirnya Ada di Netflix, Catat Jadwalnya

4. Coba jadi pendengar yang baik

6 Petuah Cinta & Pernikahan dari Film Marriage Story, Nancep di Hatiimdb.com

Seiring berjalannya perjalanan pernikahan, ada banyak banget cerita yang pasti kalian bagi bersama. Penting banget buat kalian bisa saling mampu menyediakan telinga dan pundak ketika seseorang membutuhkannya. Itu akan membuat mereka merasa dihargai keberadaannya.

5. Anak juga menjadi korban dalam proses perceraian

6 Petuah Cinta & Pernikahan dari Film Marriage Story, Nancep di Hatiimdb.com

Dalam film ini kita bisa menyaksikan bagaimana anak juga terseret dalam huru hara pernikahan orangtuanya. Ia harus mampu membagi waktu antara kedua orangtuanya, juga membangun hubungan yang baik dengan keduanya. Hal ini terjadi pada dunia nyata bahkan juga menimpa anak-anak yang usianya masih sangat muda.

Penting banget buat orangtua bisa memberikan pengertian yang mendalam tentang apa arti perceraian. Selain itu, orangtua sebaiknya mampu bertanya apa yang anak inginkan dan memberikan ruang buat sang anak membuat pilihan di dalam hidupnya sendiri.

6. Perceraian akan memengaruhi anggota keluarga lainnya juga

6 Petuah Cinta & Pernikahan dari Film Marriage Story, Nancep di Hatiimdb.com

Ketika menikah, kamu gak hanya hidup dengan pasanganmu saja tapi juga menghubungkan koneksi antara dua keluarga besar. Oleh karena itu, ketika pernikahan itu menemukan ujungnya, kedua keluarga pasti akan terlibat secara gak langsung.

Salah satunya tampak dalam scene di mana saudara Nicole harus menyerahkan surat perceraian kepada Charlie karena hukum di wilayah setempat mewajibkannya seperti itu. Selain itu, tentunya para anggota keluarga juga akan berbagi kepedulian dan ikut terpengaruh secara emosional juga.

Memang ada batas di antara film dan dunia nyata, tapi bukan berarti gak ada hal yang bisa kita pelajari dari sana. Seperti film "Marriage Story" yang mengajarkan kita tentang manis-pahit dalam hubungan pernikahan.

Baca Juga: 10 Pelajaran Hidup Tentang Cinta dari Serial "YOU" Netflix

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya