Comscore Tracker

8 Tanda Orang Terdekatmu Berada di Hubungan yang Toxic

Kenali 8 tanda ini dan selamatkan dia

Beberapa hubungan yang beracun itu seringkali gak kelihatan secara kasat mata. Ada beberapa kasus di mana korban bahkan sering juga gak sadar kalau dirinya sedang berada di hubungan yang nggak sehat ini. Duh.

Dari banyaknya cerita mengerikan tentang abusive relationship, seringkali justru cerita orang-orang terdekat luput dari perhatian kita. Kalau kamu merasakan ada sesuatu yang janggal dari hubungan orang terdekatmu coba deh cek delapan tanda ini dulu.

1. Cara bicara pasangannya kasar dan suka merendahkan dia di tempat umum

8 Tanda Orang Terdekatmu Berada di Hubungan yang Toxicunsplash/@charliefoster

Salah satu tanda dari hubungan yang abusive itu adalah nada bicara mereka kepada pasangannya. Kalau kamu sering menyaksikan pasangan temanmu menggunakan nada yang tinggi atau bahkan kata-kata kasar ini udah jadi red flag lho! Pasalnya, besar kemungkinan kalau mereka bisa mengecam pasangannya di depan orang lain, maka mereka juga sering melakukannya ketika mereka berduaan aja.

Selain itu, kamu juga bisa melihatnya dari cara mereka menceritakan temanmu ketika temanmu sedang nggak berada di sana. Seperti apa penggunaan bahasa yang mereka gunakan, apakah cerita itu memalukan atau nggak, dan apakah nada bicaranya merendahkan.

Beberapa orang gak sadar kalau omongan seseorang itu bisa dimaknai secara berbeda, jadi jangan sampai membiarkan perilaku abusive yang berlindung di balik kata bercanda ya.

2. Kepercayaan dirinya kelihatan menurun

8 Tanda Orang Terdekatmu Berada di Hubungan yang Toxicunsplash/Nik Shuliahin

Temanmu yang biasanya kelihatan pede dan ceria tiba-tiba jadi murung dan minder terus bawaannya. Hmm, ada apa ya? Bisa jadi salah satu alasannya adalah karena dia sering di-emotionally abused sama pasangannya. Misalnya kayak dikritik secara berlebihan atau disalahkan atas sesuatu yang bukan tanggung jawab dia.

Efek jangka panjang dari perilaku gaslighting ini adalah ketika hubungan mereka sudah selesai, temanmu akan tetap merasa kesulitan untuk membangun kepercayaan dirinya kembali. Dia akan terus meragukan kemampuan dirinya dan keputusan yang dia ambil sendiri.

3. Ada bekas luka di badan temanmu

8 Tanda Orang Terdekatmu Berada di Hubungan yang Toxicpixabay/Victoria_Borodinova

Ini salah satu tanda yang kelihatan secara jelas. Apakah kamu menyadari kalau temanmu punya bekas luka yang gak wajar di tempat-tempat tertentu? Atau tiba-tiba memakai baju panjang bahkan di udara yang gak bersahabat?

Kalau sudah kaya gini sih, ada baiknya kamu ajak ngobrol temanmu baik-baik. Apalagi kalau kamu tahu accident itu besar kemungkinan gak disebabkan oleh aktivitas atau pekerjaan dia sehari-hari.

4. Temanmu sering menyalahkan dirinya sendiri dan suka minta maaf secara berlebihan

8 Tanda Orang Terdekatmu Berada di Hubungan yang Toxicunsplash.com/Ezra Comeau Jeffrey

Minta maaf itu memang penting, tapi gak baik juga kalau dilakukan secara berlebihan. Kalau temanmu kelihatannya sering banget minta maaf dan menyalahkan dirinya sendiri bahkan atas kesalahan yang dia nggak lakukan, kamu harus waspada nih.

Coba dekati dan tanya dia baik-baik apakah ada masalah yang dia alami. Biasanya orang yang suka minta maaf secara berlebihan itu sering berada di kondisi di mana mereka jadi pihak yang disalahkan terus menerus.

Baca Juga: 6 Langkah Penting untuk Kamu yang Sadar Terjebak Abusive Relationship

5. Pasangannya menghubunginya terus menerus tanpa henti

8 Tanda Orang Terdekatmu Berada di Hubungan yang ToxicPexels/Mikoto

Sebenarnya normal aja buat pasangan (terutama yang LDR) untuk saling bertukar kabar di aplikasi chat masing-masing. Tapi, yang perlu kamu waspadai adalah ketika pasangan temanmu mulai kelihatan demanding buat tahu terus temenmu ini lagi ngapain. Selain maksa buat tahu kabar pasangannya, ada juga beberapa orang yang jatohnya malah controlling and possesive.

Hal-hal ini biasanya keliatan ketika temanmu menolak kalau bertemu dengan teman lawan jenis, menolak mengunggah postingan foto bersama lawan jenis, dan sering banget tiba-tiba buru-buru pulang sehabis baca pesan.

Yang harus kita ketahui adalah kebanyakan pelaku dari kekerasan dalam hubungan itu melakukan emotional abuse dengan cara mengisolasi korban mereka dari orang terdekatnya, mulai dari teman hingga keluarga. Dengan cara itu, mereka seolah bikin pasangannya itu cuma punya dia seorang di dunia ini.

6. Terkadang suasana hati mereka langsung berubah begitu membaca pesan dari pasangannya

8 Tanda Orang Terdekatmu Berada di Hubungan yang ToxicPexels/Pixabay

Setiap kali mereka mengecek notifikasi ponsel, mood mereka tiba-tiba berubah. Mulai dari raut muka, body languange, sampai nada suaranya tiba-tiba jadi sedih, putus asa, atau malah panik. Ini bisa jadi tanda kalau dia sedang mengalami tekanan yang besar.

7. Pasangan mereka bisa mengakses akun media sosialnya secara bebas

8 Tanda Orang Terdekatmu Berada di Hubungan yang Toxiccuralate.com/bulucyxu

Ini sering banget terjadi oleh pasangan yang masih remaja. Tuker-tukeran password medsos sama pacar! Biasanya sih, orang-orang yang menggunakan alasan untuk mengetahui password atau informasi pribadi pasangannya itu bilangnya pengen membangun kepercayaan di dalam hubungan.

Padahal untuk bisa percaya gak perlu kayak gitu lho. Ini bisa jadi salah satu tanda hubungan yang problematik karena gak ada lagi privacy di dalam hubungan.

8. Pasangannya punya history perilaku abusive pada hubungan yang sebelumnya

8 Tanda Orang Terdekatmu Berada di Hubungan yang Toxicinstagram.com/kdrama.official

Kalau kamu merasa ada sesuatu yang off dari pasangan temanmu saat pertemuan kalian, trust your gut. Walau gak baik juga sih langsung curiga sama orang lain apalagi yang baru kamu temui, tapi coba deh cari tahu history singkat orang ini kalau kelihatannya ada sesuatu yang aneh dari tindak-tanduknya.

Dalam banyak kasus, cara mereka memperlakukan pasangan mereka saat ini juga tercermin dari perilaku hubungan mereka yang sebelumnya lho.

Kalau kamu menyadari salah satu atau bahkan kombinasi dari delapan tanda di atas, ini udah red flag banget ya. Sebagai orang terdekat, hal yang paling penting kamu lakukan adalah terus berada di sisi korban.

Apabila kamu curiga tentang hubungan orang terdekat kamu, kamu bisa membantu korban dengan melaporkan hal ini pada Komnas Perempuan melalui nomor 0213903963.

Baca Juga: 6 Alasan Menyedihkan Cewek Gak Mau Lepas dari Hubungan yang Abusive

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya