Comscore Tracker

6 Alasan Menyedihkan Cewek Gak Mau Lepas dari Hubungan yang Abusive

Pergi atau meninggalkan pelaku abusive bukan hal yang mudah

Berada di hubungan yang tidak sehat acap kali membawa trauma bagi yang mengalaminya. Apakah itu pelecehan secara emosi, verbal, ataupun fisik, pelaku kekerasan tetap memakai dalih cinta pada pasangannya. Apakah cinta harus sakit?

Supaya kamu lebih memahami perasaan cewek yang tak ingin meninggalkan hubungan abusive ,inilah alasannya mereka tetap bertahan dalam masalah ini sesuai lansiran dari laman Your Tango.

1. Hubungan abusive itu normal

6 Alasan Menyedihkan Cewek Gak Mau Lepas dari Hubungan yang Abusiveunsplash/_Mxsh_

Bisa saja keluarganya memang sudah lama melakoni hubungan abusive, hingga ketika dia menemukan lelaki abusive sebagai pasangannya itu adalah hal yang normal.

Hubungan yang tak wajar ini berlangsung terlalu lama, atau hubungan serius pertama bagi si cewek, dia tidak akan lagi menganggap abusive itu salah. Bila sampai tahap ini, dia tidak akan mendengarkan perkataan atau peringatan dari temannya.

2. Merasa harga dirinya sangat rendah

6 Alasan Menyedihkan Cewek Gak Mau Lepas dari Hubungan yang Abusiveunsplash/Joanna Nix

Ketika hubungan abusive terjadi, pelaku akan menargetkan ceweknya selalu merasa tidak aman dan bergantung. Sikap inilah yang membuat cewek merasa tidak berdaya dan merasa harga diri memang sangat rendah.

Akhirnya setiap ucapan kasar dan merendahkan dari si cowok, dia akan mencari validasi hal itu dan tetap menjalani hubungan abusive tersebut supaya dia merasa berguna. 

3. Dia merasa malu dan khawatir

6 Alasan Menyedihkan Cewek Gak Mau Lepas dari Hubungan yang Abusiveunsplash/ Abigail Keenan

Berterus terang mengatakan dia mengalami abusive adalah hal yang sulit dan memalukan baginya. Selain itu, rasa khawatir pada keluarga membuatnya tidak ingin jika anggota keluarganya nanti dilukai oleh pelaku.

Baca Juga: 6 Langkah Penting untuk Kamu yang Sadar Terjebak Abusive Relationship

4. Alasan budaya

6 Alasan Menyedihkan Cewek Gak Mau Lepas dari Hubungan yang Abusiveunsplash/Scott Walsh

Meninggalkan sebuah hubungan pernikahan merupakan hal yang tabu untuk sebagian budaya. Budaya dengan peran gender pria yang kuat akan membuat perempuan harus menerima nasibnya.

5. Pelaku takut kehilanganmu

6 Alasan Menyedihkan Cewek Gak Mau Lepas dari Hubungan yang Abusiveclassic105.com

Rerata cewek akan mencoba meninggalkan pasangannya yang kasar tujuh kali sebelum dia benar-benar pergi. Hal ini akan membuat pelaku yang kasar berada di emosi yang tidak stabil dan menempatkan pasangannya dalam keadaan berbahaya.  

6. Gak mempunyai uang yang cukup

6 Alasan Menyedihkan Cewek Gak Mau Lepas dari Hubungan yang Abusiveunsplash/kevin laminto

Ada yang bilang uang akan mengubah orang yang kuat jadi lemah dan orang yang tegar jadi rapuh. Hubungan yang abusive terus terjadi karena adanya penyalahgunaan keuangan. Ini terjadi ketika pelaku mempunyai kendali penuh atas akses keuangan pasangannya. Jika sudah begini si cewek tidak bisa lagi menyimpan uangnya dan tidak punya tempat lain yang dituju.

Pelaku abusive memang terlihat memesona di awal hubungan, dan korban berharap jika suatu saat pelaku akan kembali seperti semula. Cewek yang alami hubungan abusive hanya ingin agar kekerasan berhenti, bukan hubungannya berakhir sepenuhnya.

Kalau kamu mempunyai teman seperti cewek tersebut, apa yang akan kamu lakukan?

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Alami Trauma Usai Terlepas Dari Hubungan Toxic & Abusive

iam_lathiva . Photo Verified Writer iam_lathiva .

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya