Comscore Tracker

Jangan Menjauh, Ini 6 Cara Hadapi Sahabat yang Suka Ngeluh

Praktekin biar ngak ketularan ngeluh!

Menghadapi sahabat yang suka mengeluh itu memang butuh kesabaran. Apalagi kita sering terjebak dalam masalah kecil yang di besar-besarkannya. Sahabat yang suka ngeluh juga dapat mempengaruhi pikiran dan mood kita. Rasanya jadi ikutan ke bawa energi negatif saat berjumpa dengannya.

Meski begitu, mencoba menjauhinya bukanlah sikap yang baik. Mungkin kita masih bisa membantunya lewat 6 cara ini!

1. Menciptakan suasana goodmood

Jangan Menjauh, Ini 6 Cara Hadapi Sahabat yang Suka Ngeluhpixabay/Sharky

Kebanyakan orang suka mengeluh karena merasa badmood seharian. Dia butuh tempat pelampiasan untuk mengeluarkan seluruh uneg-unegnya. Kamu bisa saja menciptakan suasana yang menyenangkan untuk mengubah suasana hatinya menjadi baik.

2. Menyikapinya dengan tenang dan wajar tanpa berlebihan

Jangan Menjauh, Ini 6 Cara Hadapi Sahabat yang Suka Ngeluhpixabay/sweetlouise

Jika kamu ikut-ikutan heboh dan bersimpati tinggi, justru akan membuatnya semangat untuk berkeluh kesah. Bersikaplah seakan-akan kamu tidak tertarik dengan keluhannya. Lambat laun dia akan terbiasa mengurangi keluhannya saat berjumpa denganmu

3. Bekali diri dengan kalimat semangat

Jangan Menjauh, Ini 6 Cara Hadapi Sahabat yang Suka Ngeluhpixabay/gornostai_nastya

Tidak semua orang mudah memberi nasihat dan motivasi kepada orang lain. Skill dalam mempengaruhi orang lain sebenarnya dibutuhkan untuk melakukan perubahan. Kamu tidak harus menjadi motivator hebat agar mampu melakukannya. Biasakan saja dirimu dengan kalimat-kalimat semangat sampai bisa menularkannya kepada sahabatmu.

Baca Juga: Jangan Sedih, Ini 5 Hikmah Ketika Cinta Ditolak Oleh Sahabat Sendiri

4. Fokus mencari solusi

Jangan Menjauh, Ini 6 Cara Hadapi Sahabat yang Suka Ngeluhpixabay/sweetlouise

Jika sedang mengeluh, maka arahkan pembicaraan ke pencarian solusi. Batasi kata-kata yang berulang dan bertele-tele agar kamu tidak terjebak lebih lama dengan sahabat yang suka mengeluh. Kamu bisa menawarkan solusi dan bantuan untuk membuatnya berhenti mengeluh.

5. Bandingkan dia dengan orang di bawahnya

Jangan Menjauh, Ini 6 Cara Hadapi Sahabat yang Suka Ngeluhpixabay/Free-Photos

Sikap suka mengeluh sebagai tanda seseorang kurang bersyukur. Jika perlu, bandingkan dia dengan orang-orang yang kurang beruntung di luar sana. Kamu bisa membantunya untuk mengingat nikmat yang selama ini dia dapatkan.

6. Jalan-jalan dan karokean bersama

Jangan Menjauh, Ini 6 Cara Hadapi Sahabat yang Suka Ngeluhpixabay/rawpixel

Mengeluh juga disebabkan karena suntuk berada di tempat yang sama seharian. Kamu bisa mengajaknya jalan-jalan atau karokean untuk melepas penat. Pikiran yang fres akan akan membuatnya berhenti mengeluh.

Tidak selamanya buruk kok punya sahabat yang suka ngeluh, kamu bisa memberi energi positif kepadanya lewat cara-cara yang menyenangkan.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

yenny anggraini Photo Verified Writer yenny anggraini

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya