Comscore Tracker

5 Tips Bahagia meski Hidup Serba Sederhana di Awal Pernikahan

Diskusikan hal ini dengan pasangan agar tidak berantem

Awal pernikahan biasanya identik dengan kebahagiaan. Namun terkadang ujian  ekonomi tidak bisa dihindari. Padahal membangun rumah tangga itu butuh modal dan kebutuhan hidup berdua yang harus dipenuhi.

Jika hidup sederhana di awal pernihakan, apakah masih bisa bahagia? Nyatanya uang memang segalanya dan untuk bahagia pun butuh dana. Jangan pesimis dulu, kamu masih bahagia kok dengan mengikuti 5 tips ini. Yuk simak!

1. Bekerja keraslah untuk sesuap nasi dan nikmatilah hasil keringatmu

5 Tips Bahagia meski Hidup Serba Sederhana di Awal Pernikahanilustrasi pasangan (pixabay.com/imperioame)

Artinya, bekerja dapat memberi efek bahagia dalam diri. Jangan pikirkan soal hasil yang sedikit atau malahan tidak menghasilkan uang sama sekali. Tubuhmu yang lelah dan pikiranmu yang penat akan terbayar dengan kerja kerasmu. 

Ketika keringatmu jatuh karena bekerja, di saat itulah perasaan lega menjalari pikiran dan mengirim sinyal untuk bahagia. Daripada murung dan hanya menunggu, lebih baik saling bahu membahu bekerja keras dalam kebahagiaan.

2. Bangun rumah tangga dengan konsep serba sederhana

5 Tips Bahagia meski Hidup Serba Sederhana di Awal Pernikahanilustrasi pasangan (pixabay.com/Irish83)

Awal pernikahan adalah awal kehidupan yang baru. Mulailah dari nol. Salah satunya dengan membangun rumah tangga dengan konsep sederhana. Cukup dengan menerima rezeki yang ada hari ini dan mempergunakannya sebaik mungkin.

Meski serba terbatas, setidaknya kalian masih terus menjalani hari dan bisa berdiri kuat di atas kaki sendiri.

Baca Juga: 12 Kehidupan Pernikahan Ideal ala Masing-masing Zodiak

3. Tetap menabung sebagai jaminan di masa yang lebih sulit

5 Tips Bahagia meski Hidup Serba Sederhana di Awal Pernikahanilustrasi menabung (pixabay.com/FireFX)

Rasanya menabung di saat ada uang saja susah, apalagi menabung di masa kekurangan ekonomi? Meski sulit tetap paksakan ya. Karena efeknya akan terlihat saat kamu sudah konsisten menabung dan hasilnya mulai kelihatan.

Akan ada perasaan aman dalam dirimu ketika memiliki tabungan sendiri. Dan rasa aman itu bisa jadi sebab kamu dan pasangan bahagia meski hidup serba kekurangan. Tabungan menjadi jaminan di saat keadaan jauh lebih sulit.

4. Sedekahkan hal kecil pada orangtua kedua belah pihak

5 Tips Bahagia meski Hidup Serba Sederhana di Awal Pernikahanilustrasi keluarga (pixabay.com/rpeppi)

Sedekah itu bukan hanya sebagai penarik rezeki. Tapi juga sebagai terapi hati yang galau. Bersedekahlah kepada orang tua karena merekalah yang selalu mendoakan kalian agar bahagia. Secara otomatis kalian sedang mencari restu bahagia pada sumber yang paling tepat.

Duduklah bersama mereka dan dengarlah banyak nasihat tulus yang mereka ucapkan untuk pernikahanmu. 

5. Cinta memang butuh uang. Tapi uang tidak mampu membeli cinta

5 Tips Bahagia meski Hidup Serba Sederhana di Awal Pernikahanilustrasi pasangan bahagia (pixabay.com/chermitove)

Artinya cinta sebagai dasar bahagia utama yang wajib kalian punya. Perkuat rasa cinta dengan pasangan lewat ketulusan dan kesetiaan. Berkorbanlah karena cinta dan berhentilah menuntut kelebihan materi. Bersyukurlah masih ada seseorang yang mau menemanimu di masa yang sulit.

Jika sudah tahu tipsnya, diskusikan dengan calon atau pasanganmu. Jalin komunikasi yang sehat untuk meminimalisir konflik yang datang. Semoga bahagiamu di masa sulit bisa menjadi penarik rezeki untuk masa depan kalian. 

Baca Juga: 5 Solusi Menyatukan Pendapat soal Persiapan Pernikahan, Anti Konflik!

yenny anggraini Photo Verified Writer yenny anggraini

Penulis dan calon pengusaha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya