Comscore Tracker

5 Tips Sederhana untuk Menemukan Teman Baru ketika Dewasa

Teman yang sehobi akan jauh lebih baik

Ngomong-ngomong tentang masa muda, mungkin kita banyak memiliki teman diwaktu itu. Tapi ketika kita sudah berada di usia 20 tahun ke atas justru teman kita semakin lama akan semakin sedikit. Hal itu dikarenakan kita sudah memiliki kesibukan masing-masing, entah itu merintis karir atau membangun suatu hal untuk masa depan.

Oleh karena itu, bertemu dengan teman bukan lagi sebuah prioritas. Pun kalau ada waktu luang kita juga pasti lebih memilih untuk beristirahat di rumah.

Walaupun memiliki sedikit teman saat dewasa itu wajar, tapi terkadang kita sering merasa bosan dan kadang kala berpikir ingin memiliki teman baru untuk memperluas jaringan pertemanan kita. Nah, berikut ini adalah beberapa tips buat kamu yang ingin mencari teman saat sudah dewasa. 

1. Persiapkan dirimu untuk menjadi orang yang terbuka 

5 Tips Sederhana untuk Menemukan Teman Baru ketika Dewasailustrasi dua sahabat tertawa lepas (unsplash.com/@neonbrand)

Saat mencari teman terkadang kita tidak bisa berharap orang lain datang kepada kita dengan sendirinya. Oleh karena itu, perlu ada persiapan didalam diri kamu untuk berusaha mendekatkan diri dengan orang lain. Jangan lupa kamu harus mencoba menjadi orang yang terbuka dibandingkan sebelumnya dengan banyak bercerita kepada orang lain agar orang tersebut tidak merasa canggung saat mengobrol dengan kamu.

2. Cari teman di tempat yang sesuai denganmu

5 Tips Sederhana untuk Menemukan Teman Baru ketika Dewasailustrasi tiga orang pesepeda (unsplash.com/xokvictor)

Banyak sekali tempat dimana kamu bisa mendapatkan teman baru. Akan tetapi, kamu harus tetap memperhatikan dimana kamu akan mencari teman baru agar kamu memiliki pertemanan yang sehat. Kamu bisa mencoba mengunjungi tempat-tempat seperti kedai kopi, konser musik, dan bioskop untuk bisa berkenalan dengan orang baru.

Kamu juga bisa menemukan temanmu dengan masuk disebuah komunitas. Misalnya, kalau kamu hobi bersepeda mungkin kamu bisa bergabung di komunitas sepeda. Bisa jadi kamu bisa mendapat teman baik di komunitas ini.

3. Buat daftar orang-orang yang berpotensi menjadi temanmu

5 Tips Sederhana untuk Menemukan Teman Baru ketika Dewasailustrasi membuat daftar teman (unsplash.com/katstokes_)

Sebagai makhluk sosial tentunya kita butuh untuk berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, memiliki setidaknya satu teman dekat adalah hal yang wajib. Kalau kamu belum memiliki teman dekat maka kamu bisa mencoba membuat daftar orang-orang disekitar kamu yang cocok untuk dijadikan teman.

Misalnya, kamu bertemu dengan rekan kerja yang asik dan baik hati maka kamu bisa menambahkan dia kedaftar orang-orang yang berpotensi menjadi temanmu supaya kamu tidak lupa dan cepat dekat dengan orang itu.

Baca Juga: 5 Batasan Ini Perlu Ditegaskan saat Berteman, Biar Sama-sama Nyaman

4. Maksimalkan penggunaan media sosial

5 Tips Sederhana untuk Menemukan Teman Baru ketika Dewasailustrasi orang mengakses sosial media (unsplash.com/meghanschiereck)

Mencari teman baru bisa dilakukan dengan banyak cara. Dengan penggunaan media sosial yang bijak kamu bisa saja menemukan teman yang memiliki kriteria sesuai dengan keinginanmu.

Misalnya, kamu ingin mencari teman yang memiliki hobi menulis sama sepertimu maka kamu bisa mencoba bergabung di komunitas online sesuai dengan hobi kamu tersebut. Dengan begitu kamu akan dengan mudah menemukan orang yang tepat untuk dijadikan teman.

5. Cobalah berbaur dengan orang lain sesering mungkin

5 Tips Sederhana untuk Menemukan Teman Baru ketika Dewasailustrasi orang-orang yang sedang berkumpul (unsplash.com/heftiba)

Salah satu cara ampuh untuk mendapatkan teman baru adalah dengan memberanikan diri untuk berbaur dengan orang lain. Pastikan kalau kamu percaya diri dan sudah menghilangkan pikiran negatif kamu saat sedang berkumpul bersama orang lain maka dengan begitu kalian tidak canggung saat mengobrol dan obrolan kalian akan tetap asik. Dengan berbaur mungkin kamu bisa saling mengenal dengan orang lain. Selain itu, hubungan pertemanan kamu pun akan semakin dekat dan akrab.

Setiap orang pasti membutuhkan seorang teman dekat. Kalau kamu belum menemukan orang yang cocok untuk dijadikan teman dekat cobalah mulai menerapkan tips-tips sederhana tadi untuk menemukan teman dekatmu. Memiliki setidaknya satu teman dekat akan membuat kamu tidak merasa kesepian. Selain itu, teman dekat juga bisa memberikan dukungan dikala kamu sedang dalam kesusahan.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Teman SMA adalah Teman Seumur Hidupmu

Yuda Pratama Mukti Photo Writer Yuda Pratama Mukti

Just a college boy doing his things.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya