Comscore Tracker

Mantanmu Menikah Bukan Berarti Harus Berdarah, Ingat 7 Hal Positif Ini

Bahagiamu tidak harus dengan orang yang sama

Setiap hubungan yang terpaksa kandas di tengah jalan kadang menyiratkan banyak kenangan yang tidak terlupakan. Tidak cukup sebulan, bahkan tahunan bayangan mantan masih saja terkadang akan kembali muncul di batas kerinduan. Lebih parah jika perasaan sulit move on ini hanya dirasakan sendirian, padahal mantan yang kamu rindukan itu justru telah jauh pergi dan tengah menyiapkan pernikahan dengan orang lain.

Sebelum terlalu larut dalam kesedihan saat mendengar kabar pernikahan mantan, ada baiknya ingat 7 hal positif ini agar hatimu tidak sampai berdarah-darah.

1. Mantanmu tidak memilihmu bukan karena ada yang salah pada dirimu

Mantanmu Menikah Bukan Berarti Harus Berdarah, Ingat 7 Hal Positif Inifreepik/freepik

Cara berdamai dengan diri sendiri adalah berhenti menyalahkan keadaan dan menerima segala sesuatu sebagai ketetapan Tuhan. Tidak ada yang salah pada dirimu, percayalah dia memilih orang lain bukan karena orang itu lebih baik atau lebih buruk darimu. Berhentilah membandingkan dan temukan kebahagiaanmu yang letaknya sudah tak lagi ada bersamanya.

2. Mereka menikah lebih dulu karena Tuhan menginginkan, kamu juga akan merasakannya suatu hari nanti

Mantanmu Menikah Bukan Berarti Harus Berdarah, Ingat 7 Hal Positif Inifreepik/freepik

Menikah dalam arti lebih luas tidak sekadar hubungan dua orang yang saling mencintai. Menikah itu bukan hanya sebatas pesta keluarga atau tuntutan kehidupan manusia semata. Jika mereka berada di fase tersebut lebih dahulu berarti Tuhan meyakini mereka berdua layak ada di fase itu.

Kamu tidak harus mengutuki fase hidupmu yang tidak menunjukkan perubahan dari masa ke masa. Setiap orang memiliki fase kehidupan yang berbeda bahkan tanpa sadar Tuhan menguatkanmu lebih dari mereka. Percayalah setiap orang itu terlahir bahagia, tetapi kita kadang tidak memilih merasakannya.

3. Kamu akan dipertemukan dengan orang yang jauh lebih baik

Mantanmu Menikah Bukan Berarti Harus Berdarah, Ingat 7 Hal Positif Inistreetchicgeek.com

Selama kamu ingin dan terus memperbaiki diri, kelak pasti ada orang yang menggantikan namanya di hatimu dengan sederhana. Hidup ini seperti berlayar di lautan, terus berlayar atau berhenti di pesisir pantai adalah pilihanmu sendiri. Setiap manusia ditakdirkan berpasang-pasangan, jika kamu tidak dipasangkan dengannya pasti kamu akan dipasangkan dengan orang yang lebih baik darinya.

Baca Juga: Bikin Susah Move On, 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Putus

4. Pernikahan bukan ajang pertandingan, mantan atau kamu yang menikah duluan bukan sebuah prestasi yang harus dibanggakan

Mantanmu Menikah Bukan Berarti Harus Berdarah, Ingat 7 Hal Positif Inifreepik/prostooleh

Perpisahan dengan tanda tanya atau perkelahian biasanya akan membuahkan rasa kecewa dan perasaan dendam. Semakin kamu menyimpan dendam, semakin kamu ingin membuatnya merasa menyesal. Setelah berpisah dengan mantanmu sebenarnya tidak ada satupun hal yang harus kamu buktikan.

Tidak perlu bersaing siapa yang lebih dulu dapat pengganti maupun sebar undangan duluan. Dendammu akan membunuh kebaikan hatimu secara perlahan dan menghambatmu merasakan kebahagiaan.

5. Hubunganmu dan mantanmu hanya sebatas kenangan dan pembelajaran

Mantanmu Menikah Bukan Berarti Harus Berdarah, Ingat 7 Hal Positif Inifreepik/freepik

Hubungan yang pernah terjadi antara kamu dan dia tidak harus dilupakan. Setiap yang datang dan pergi adalah sesuatu yang harus disyukuri meskipun menyakitkan. Bagaimanapun akhir hubunganmu dengan mantan, kisah kalian sudah turut mendewasakan dan pasti pernah saling membahagiakan. Tidak usah terlalu senang memutar ulang kenang di dalam kepala, jika sudah berakhir artinya kamu harus siap membuka diri untuk orang lain di luar sana.

6. Tidak perlu menekan tombol "love" di postingan foto mereka seolah turut bahagia

Mantanmu Menikah Bukan Berarti Harus Berdarah, Ingat 7 Hal Positif Inifreepik/bearfotos

Tidak perlu berpura-pura kuat hadir di pernikahan mantan ataupun mengucapkan selamat di media sosial mereka. Segala bentuk kepura-puraan pada akhirnya akan menambah perasaan sedihmu semakin luas rasanya. Jika kamu merasa sakit hati setelah melihat rangkaian foto bahagia mantanmu di social media, tidak ada salahnya jika kamu mematikan pemberitahuan maupun berhenti mengikuti akun media sosial mereka.

7. Kamu boleh bersedih tapi besok harinya harus lebih bahagia

Mantanmu Menikah Bukan Berarti Harus Berdarah, Ingat 7 Hal Positif Inifreepik/freepik

Mendengar mantanmu ingin melangsungkan pernikahan mungkin akan sangat menyakitkan terlebih jika dirimu masih menyimpan harap dan perasaan. Tidak ada yang salah jika kamu ingin menangis, tapi tersenyumlah setelah lelah meratapi diri.

Menangis sepanjang hari tidak akan membuatnya kembali, jika kamu ingin terus begini hidupmu sama sekali tidak mengalami kemajuan. Percayalah sebuah pelangi yang indah sedang menantimu di ujung hujan dan badai semalam.

Nah, Itulah 7 hal yang wajib kamu lakukan agar hatimu tidak berdarah setelah mendengar kabar pernikahan mantan. Jika kamu juga ingin bahagia, mengikhlaskan adalah hal yang paling menenangkan!

Baca Juga: Susah Move On? 9 Kutipan dari The Good Quote Ini Akan Memotivasimu

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Menulislah dengan bijak dan tutuplah jalan perselisihan - Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You