Comscore Tracker

5 Alasan yang Bisa Kamu Pakai untuk Nolak ke Nikahan Mantan

Gak usah dipaksakan! #IDNTimesLife

Dapat undangan pernikahan yang dalamnya berisi nama mantan dan pasangan baru tentu bikin hati agak gak enak. Terlebih jika hal tersebut terjadi saat kamunya masih menyimpan rasa sayang. Ditinggal nikah memang salah satu momen epik yang berhasil bikin hati miris. 

Kalau posisinya kamu masih ada rasa, ada baiknya kamu urungkan saja niat datang ke pernikahan mantan. Nah, kalau kamu bingung harus bikin alasan apa biar masih kelihatan sopan, berikut ada inspirasi alasan yang bisa kamu gunakan saat gak bisa datang ke nikahan mantan. Langsung baca aja, ya! 

1. Katakan kalau kamu sedang ada pekerjaan yang gak bisa ditinggalkan

5 Alasan yang Bisa Kamu Pakai untuk Nolak ke Nikahan Mantanilustrasi pria sedang bekerja (pexels.com/Burst)

Bohong untuk kesehatan mental sendiri kayaknya gak ada salahnya. Daripada kamu datang dan malah berakhir banjir air mata atau menahan pedih di dalam jiwa 'kan? Menyimpan sedih di tengah kebahagiaan orang lain itu sulit, kalau kamu gak kuat nanti malah bikin suasana bahagia jadi rusak. 

Nah, kalau kamu dapat undangan dari mantan yang sebenarnya masih kamu sayang, udah deh mending kamu gak usah nekat datang ke acaranya. Bilang aja kamu ada pekerjaan yang gak bisa kamu tinggalkan. Cukup kirim kado lewat temanmu atau kirimkan saja doa terbaikmu lewat pesan. 

2. Bilang saja kalau keluargamu juga ada yang nikahan

5 Alasan yang Bisa Kamu Pakai untuk Nolak ke Nikahan Mantanilustrasi pesta pernikahan (pexels.com/Trung Nguyen)

Saat undangan mantan sampai dan kamu merasa gak kuat datang, cukup bilang pada teman yang bisa datang kalau keluargamu juga ada yang nikahan tanggal segitu. Atau gak kamu bisa kirim pesan langsung ke mantan dan utarakan alasanmu dengan santai. Mau gak mau, kamu pun harus tabah menerima kenyataan kalau dia dan kamu cuma tinggal kenangan. 

Saat kamu diundang, artinya mantanmu masih menghargai dan menganggapmu sebagai teman.  Suka atau gak, kamu tetap harus merespons undangan yang dikirimkan mantan kepadamu dengan baik. Ingat ya, bahagia itu kadang wujudnya gak hanya tentang bersama tetapi melihat orang yang kita sayang tersenyum meskipun bukan dengan kita. 

Baca Juga: Padahal Diundang, 5 Artis Ini Justru Gak Datang ke Nikahan Mantan

3. Kalau gak bilang kamu lagi ada di luar kota

5 Alasan yang Bisa Kamu Pakai untuk Nolak ke Nikahan Mantanilustrasi pria berkendara (pexels.com/Hassan OUAJBIR)

Kalau kamu sedang berada di luar kota, masa mantanmu memaksamu untuk datang ke acaranya? Nah, itu bisa kamu jadikan alasan biar gak berhadir ke acaranya spesialnya. Lagi pula bisa saja sebenarnya mantanmu mengundangmu hanya untuk basa basi semata. 

Apa kamu yakin bisa tabah melihat mantan yang sebenarnya masih kamu cinta bersanding di pelaminan dengan orang lain? Kan gak lucu kalau tiba-tiba kamu pingsan atau nangis pas salaman sama kedua mempelai. Yang ada nanti kamu jadi bahan omongan teman-teman, omongan tetangga dan bikin malu diri sendiri tentunya. 

4. Gak enak badan juga bisa jadi alasan yang patut kamu coba

5 Alasan yang Bisa Kamu Pakai untuk Nolak ke Nikahan Mantanilustrasi sakit (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Kamu gak bohong kok kalau bilang kamu gak enak badan. Merelakan orang yang masih kamu cinta nikah sama orang lain 'kan memang bikin perasaan sakit? Perasaan 'kan bagian dari badan tuh, jadi kamu sama sekali gak berbohong kalau mengatakan alasan itu. 

Lagi pula kalau kamu hadir, bisa saja kedatanganmu justru bikin pasangan mantanmu merasa kurang nyaman. Bagaimanapun mantan dan kamu pernah saling mencintai, ada baiknya kamu menjaga jarak dan gak terlalu sering muncul di kehidupannya yang baru. Bukan apa-apa, kamu akan makin sulit melupakan mantanmu jika kamu terus saja mengikuti kehidupannya. 

5. Berhubung corona belum kelar, menghindari kerumunan juga bisa dijadikan alibi biar gak ketemu mantan

5 Alasan yang Bisa Kamu Pakai untuk Nolak ke Nikahan Mantanwanita memakai masker (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Hal yang bisa kamu syukuri dari kondisi pandemi seperti sekarang adalah kamu jadi punya tambahan alasan untuk gak datang ke nikahan mantan. Di kondisi seperti sekarang acara pernikahan hanya boleh mengundang tamu secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan. Nah, kalau kamu di undang mantan datang ke nikahannya, bilang saja kamu sangat menghindari kerumunan sekarang dan hanya bisa mengirim doa lewat rumah saja. 

Kalaupun kamu ingin datang, ekspresi wajahmu juga gak terlalu tampak karena tersamarkan oleh masker 'kan? Ditambah waktu berada di acara juga kebanyakan dibuat lebih singkat untuk menghindari kerumunan. Bukannya ini juga salah satu keuntungan? Setidaknya kamu gak harus berlama-lama memakai topeng bahagia.

Udah dapat 'kan alasan yang tepat untuk absen di pernikahan mantan? Datang ke nikahan mantan memang perlu mental yang kuat. Pertimbangkan lagi, jangan datang hanya untuk menelan pil pahit dan berujung ambyar, ya! 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Datang ke Nikahan Mantan, Bukti Kamu Sudah Move On

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya