Comscore Tracker

5 Sikap Ini Bikin Orang Mengira Kamu Naksir Padanya, Hati-Hati!

Nanti bisa dibilang pemberi harapan palsu

Kamu pernah dibilang pemberi harapan palsu oleh orang lain? Kalau iya, mungkin sikapmu sehari-hari yang jadi penyebab utamanya. Bisa saja perbuatan yang menurutmu wajar adalah perbuatan yang berlebihan dan tampak spesial di mata orang lain. 

Biar kamu gak bikin orang lain salah sangka dengan sikapmu, ada baiknya kamu tahu beberapa sikap yang bisa bikin orang lain mengira kamu naksir padanya. Biar makin jelas, berikut ini adalah kelima sikap yang dimaksudkan. Baca terus sampai akhir, ya! 

1. Kamu terlalu perhatian kepada orang yang bersangkutan

5 Sikap Ini Bikin Orang Mengira Kamu Naksir Padanya, Hati-Hati!Wanita menatap layar ponsel (pexels.com/Alex Green)

Hayo siapa nih yang sering melontarkan pertanyaan seperti 'sudah makan belum' atau 'lagi ngapain' ke lawan jenis? Sekilas memang tampak biasa saja, tetapi jika kamu melakukannya terlalu sering bisa saja orang yang kamu berikan pertanyaan mengira kamu naksir padanya.

Menanyakan kondisi seseorang memang hal yang wajar, namun jika itu menjadi rutinitas harian maka itu bisa jadi indikator sebuah perhatian intens. Kalau kamu memang gak punya perasaan apa-apa dengan seseorang, ada baiknya kamu menghindari basa-basi berlebihan yang malah bikin orang lain berpikiran macam-macam.

2. Kamu sering melakukan kebaikan di luar batas wajar

5 Sikap Ini Bikin Orang Mengira Kamu Naksir Padanya, Hati-Hati!Pria dan wanita jalan bersama (pexels.com/Samson Katt)

Berbuat kebaikan memang gak ada salahnya. Yang salah kalau perbuatan baikmu sudah kelewatan atau salah tempat. Misalnya saja kamu menolong pacar temanmu padahal di sana juga ada pacarnya yang bisa menolongnya. Nah, yang seperti ini bisa menyulut perang saudara. 

Perbuatan baikmu yang terkesan kebablasan bisa bikin orang berpikiran bahwa kamu punya perasaan lebih. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menjaga sikap kepada lawan jenis yang sama sekali gak kamu taksir atau yang sudah punya pasangan. Jangan sampai kebaikan hatimu justru bikin orang salah paham atau bikin kamu dicap sebagai pemberi harapan palsu. 

Baca Juga: Biar Gak Menjauh, Ini 6 Hal yang Harus Dihindari saat Naksir Sahabat 

3. Kamu selalu rela jadi tempat cerita meski sedang sibuk sekalipun

5 Sikap Ini Bikin Orang Mengira Kamu Naksir Padanya, Hati-Hati!Pria dan wanita berbincang (pexels.com/Katerina Holmes)

Mengabdikan diri sebagai tempat cerita orang lain terlebih itu lawan jenis bisa mengundang perasaan nyaman. Meski kamu mungkin hanya menganggapnya sahabat, bisa saja dia sudah memiliki perasaan berbeda.

Ingat lho, perasaan itu bisa tumbuh jika kamu senantiasa bersamanya dan menemaninya melewati banyak kisah hidupnya. Nah, untuk menghindari persepsi yang salah, ada baiknya kamu gak hanya jadi orang satu-satunya saat temanmu ada masalah.

Suruh dia untuk mencari teman lain selain kamu. Tampak jahat memang, tetapi jika kamu gak tega nantinya dia yang kecewa karena ternyata kamu hanya menganggapnya teman biasa. 

4. Kamu gak berani menolak saat dia minta bantuanmu

5 Sikap Ini Bikin Orang Mengira Kamu Naksir Padanya, Hati-Hati!Ilustrasi memberi bantuan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Gak heran kalau kamu dikira naksir seseorang jika kamu selalu ada untuknya saat dia minta bantuan. Terlepas kamu orang yang gak tegaan, sikap gak berani menolak itu bisa bikin orang lain merasa dirinya diperhatikan. Perasaan itu yang nantinya bikin dia berharap lebih padamu. 

Menolong orang yang perlu bantuan memanglah sebuah kewajiban. Namun, bukan berarti kamu gak bisa membedakan mana hal yang bisa kamu tolong dan mana yang kamu gak sanggup. Kalau kamu kerap berkorban demi menolong orang lain, gak usah heran kalau orang lain sering beranggapan ada maksud lain dari kebaikanmu.

5. Kamu tampak tertarik dan antusias mendengarkan setiap ceritanya

5 Sikap Ini Bikin Orang Mengira Kamu Naksir Padanya, Hati-Hati!Pria dan wanita berbincang (pexels.com/Katerina Holmes)

Pernah gak melihat bagaimana orang yang sedang jatuh cinta? Biasanya segala hal yang menyangkut gebetannya begitu menarik perhatian dan spesial di matanya. Begitu pula saat sang gebetan sedang bercerita, biasanya orang yang menaruh perasaan gak akan bosan mendengarkan seluruh kisahnya dan tampak antusias. 

Terlepas kamu memang pendengar yang baik, kamu harus bisa memposisikan diri saat jadi pendengar kisah lawan jenis. Kamu harus memastikan bahwa dia gak terbawa perasaan dan menganggapmu lebih di hidupnya. Jika kamu menyepelekannya, bukan gak mungkin jika temanmu tersebut justru menyimpan perasaan diam-diam yang mungkin hanya mendekatkannya dengan kecewa. 

 

Kamu memang gak bisa mengontrol perasaan orang lain. Namun, kamu bisa mengontrol tindakan dan sikapmu agar orang lain gak terbawa perasaan dan merasa dirinya spesial. Ingat ya, bersikaplah sewajarnya agar gak ada hati yang merasa terluka dan jadi korban harapan palsu. 

Baca Juga: 5 Sikap Receh Cowok yang Bikin Cewek Salah Paham, Dikira Naksir

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya