Comscore Tracker

Ini 5 Tanda Krim Wajahmu Berbahaya, Bisa Berisiko Kanker Kulit Lho!

Jangan tergiur dengan harga miring, girls!

Saat ini kita mudah menemukan berbagai macam produk yang menggiurkan. Biasanya produk kecantikan yang paling sering dijadikan sasaran utama para produsen. Dengan iming-iming kulit sehat nan cantik dalam waktu singkat, banyak cewek yang akhirnya terpengaruh dan membeli produk tersebut.

Belum lagi banyak krim wajah yang dijual dengan harga miring alias murah banget. Tapi sebaiknya kamu pikir-pikir dulu deh girls, sebab banyak krim wajah yang ternyata mengandung bahan berbahaya seperti merkuri.

Merkuri merupakan jenis logam berat yang bisa membuat kulit tampak lebih cerah dan putih, namun di balik efek tersebut tersimpan berbagai ancaman berbahaya. Saat merkuri masuk ke dalam pori-pori kulit secara terus menerus maka risiko kanker kulit akan semakin tinggi menyerang kita. 

Agar terhindar dari dampak buruknya, yuk ketahui ciri-ciri krim wajah berbahaya berikut ini!

1. Memiliki aroma yang menyengat

Ini 5 Tanda Krim Wajahmu Berbahaya, Bisa Berisiko Kanker Kulit Lho!Unsplash/Carol Oliver

Krim buatan atau krim wajah palsu terdiri dari banyak campuran bahan kimia. Karena dicampur dengan berbagai jenis bahan kimia, maka otomatis aroma khas dari zat kimia tersebut akan timbul dan mendominasi aroma dari krim campuran ini.

Untuk menyamarkannya, biasanya produsen nakal akan memberikan parfum yang cukup banyak sehingga aroma zat kimia tersamarkan.

2. Memiliki warna yang mencolok

Ini 5 Tanda Krim Wajahmu Berbahaya, Bisa Berisiko Kanker Kulit Lho!Unsplash/Annie Spratt

Selain aroma yang kuat, krim wajah berbahaya juga biasanya memiliki warna yang sangat memikat hati. Warna yang biasa digunakan adalah putih, jingga atau kuning. Krim wajah berbahaya ini diberi warna yang terang dan mencolok supaya terlihat menarik.

Padahal di balik warna tersebut tersimpan pewarna tekstil yang sangat berbahaya bila digunakan.

3. Terbebas dari jerawat

Ini 5 Tanda Krim Wajahmu Berbahaya, Bisa Berisiko Kanker Kulit Lho!Unsplash/Sarah Diniz Outeiro

Setelah pemakaian krim wajah berbahaya, kalian mungkin merasakan perubahan pada kulit wajah khususnya masalah jerawat. Kamu akan terbebas dari jerawat karena saat pemakaian krim tersebut wajah akan mengalami pengelupasan dan pembersihan secara mendalam.

Namun akibatnya kulitmu akan menjadi sensitif karena terkelupas secara tidak normal. 

4. Kulit wajah mudah merah dan sensitif

Ini 5 Tanda Krim Wajahmu Berbahaya, Bisa Berisiko Kanker Kulit Lho!Unsplash/Amanda Dalbjörn

Tanda lain dari penggunaan krim wajah berbahaya adalah jika kamu mengalami perubahan jenis kulit secara drastis. Kamu tidak lagi bisa terpapar sinar matahari, karena lapisan kulit luar telah terkelupas dengan campuran bahan kimia yang terkandung dalam krim tersebut.

Wajahmu juga menjadi mudah iritasi dan merah saat terkena sinar matahari, bahkan sensitifitas kulit juga meningkat tajam.

5. Mengalami perubahan warna kulit dalam waktu singkat

Ini 5 Tanda Krim Wajahmu Berbahaya, Bisa Berisiko Kanker Kulit Lho!Unsplash/Valerie Elash

Dan tanda-tanda yang paling sering muncul adalah apabila kalian mengalami efek luar biasa berupa perubahan warna kulit. Biasanya krim wajah berbahaya memberikan efek kulit putih yang terlihat pucat.

Hal ini terjadi akibat efek pengelupasan kulit yang terjadi terus menerus sehingga lapisan kulit terluar terkikis habis. Akibatnya kulit kalian tercemar akibat zat kimia yang dapat merangasang sel kanker pada wajah.

Kalau kalian pernah menggunakan krim wajah yang memiliki 5 tanda di atas sebaiknya lakukan pengecekan ulang terhadap produk tersebut. Meskipun sudah terlambat tapi setidaknya kita bisa memperbaiki dan menyelamatkannya. Mulai sekarang kita harus lebih berhati-hati ya, girls!

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya