Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Membuat Cat Kuku Mudah Rusak dan Gak Bertahan Lama 

Jangan merendamnya di air dingin untuk mengeringkannya

Menggunakan cat kuku merupakan salah satu bagian penting untuk menunjang penampilan. Meskipun sering tidak terlihat namun dengan kuku yang cantik berbagai kegiatan yang dijalani bisa dilakukan dengan tambah semangat. Ada suntikan energi tersendiri bila melihat kuku indah yang bisa menyejukkan mata. Benar gak, girls?

Tapi perawatan kuku yang lengkap beserta poles cat kuku di klinik kecantikan cukup lumayan menguras kantong bila dilakukan tiap bulan. Lebih baik membeli cat kuku sendiri dan mengaplikasikan sendiri di rumah.

Biar hasilnya gak beda jauh dari tenaga profesional, kamu bisa menghindari lima kesalahan yang bikin cat kuku mudah rusak dan gak bertahan lama di bawah ini, girls!

1. Tidak membersihkan kuku sebelum mengaplikasikan cat kuku

5 Kesalahan yang Membuat Cat Kuku Mudah Rusak dan Gak Bertahan Lama popsugar.com

Meskipun sebelumnya kalian tidak menggunakan cat kuku namun harus tetap dibersihkan agar keadaannya bersih maksimal. Bukan hanya debu atau kotoran yang bisa menempel di kulit namun kuku juga bisa mengandung minyak yang membuat cat kuku susah menempel dan gak awet, minyak ini merupakan minyak alami kulit yang biasanya berasal dari ujung-ujung jari. 

2. Mengikir kuku dari berbagai arah

5 Kesalahan yang Membuat Cat Kuku Mudah Rusak dan Gak Bertahan Lama webmd.com

Melakukan perawatan kuku di rumah dengan mengikirnya dengan alat kikir sederhana harus dilakukan dengan benar. Caranya dengan menghindari mengikir kuku dari berbagai arah, lakukan secara searah dari ujung kuku ke tengah lalu lanjutkan ke arah bawah atau bagian kuku yang tersisa.

Jangan mengikirnya tanpa arah yang teratur karena dapat membuat kondisi kuku rapuh dan mudah patah sehinnga cat kuku mudah rusak. 

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Kutek tanpa Menggunakan Aseton, Yuk Coba!

3. Tidak menggunakan base coat

5 Kesalahan yang Membuat Cat Kuku Mudah Rusak dan Gak Bertahan Lama thebeautyblotter.com

Base coat bukan hanya sebagai pelengkap dari urutan mengaplikasikan cat kuku, namun base coat berfungsi sebagai alas cat kuku yang akan membuatnya menempel dengan erat dan bertahan lama. Dalam base coat juga terkandung nutrisi berupa vitamin yang menjaga kesehatan kulit meskipun terlapisi cat kuku. 

4. Mencelupkan jari ke dalam air dingin untuk mempercepat proses pengeringan

5 Kesalahan yang Membuat Cat Kuku Mudah Rusak dan Gak Bertahan Lama musely.com

Ada banyak tips mudah mengeringkan kuku tanpa pengering sinar uv seperti di klinik kecantikan, salah satunya adalah dengan mencelupkan jari ke dalam air dingin. Nah, kalau kamu masih sering melakukan cara ini mulai sekarang harus diubah.

Karena mencelupkan jari dengan cat kuku yang masih basah ke dalam air dingin tidak bisa mempercepat proses pengeringan, proses itu justru dapat mengubah konsistensi cat kuku menjadi lebih lembek dan lebih lama untuk bisa kering. 

Hal ini juga terjadi saat kita berusaha mengeringkan cat kuku dengan cara meniup atau mengipasnya. Sehingga solusi atau cara yang terbaik adalah dengan menunggu dengan sabar atau memberi semprotan pengering cat kuku yang memang dirancang khusus untuk mempercepat proses pengeringan cat kuku. 

5. Lupa mengusap top coat sebagai sentuhan akhir

5 Kesalahan yang Membuat Cat Kuku Mudah Rusak dan Gak Bertahan Lama terumah.ca

Sederhana dan terlihat sepele, mengusap top coat sebagai sentuhan akhir dalam proses memakai cat kuku itu nyatanya sangat berpengaruh besar lho. Top coat akan mengunci cat kuku menjadi lebih awet dan tahan lama serta memberi hasil yang diinginkan, entah itu cat kuku dengan hasil matte atau shinny. 

Menciptakan hasil cat kuku yang sempurna gak harus dilakukan di salon kecantikan, kamu juga bisa mempraktikkannya asal mengikuti tips yang benar dan menghindari kesalahan yang umumnya sering terjadi seperti di atas tadi. Selamat mencoba, girls!

Baca Juga: 5 Kesalahan Potong Kuku yang Bikin Kuku Jadi Rusak dan Rapuh!

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya