Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Pahami Tentang Double Cleansing Setelah Makeup

Apa sih gunanya?

Sebenarnya, double cleansing adalah pembersihan ganda pada muka dan itu bukan trend baru. Banyak yang sudah menerapkannya jauh sebelum ini nge-trend lagi.

Pembersihan ganda merupakan salah satu metode mencuci muka yang efektif untuk membersihkan sisa-sisa makeup. Sesuai dengan namanya, pembersihan ganda dilakukan dua kali.

Gimana sih maksudnya? Keep on reading!

1. Apa itu double cleansing (pembersihan ganda) saat mencuci muka?

5 Hal yang Harus Kamu Pahami Tentang Double Cleansing Setelah Makeupintothegloss.com

Double cleansing adalah membersihkan muka dengan menggunakan dua jenis pembersih muka untuk membersihkan muka atau menghilangkan kotoran dari kulit muka kamu secara lebih maksimal dan efektif. Kamu bisa membersihkan muka dengan dua jenis produk, produk berbasis minyak (oil base) atau produk yang berbasis air (water base), produk yang berbasis air contohnya seperti micellar water.

Biasanya nih, produk yang berbasis oil akan lebih cepat dan efektif untuk membersihkan sisa-sisa makeup di muka kamu menjadi lebih bersih. Jadi saat mengaplikasikan produk yang berbasis oil akan lebih cepat membuat makeup mu “luntur”, seperti eyeliner waterproof, eyeshadow, mascara, foundation, dan lain sebagainya.

Hal ini akan membuat kulit muka kamu terhindar dari penyumbatan residu-residu makeup ke pori-pori muka kamu. Buat muka kamu yang berjerawat juga akan lebih bersih tentunya.

Bayangkan berapa banyak residu makeup yang tersisa di muka kamu jika tidak benar-benar bersih?

2. Kenapa kamu harus double cleansing muka kamu?

5 Hal yang Harus Kamu Pahami Tentang Double Cleansing Setelah MakeupInstyle.com

Setelah seharian menggunakan makeup, dengan berbagai macam jenis bahan pada makeup yang menempel, apalagi kulit kita memang memproduksi minyak atau kelenjar secara alami, kebayang gak kalau itu menempel dengan zat-zat pada makeup yang kita pakai? Nah, untuk membersihkannya secara maksimal dengan hasil yang bersih, kamu harus membersihkan dengan produk yang berbasis oil agar ‘kotoran’ yang ada di muka kamu cepat bersih.

Kalau menggunakan air atau produk yang berbasis air pasti hasilnya akan tidak maksimal. Intinya, membersihkan dengan metode double cleansing adalah membersihkan dengan dua tahap, pertama dengan melunturkan “minyak kotor” pada muka kamu, lalu bersihkan menggunakan produk yang berbasis air.

3. Bagaimana caranya double celansing?

5 Hal yang Harus Kamu Pahami Tentang Double Cleansing Setelah Makeupintothegloss.com

1. Ambil produk pembersih yang berbasis minyak sebanyak 1 sampai 2 pump, lalu usapkan ke seluruh muka, pastikan semua makeup kamu luntur pada tahap ini. Usapkan selama kurang lebih 5 menit.

2. Lakukan pijatan-pijatan kecil pada muka kamu, mulai dari jidat, pipi, hingga bagian leher.

3. Setelah itu siapkan handuk kecil atau waslap yang sudah diberi air hangat, lalu usapkan perlahan untuk membersihkan sisa-sisa makeup tersebut.

4. Bilas dengat air hangat. Lalu bersihkan lagi dengan sabun muka kamu, kemudian bilas lagi dengan air dingin.

6. Setelah semua sudah bersih, mulai aplikasikan serum, pelembab, dan beberapa produk skin care lainnya. Pastikan kamu lakukan double cleansing secara konsisten ya, karena ini bisa ‘menyelamatkan’ kulit kamu, apalagi setelah seharian menggunakan makeup yang cukup tebal.

Baca Juga: 7 Cara Cuci Muka yang Paling Benar Demi Kulit Wajahmu yang Lebih Sehat

4. Double cleansing sesuai dengan kebutuhan kamu

5 Hal yang Harus Kamu Pahami Tentang Double Cleansing Setelah Makeupintothegloss.com

Apa sih maksudnya? Kamu gak perlu untuk double cleansing setiap hari kok, jika memang kamu lagi tidak menggunakan makeup yang berlebihan pada hari itu.

Lakukan double cleansing sesuai kebutuhan saja, misal pada hari itu kamu sedang banyak beraktivitas di luar ruangan/outdoor dengan banyak terkontaminasi oleh banyak debu dan polusi, atau pada saat kamu menggunakan makeup yang tebal.

5. Tapi, apa jadinya kalau kamu duoble cleansing secara berlebihan?

5 Hal yang Harus Kamu Pahami Tentang Double Cleansing Setelah MakeupPinterest.com/glossier.stfi.re

Ada baik buruknya memang dalam melakukan double cleansing. Untuk beberapa orang dengan masalah kulit, mungkin tidak disarankan untuk melakukan double cleansing oleh dokter kulitnya. 

Selain itu, melakukan double cleansing terlalu sering dan berlebihan dapat membuat kelenjar atau minyak yang diproduksi secara alami oleh kulit muka kamu bisa lama-lama berkurang atau bahkan hilang. Untuk menghindari beberapa efek negatif dari double cleansing, kamu harus tahu dan paham bagaimana kondisi dan karakter kulit muka kamu.

Beberapa produk skin care juga kamu harus perhatikan bahan-bahan dan kandungannya, apakah cocok dengan kulit muka kamu. Kalau kurang yakin, kamu bisa menanyakan dokter kecantikan atau dokter kulit kamu mengenai keadaan kulit muka kamu. Agar kedepannya juga kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

Buat kamu yang sudah rutin melakukan double cleansing, apa sih produk skin care favorit kamu? Tulis yuk di kolom komentar!

Baca Juga: 5 Alasan Krusial Mengapa Cowok Harus Rajin Cuci Muka

Alvita Wibowo Photo Verified Writer Alvita Wibowo

@alvitawibowo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Novaya
  • Yudha
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya